Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adiatman
Abstrak :
Gaya hidup menyebabkan aggregate dewasa berisiko mengalami masalah kesehatan terutama hipertensi. Hal ini terjadi karena adanya perubahan perilaku masyarakat pada gaya hidup yang tidak sehat dan rendahnya dukungan keluarga dalam pencegahan dan pengendalian faktor risiko hipertensi dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh edukasi kesehatan terstruktur tentang CERDIK, terutama pada komponen Cek kesehatan secara rutin, Istirahat cukup, dan Kelola stress dengan baik terhadap dukungan keluarga dalam pencegahan hipertensi di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen jenis pretest and posttest with control group, dengan 29 responden pada kelompok intervensi dan 29 responden pada kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji paired t-test dan pooled t-test. Intervensi ini diberikan sebanyak 3 sesi dalam 3 minggu selama 60-75 menit. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh CERDIK yang bermakna terhadap dukungan keluarga (p = 0,000). Penelitian ini merekomendasikan pemberian edukasi kesehatan kepada keluarga yang terjadwal dan metode penyampaian yang sesuai dengan kebutuhan keluarga akan meningkatkan minat dan dukungan keluarga dalam pencegahan dan pengendalian faktor risiko hipertensi. ......Lifestyle may cause adults tend to be at risk of health problems, especially hypertension. This happens because of changes in people's behavior towards unhealthy lifestyles and low family support in the prevention and control of hypertension risk factors in the family. This study aims to identify the effect of structured health education about CERDIK, especially on the components of routine health checks, adequate rest, and managing stress well on family support in preventing hypertension in Barru Regency, Sulawesi Selatan. The study was designed using quasi-experimental type of pretest and posttest with control group, involving 29 respondents in the intervention group and 29 respondents in the control group. The data was analyzed using Paired t-test and Pooled t-test. The intervention was given in 3 sessions during 3 weeks for 60-75 minutes. The result of research shows that there is an impact of “CERDIK” towards family support (p = 0.000). This study recommends providing health education to families who are scheduled and delivery methods according to family needs will increase interest and family support in the prevention and control of risk factors for hypertension.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ani Widiastuti
Abstrak :
Intervensi keperawatan berupa edukasi terstruktur berbasis teori perilaku terencana (planned behavior) diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan dan kualitas hidup pasien paska serangan penyakit jantung koroner. Penerapan teori meliputi prinsip behavioral beliefs, normative beliefs, control beliefs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi terstruktur terhadap pemberdayaan dan kualitas hidup pasien dengan penyakit jantung koroner. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan rancangan pre-test and post-test with control group design. Jumlah sampel 24 orang terbagi atas 12 orang pada kelompok kontrol dan 12 orang pada kelompok intervensi. Hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh yang bermakna edukasi terstruktur terhadap pemberdayaan (p= 0.00) dan kualitas hidup pasien penyakit jantung koroner (p= 0.001). Berdasarkan penelitian ini, edukasi terstruktur berbasis teori perilaku terencana dapat dilakukan sebagai intervensi keperawatan secara optimal sehingga pasien paska serangan penyakit jantung koroner tetap dapat hidup sehat, berdaya guna serta memiliki kualitas hidup yang baik.
Nursing intervention in the form of structured education based on planned behavior theory (PBT) is expected to increase empowerment and quality of life of patient post coronary heart disease. The application of planned behavior theory involved the strengthening of three principles, including behavioral beliefs, normative beliefs and control beliefs. The purpose of this study was to identify the effects of structured education on empowerment and quality of life the patients with coronary heart disease. This study was a quantitative research with a quasi-experimental design conducted by using a pre-test and post-test with control group design. The number of samples was 24 people divided into 2 groups: 12 people in the control group and 12 people in the intervention group. The result showed that there is a significant influence of structured preoperative education, on both empowerment (p = 0.001) and the quality of life (p = 0.001). Based on this findings, the structured education shoul be provided by nurses optimally as a part of nursing interventions so after coronary heart disease the patient could achieve a healthy life, empowered, and eventually could maintain a good quality of life.
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T30481
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library