Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wulf, Christoph
Abstrak :
This book examines the concepts of the Anthropocene and globalisation in our society and the changes that these are bringing about in education and human learning. The book argues that there needs to be reflexive approach to issues that affect the fate of the planet and the future of humans, brought about by an education that looks to the future. Wulf argues that a change in education and socialization can only succeed based on an understanding of previous educational ideas, and considers the significance of Confucianism and spiritual education that emerged in the East. The book traces key educational ideas throughout history to show how education and human knowledge are closely linked, highlighting the need for us to pay careful attention to repetition, mimesis and the imagination in learning. It shows how a future-oriented education must engage with issues of peace and violence, global citizenship and sustainable development. This timely and compelling book will be of great interest to researchers, academics and students in the fields of philosophy of education, the history and anthropology of education, sustainability education and global citizenship education
London: Routledge, 2022
e20529117
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
KATA PENGANTAR Dalam rangka pemikiran Pendidikan demi Keberlanjutan, (Education for Sustainability) tiga tema pokok yang diintroduksi dalam berbagai modul pendidikan lingkungan adalah Pertama, bahwa sasaran mendasar dari pendidikan lingkungan adalah bagaimana menciptakan lingkungan hidup yang berkelanjutan dimana di dalamnya manusia dapat hidup dan berkarya. Kedua, bahwa pendidikan lingkungan merupakan pendekatan lintas-kurikulum dalam proses pengajaran yang menuntun individu serta kelompok dalam memahami konsepsi tentang lingkungan yang berkelanjutan (sustainable environment). Dalam hal ini, tujuan utama pemahaman tersebut adalah dalam rangka membantu generasi muda untuk menumbuh-kembangkan kepedulian dan serangkaian sikap keterlibatan, serta keinginan untuk bertindak dengan penuh tanggungjawab terhadap lingkungan dan terhadap satu dengan lainnya. Ketiga, bahwa sebagai implikasinya, pendidikan lingkungan tidak hanya terkait dengan pengajaran pengetahuan konseptual dan ketrampilan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi lingkungan saja, tetapi juga terkait dengan pengembangan nilai-nilai, sikap, dan ketrampilan untuk memotivasi dan memberdayakan masyarakat agar mau bekerja mandiri dan bekerjasama dengan yang lain dalam rangka mengembangkan keberlanjutan dari lingkungan hidupnya, baik lingkungan hidup alami maupun lingkungan hidup sosial. Dalam serangkaian Lokakarya mengenai pendidikan lingkungan yang telah diadakan di Australia, Tokyo dan Bangkok yang dihadiri oleh wakil-wakil dari negara-negara Asia-Pasifik, berbagai modul dan kurikulum pendidikan lingkungan bagi para instruktur maupun guru yang akan bertugas sebagai pendidik telah dirancang dalam rangka menggalakkan minat, pengetahuan serta ketrampilan para pendidik atau guru tersebut di bidang pendidikan lingkungan. Sebagai tindak lanjut, di beberapa negara pengikut lokakarya telah diadakan serangkaian uji-coba modul-modul pendidikan tersebut setelah dilakukan beberapa penyesuaian dengan kondisi spesifik lokal masing-masing. Lokakarya ini diselenggarakan dalam rangka proses evaluasi terhadap modul-modul yang telah diterapkan tersebut. Selama 2 (dua) hari penuh para peserta, fasilitator, instruktur, serta pengamat telah secara bersama-sama bertukar pikiran dan pengalaman satu sama lain dalam rangka evaluasi dan penyempurnaan modul-modul pengajaran yang telah dipresentasikan selama lokakarya tersebut. Danternyata forum pertemuan ini telah berhasil menggalang berbagai kesatuan pendapat, menjembatani berbagai kesenjangan, serta mempererat silaturahmi antar para pendidik, yang karena kesibukan masing-masing jarang bertemu satu sama lain. Buku prosiding ini menghimpun beberapa bagian dari modul-modul pengajaran Lingkungan untuk para guru yang sempat dipresentasikan dan didiskusikan oleh para peserta lokakarya, serta berbagai ilustrasi yang sempat direkam selama kegiatan lokakarya tersebut. Beberapa diantaranya masih dalam bentuk dan bahasa aslinya, yaitu bahasa Indonesia. Demikian pula rekaman hasil diskusi serta sambutan Bapak Sekretaris Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup serta pidato pembukaan Rektor Universitas Indonesia.
Depok: Universitas Indonesia, 1998
UI 304.2 Lok p
Prosiding - Seminar  Universitas Indonesia Library
cover
Carla Lucia Wantania
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan lingkungan dengan sikap siswa SLIP terhadap Pelestarian Lingkungan di kotamadya Jakarta Barat , DKI Jakarta. Masalah lingkungan hidup sangat kompleks karena menyangkut dimensi ruang dan waktu serta dampaknya bersifat lokal, wilayah tertentu, daerah, negara bahkan global. Karenanya diperlukan penanganan dengan pendekatan terpadu dan komprehensif antar disiplin ilmu, pihak-pihak terkait serta partisipasi masyarakat. Untuk mendukung pengelolaan lingkungan hidup ini perlu ditanamkan pemahaman tentang lingkungan hidup sejak dini mulai dari masa prasekolah, SD, SLTP dan SMU sampai perguruan tinggi. Inilah yang menjadi dasar pijak penelitian kami. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan siswa SLTP mengenai materi lingkungan hidup sebagai hasil belajar pendidikan lingkungan hidup. 2. Mengetahui bagaimana sikap siswa SLTP terhadap pelestarian lingkungan sebagai hasil pengajaran pendidikan lingkungan hidup. 3. Mengetahui hubungan antara pendidikan lingkungan hidup dengan sikap siswa SLTP di Jakarta terhadap pelestarian lingkungan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : "Terdapat hubungan yang berarti antara pemahaman materi pendidikan lingkungan dengan sikap siswa SLTP DKI Jakarta terhadap pelestarian lingkungan". Penelitian ini dilakukan secara ekspos fakto di SLTP Negeri Jakarta Barat dengan jumlah sampel sebanyak 320 siswa kelas III dari 8 SLTPN Sanggar yang diambil secara acak sistematik juga dilakukan wawancara pada sejumlah guru dan Kepala Sekolah. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari hasil tes tingkat pengetahuan materi pendidikan lingkungan dan kuesioner sikap yang disusun sesuai dengan skala Likert untuk mengukur sikap siswa terhadap pelestarian lingkungan. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menerapkan teknik korelasi Pearson Product Moment yang dikuntkan dengan Uji T. tes. Sedangkan untuk melihat bentuk hubungan antara variabel bebas (tingkat pengetahuan materi pendidikan lingkungan) dengan variabel terikat (sikap siswa terhadap pelestarian lingkungan) digunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan petunjuk pengujian hipotesis dari Putrawan (1990). Hasil Penelitian menunjukkan : 1. Tingkat pengetahuan materi pendidikan lingkungan hidup siswa SLTP rata rata cukup (skor rata-rata 23,4625 dari maksimum skor 36,0000). 2. Sikap siswa SLTP terhadap pelestarian lingkungan umumnya baik (rata-rata skor 83,1844 dari maksimum skor 100,0000). 3. Ada hubungan yang cukup bermakna antara tingkat pengetahuan materi pendidikan lingkungan hidup dengan sikap siswa terhadap pelestarian lingkungan (r= 0,3680; r tabel = 0,118) 4. Model regresi antara tingkat pengetahuan materi pendidikan lingkungan hidup (variabel x) dan sikap siswa terhadap pelestarian lingkungan (variabel y) adalah linear dengan rumus Y^ = 71,01 + 0,523 Kesimpulan yang dapat diambil adalah ada kontribusi positif dari tingkat pengetahuan materi pendidikan lingkungan hidup siswa SLTP kepada sikap siswa terhadap pelestarian lingkungan sebesar 13,54%.
ABSTRACT This thesis was undertaken to know the correlation between environmental education and Junior High School Students' attitude towards environmental conservation in Jakarta. Environmental problems are very complex because it involved the dimensions of time and space and the impact could be locally, a certain area, a region, national, even global in nature. Therefore, it is necessary to manage this living environment in an integrated and comprehensive manner, based on many disciplines, many parties concerned and also community participation. To support the management of this living environment, it is necessary to introduce environmental concepts early commencing since preschool, elementary school, junior high school and secondary high school up to tertiary education. That then is the basic idea of this research. The objectives of this research are to : 1. Determine the level of Junior High School Student's knowledge on living environment. 2. Determine the student's -attitude towards environmental conservation as the result of environmental education. 3. Know the con-elation between the level of student's knowledge on the living environment and their attitude towards environmental conservation. The hypothesis formulated in this study is as follows : "There is a significant correlation between the level of student's knowledge on the subject of environmental education and their attitude towards environmental conservation". The research had been conducted at the Public Junior High School in the municipality of West Jakarta. Samples were taken using the systematic random sampling technique numbering 320 students of the third grade from 8 (eight) workshop schools. In addition, to complete the data, a number of headmasters and teachers were interviewed. The data used in this research were gathered from assessment of environmental knowledge's test and questionaires that was used conform with the Liked Scale method to measure student's attitude towards environmental conservation. To assess the correlation between the environmental knowledge (X-variable) and student's attitude (Y-variable) the Correlation Coefficient of Pearson Product Moment and the 1-test was used. To seek out the regression model between the independent variable and dependent variable, a simple linear regression was used with the test-guideline of Putrawan (1990). The research results showed that 1. The level of environmental knowledge of the student's average score was 23.4625 out of 36.0000. 2. The student's average score of attitude using Likert Scale was 83.1844 out of 100.0000. There was a significant correlation between environmental knowledge's level and the student's attitude towards environmental conservation 0-0,3680 ; r table = 0,118). 3. Regression model between indicator of the independent variable and dependent variable is shown as : YA =71,01+0,52X. The conclusion that can be drawn is : "there is a positive contribution (13,54%) of the environmental knowledge's level towards junior high school student's attitude on environmental conservation". Number of References : 41 (1982-1997).
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indyrra Chrisyadewi
Abstrak :
Aksesibilitas di lingkungan pendidikan bagi kaum difabel merupakan hal mendesak dikarenakan oleh meningkatnya jumlah kaum difabel dari hari ke hari. Kedisabilitasan mereka memiliki hubungan yang kuat dengan lingkungan fisik. Oleh karena itu, menghilangkan penghalang di lingkungan fisik dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip “universal design” sangatlah penting. Tidak hanya kaum difabel yang akan menikmati hal ini, namun semua orang akan merasakan dampak positifnya. Namun, lingkungan pendidikan di Indonesia masih tidak dapat diakses oleh kaum difabel. Ini menjadi alasan utama mengapa kaum difabel tidak dapat mendapatkan pendidikan dan kehidupan yang layak. Fokus dari penulisan ini adalah penyediaan fasilitas penghubung di lingkungan pendidikan bagi kaum difabel. Mobilitas merupakan hal yang sangat penting bagi pengguna fasilitas ini. Harvard University menjadi parameter bagi penelitian ini karena Harvard University telah memiliki fasilitas penghubung yang layak bagi mahasiswa, dosen, karyawan, dan bahkan pengunjung di wilayah kampus mereka. Hal ini akan digunakan untuk mengevaluasi penyediaan fasilitas penghubung di Universitas Indonesia, Depok. Berdasarkan hasil analisis, penyediaan fasilitas penghubung di Universitas Indonesia masih belum dapat diakses oleh kaum difabel. Hal ini menghalangi mereka untuk berpindah dengan mudah dan mandiri. Namun, Universitas Indonesia memiliki potensi untuk memiliki lingkungan pendidikan yang dapat diakses oleh kaum difabel dengan mengaplikasikan standar desain dan petunjuk teknis yang telah disusun oleh pemerintah. Perubahan yang kecil dapat memberikan dampak positif yang sangat berarti. Dengan begitu, Universitas Indonesia akan diakui sebagai sebuah intitusi pendidikan yang dapat diakses oleh siapapun, tak terkecuali oleh kaum difabel. ......Accessibility in educational environments for people with different abilities is an urgent matter since the number is increasing day by day. Their disabilities have a strong relation with the physical environment. So, it is important to remove the physical barriers by applying the principles of universal design. It is not only people with different disabilities who will be pleased by this, but also everyone in general. However, the educational environment in Indonesia is still not accessible for people with disabilities. It becomes the main reason why they cannot have a proper education and life. The focus of this writing is about the provision of linkage facilities in the educational environment. It is very important for the mobility of the users. It helps them to move around and travel from one place to another. Harvard University will set the parameters about this research since they have a very good linkage facility for students, faculties, employees, and even visitors in their campus area. It will be used to evaluate the provision of linkage facility in Universitas Indonesia Campus in Depok. Based on the analysis, the linkage facility in Universitas Indonesia Campus is inaccessible for people with different abilities. It restricts them to move around easily and independently. However, it has potential to become accessible by applying the design standards and technical guidelines that has been set by the government. The minor changes in the design will give a big impact about the level of accessibility for each element on linkage facility. Then, an accessible educational environment in Universitas Indonesia can be realized and everyone with diverse abilities can enjoy it.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55063
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library