Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lindung Zalbuin Mase
"On 27 May 2006, a 6.3 Mw earthquake hit Yogyakarta Special Province, Indonesia. This earthquake triggered a unique phenomenon, i.e., liquefaction. In order to learn from that earthquake event, an intensive study based on an experimental test of liquefaction potential using a shaking table was conducted. This study focused on the sandy soil in southern Yogyakarta, i.e., Opak River Watu, where liquefaction events occurred in 2006. Dynamic loads with accelerations from 3 to 4 m/s2, vibration frequencies from1.4 to 1.8 Hz, and vibration times of 8, 16, and 32 seconds were applied. All dynamic loads were combined to observe the liquefaction mechanism, time to start liquefaction, time to start dissipation, and liquefaction duration. The results show that liquefaction can potentially occur in the sandy soil of Opak River Watu. The applied load strongly influences the potential for liquefaction, time to start liquefaction, time to start dissipation, liquefaction duration, and excess pore pressure ratio."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:4 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sihotang, Ivan Hans Gilbert
"Energi yang bersumber dari bahan bakar fosil masih menjadi pilihan utama untuk pembangkitan energi listrik dan juga bahan bakar dari kendaraan bermotor. Berdasarkan Handbook of Energy & Economic Statistic of Indonesia Tahun 2022, sektor transportasi menempati urutan ke-2 sebagai bidang yang mengonsumsi bahan bakar fosil terbanyak, tentunya ini hal ini berdampak pada banyaknya polusi yang dihasilkan. Pemerintah Indonesia berusaha untuk mengurangi angka polusi dengan mendukung peralihan dari kendaraan bahan bakar minyak menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Peralihan tersebut tentunya memiliki beberapa tantangan, salah satunya meningkatnya beban listrik dari jaringan distribusi terutama pada jam-jam sibuk. Penerapan teknologi Vehicleto-Grid (V2G) mampu berperan sebagai solusi untuk mengurangi keterbebanan jaringan listrik akibat adanya peralihan kendaraan. Skenario V2G telah ditentukan, di mana masing-masing skenario diterapkan teknologi V2G dengan jumlah kendaraan yang menerapkan berbeda di setiap skenario. Sistem eksisting dimodelkan dengan bantuan perangkat lunak DIgSILENT PowerFactory dan analisis quasi-dynamic load flow disimulasikan untuk melihat pengaruh pengaplikasian V2G pada jaringan terutama pada jam-jam sibuk. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengaplikasian teknologi V2G memberikan pengaruh yang positif terhadap jaringan listrik dengan menurunkan kebutuhan listrik di jaringan akibat penerapan kendaraan listrik.

Fossil fuel-based energy is still the main choice for electricity generation and also fuel for motor vehicles. Based on the Handbook of Energy & Economic Statistics of Indonesia 2022, the transportation sector ranks second as the field that consumes the most fossil fuels, of course this has an impact on the amount of pollution produced. The Indonesian government is trying to reduce pollution by supporting the transition from gasoline vehicles to Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). This transition certainly has several challenges, one of which is the increasing electricity load from the distribution network, especially during peak hours. The implementation of Vehicle-to-Grid (V2G) technology can play a role as a solution to reduce the overloading of the electricity network due to the vehicle transition. V2G scenarios have been determined, where each scenario applies V2G technology with a different number of vehicles applying in each scenario. The existing system is modeled with the help of the DIgSILENT PowerFactory software and quasi-dynamic load flow analysis is simulated to see the impact of V2G application on the network, especially during peak hours. The results show that the application of V2G technology has a positive impact on the electricity network by reducing the electricity demand in the network due to the application of electric vehicles."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Barakah Noor
"
ABSTRAK
Pada keadaan nyata, beban suatu node pada j3ringan sangat fluktuatif, bergantung pada banyaknya pemakai mesin tersebut saat flu. Beban pemakaian ini sangat berpengaruh pada kecepatan pemrosesan mesin tersebut.
Hal ini menyulitban bagi pemrograman aplikasi paralel, karena aplikasi paralel akan efisien bila aphkasi dapat membagi beban pemrosesan (worklow secara proporsional. Karena kecepatan pemrosesan mesin berubah-ubah menurut beban pemakaian mesin tersebut, maka pedu dicari metoda untuk menilai untuk kerja tiap mesin pada jaringan secara dinamis.
Pada proses pengerjaan skripsi ini, dikembangkan metoda untuk menilai unjuk kerja dinamis dari mesin dengan menggunakan parameter waktu interval antar checkpointing. Metoda tersebut diterapkan pada aplikasi dengan paradigma SIMD, dimana data yang diproses berjumlah besar, seragam dan pemrosesannya menggunakan fungsi yang sama dan berulang.
Pertama-tama dikembangkan metoda check pointing dan migrasi proses dengan teknik high-level. Segala aspek dan latar belakang dari rancangan higb-level checkpointing dan migrasi proses akan dikupas lebih ]anjut.
Selanjutnya dilakukan pengujian apakah waktu interval antar checkpointing memenuhi syarat untuk digunakan sebagai parameter untuk menilai unjuk kerja mesin secara dinamis. Akan diuji apakah parameter tersebut mencerminkan kecepatan proses dari mesin-mesin yang digunakan.
Yang terakhir, dengan menggunakan parameter tersebut dan metoda migrasi proses, dikembangkan algoritma untuk melakukan dynamic loud balancing. Peningkatan speed-up aplikasi paralel akan didapatkan melalui pembagian beban pemrosesan yang lebih proporsional.
"
1997
S38796
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library