Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
Carpenito-Moyet, Lynda Juall
Massachusetts : Nursing resources 1981 , 1981
610.730 7 CAR g
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Puetz, Belinda E.
London : Aspen Publishers, 1981
610.73 PUE c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Deane, Donna
Virginia: Reston, 1985
610.730 715 DEA d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Redman, Barbara Klug
St. Louis: Mosby , 2007
615.507 1 RED p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Bevis, Em Olivia
St. Louis: Mosby, 1982
610.73 BEV c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Myrick, Florence
Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins, 2005
610.730 71 MYR n
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Carty, Barbara
New York: Springer Publishing, 2000
610.7 CAR n
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Valiga, Theresa M.
New York: Springer, 1991
610.73 VAL n
Buku Teks Universitas Indonesia Library
A. Murni Hartanti Suliantoro
"Pendidikan Keperawatan di Indonesia saat ini sedang dalam tahap perkembangan menuju terwujudnya pendidikan profesional, seiring dengan proses profesionalisme keperawatan. Tahap perkembangan yang merupakan masa transisi dan keperawatan yang bersifat vokasional kearah keperawatan yang scientific dan profesional ini menuntut beberapa perubahan yang mendasar. Dalam bidang pendidikan, pergeseran yang . terjadi adalah dari suatu bentuk pendidikan keperawatan yang merupakan pendidikan kedinasan, bergeser ke pendidikan profesi yang berada pada jenjang pendidikan tinggi. Pergeseran ini bukan saja menuntut perubahan pada materi pendidikan saja, namun juga menyangkut kebijakan-kebijakan yang melandasi penyelenggaraannya.
Tesis ini khususnya menyoroti faktor kebijakan Pendidikan yang akan sangat berpengaruh dalam penentuan kualitas Pendidikan. Penelitian dilakukan dengan metoda kualitatif, guna mengkaji secara mendalam implementasi kebijakan penyelenggaraan program D III keperawatan, dan pendekatan deskriptif untuk menyajikan state of the art dari penyelenggaraan beberapa Akademi Perawatan di Di Jakarta.
Dari hasil penelitian tampak bahwa adanya kebijakan ganda bagi penyelenggaraan pendidikan keperawatan khususnya pada jenjang Diploma III mengakibatkan adanya keragaman dalam proses penyelenggaraan pendidikan antara beberapa Akademi Perawatan. Perbedaan ini dikarenakan tidak adanya koordinasi diantara berbagai pihak yang bertanggung jawab dan berkepentingan atas penyelenggaraan pendidikan ini. Organisasi profesi yang seharusnya memegang peran utama dalam penentuan standar dan pengendalian mutu pendidikan belum berperan secara bermakna. Pada akhir dari tulisan ini antara lain dlusulkan agar dibentuk suatu dewan (board) atau majelis (council) pendldlkan keperawatan yang berfungsi menentukan kebijakan serta memantau penyelenggaraan pendidikan keperawatan."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Bevis, Em Olivia
St. Louis: Mosby Elsevier, 1989
610.73 BEV cu
Buku Teks Universitas Indonesia Library