Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gilar Awaliansyah
Abstrak :
Penambahan aditif tertentu pada bahan bakar, bertujuan untuk mendapatkan bahan bakar berkualitas tinggi. Dengan menambahkan sedikit Biogasoline pada bensin premium makna sifat-sifat dari bensin premium tersebut akan tetap ada dan bilangan oktana dari bensin tersebut dapat meningkat, mengingat tingginya bilangan oktana yang dimiliki oleh Biogasoline ini. dimana rninyak kelapa sawit merupakan bahan baku alternatif yang sangat potensial da!am pembuatan Biogasoline. Dari hasil pengujian yang dilakukan Laboratorium Termodinamika Departemen Teknik Mesin FTUI untuk membuat analisa kinerja mesin Otto yang telah dilakukan didapat bahwa pencampuran Biogasoline 5% terbukti memberikan efek pembakaran yang lebih sempuma pada Premium. Penurunan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) hingga 4% dan kenaikan efisiensi thermal (11th) hingga 5%. untuk pencampuran Biogasaline 5% untuk variasi bukaan throttle, d!mana pencampuran senyawa ini memberikan penurunan kadar HC pada gas buang Membandingkan hasH tersebut dengan Biogasoline yang ditambah senyawa Nitrogen (Nitrous) dengan komposisi yang sama yaitu 5% Peningkatan nilai BHP terjadi pada pencampuran Premium dengan (Biogasoline+Nitrous) 5% pada kondisi menanjak, hingga mencapai 11.1% lcbih baik dan kenaikan efisiensi thermal (11th) hingga 11 % dari Premium. Untuk emisi C02 ada peningkatan 4,6% hila premium dicampur dengan (Biogasoline+Nitrous) 5% untuk kondisi menanjak dan peningkatan kadar NO~ sampai 28% · Penambahan senyawa Nitrous pada Biogasoline 5% sebagai aditif peningkat angka oktan terbukti efektif memperbaiki performa mesin dan Dapat menghemat penggunaan minyak mentah.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37827
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pinem, Mekro Permana
Abstrak :
Proses pencampuran merupakan faktor penting dalam proses pembakaran untuk mencapai efisiensi termal yang lebih tinggi terutama pada wilayah premix flame, ini disebabkan homogenitas pencampuran bahan bakar dan udara mempengaruhi heat release rate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi termal dari rotating fan mixer swirl burner dengan cara menimbulkan aliran pusar (swirling flow) dalam ruang pencampuran. Aliran pusar tersebut akan dihasilkan oleh rotating fan mixer (RFM) dan akan dihitung dengan bilangan tak berdimensi yang disebut swirl number yang merupakan perbandingan antara fluks aksial dari momentum anguler dan momentum aksial. Variasi swirl number yang digunakan pada percobaan ini antara lain 0,46; 1,79; 2,97; 3,93 and 4,66. Komposisi bahan bakar dan udara berada dibawah kondisi stoikiometri dengan menjaga laju aliran udara konstan sedangkan laju aliran LPG divariasikan 9 cc/s; 10,5 cc/s; 12 cc/s; 13,5 cc/s and 15 cc/s. Hasil dari percobaan menunjukkan bahwa efisiensi termal semakin meningkat ketika mendekati komposisi AFR stoikiometri dan peningkatan efisiensi termal untuk setiap AFR yang diujikan adalah sebagai berikut: AFR 7,53 (Δη = 1,29 %); AFR 6,45 (Δη = 1,31 % ); AFR 5,65 (Δη = 1,02%); AFR 5,02 (Δη = 1,64 %); AFR 4,52 (Δη = 3,09%). Hasil ini menunjukkan bahwa pola aliran pusar dapat meningkatkan homogenitas campuran yang mempunyai korelasi dengan heat release rate dari suatu pembakaran premix flame. ...... Mixing process is an essential factor in combustion in order to get the higher thermal efficiency especially in premix flame region, due to the homogeneity of fuel-air mixing which influenced the heat release rate. The purpose of research is to enhance thermal efficiency of Rotating Fan Mixer Swirl burner by generate swirl flow in mixing chamber. Swirl flow will be generated by rotating fan mixer (RFM) and it will be quantified by non dimensional number called swirl number which representing the comparison between axial fluxes of angular momentum and axial momentum. Swirl number used in this experimentation are 0,46; 1,79; 2,97; 3,93 and 4,66. Fuel-air mixing under stoichiometric conditions by using constant air flow rate and LPG flow rate's variation: 9 cc/s; 10,5 cc/s; 12 cc/s; 13,5 cc/s and 15 cc/s. The results of this research show that thermal efficiency increase when AFR is much closer to stoichiometric and the difference's value of increasing thermal efficiency based on the variation of AFR as follows : AFR 7,53 (Δη = 1,29 %); AFR 6,45 (Δη = 1,31 % ); AFR 5,65 (Δη = 1,02%); AFR 5,02 (Δη = 1,64 %); AFR 4,52 (Δη = 3,09%). This result show that swirling flow can enhance homogeneity and it has correlation with heat release rate of premix flame combustion.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42233
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bramantika Aditya Nugroho
Abstrak :
Perkembangan dunia otomotif berkembang dengan pesat, dengan semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor. Seiring dengan itu bertambah pula kebutuhan akan bahan bakar minyak (BBM). Akan tetapi, ketersediaan BBM itu sendiri semakin lama semakin berkurang. Oleh karena itu, harus dilakukan penghematan pemakaian BBM. Salah satu cara adalah dengan menambahkan aditif pada bahan bakar, dengan tujuan agar proses pembakaran lebih baik, sehingga meningkatkan performa mesin serta mengurangi kadar emisi gas buang. Penelitian ini akan membahas tentang perbandingan aditif oksigenat dengan non oksigenat sebagai aditif pada motor otto empat langkah. Penelitian dilakukan di Laboratorium Termodinamika Departemen Teknik Mesin FTUI. Parameter yang akan dianalisa adalah daya (BHP), konsumsi bahan bakar spesifik, efisiensi termal, dan kadar emisi yang dihasilkan (HC, CO, CO2, O2, dan NOX). Aditif serta komposisi yang digunakan pada penelitian ini adalah: Griffon 0,33 gr, Power 21 0,1 , ELF 0,25 %, dan Prima Ace 0,25 %. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa penambahan Griffon 0,33 gr pada Premium menaikkan daya sampai 14,7%, penurunan nilai SFC sampai 24,3 %, peningkatan efisiensi termal 32,1 %, serta penurunan kadar HC, O2 dan CO dan peningkatan kadar CO2 dan NOX. Hasil tersebut secara keseluruhan, merupakan hasil rata-rata terbaik apabila dibandingkan dengan aditif yang lain. ......Improvement in automotive world has rapidly increase, it is marked by the total of vehicle produced every day, with that conditions, the needs of oil fuel is also increase. But the supply of oil fuel itself will be decrease, because oil fuel is one of the non renewable energy. For that we have to save the use of oil fuel. One of the way to save the fuel, is to add on additive in the gasoline, so that the combustion process will be better, and the result of that are the engine performance will be better also and the reduction of exhaust emission. This research will explain about comparison of oxygenate additive with non oxygenate additive as an additive on four stroke otto engine. Research are held on Mechanical Engineering Department, Engineering Faculty University of Indonesia. Parameter that will be analyzed is power (BHP), specific fuel consumption, thermal efficiency, dan percentage of emission (C, CO, CO2, O2, and NOx). The additive and its composition that we used are Griffon 0,33 gr, Power 21 0,1 %, ELF 0,25 %, and Prima Ace 0,25 %. From the experiment, we obtain that if griffon 0,33 gr add on Premium will increase engine power until 14,7 %, SFC drop until 24,3 %, thermal efficiency raise until 32,1 %, and decrease HC, O2 and CO emission, also increase CO2 and NOX emission. This result is the best average result compare to the other additive.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S37934
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Julian Putra Utomo
Abstrak :
Terdapat permasalahan berkaitan dengan ketersediaan air tawar di seluruh dunia. Terlepas dari fakta bahwa 70% Bumi terdiri dari air, hanya 2,53% darinya adalah air tawar, dan hanya 0,36% darinya dapat diakses. Situasi semakin memburuk karena pertumbuhan populasi dan kebutuhan air yang melampaui kapasitas eksploitasi. Fokus penelitian ini adalah solusi untuk desalinasi air laut. Teknologi ini menghasilkan air tawar dengan efektif melalui proses penguapan dan kondensasi. Pemanfaatan teknologi ini berfokus pada daerah terpencil yang memiliki keterbatasan dalam pasokan energi listrik. Salah satu inovasi baru adalah penggabungan dengan Direct Spray Evaporator untuk meningkatkan temperatur air laut dan efisiensi desalinasi. Penelitian dan perancangan ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat prototipe dan meningkatkan performa dari sistem solar still untuk menghasilkan air tawar. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan beberapa faktor atau variabel, seperti feed water temperatur pada 50oC, 55oC, 60oC, 65oC, 70oC, dan 80oC; feed water flowrate pada 0,4 LPM, 0,5 LPM, dan 0,6 LPM; vacuum pressure pada -0,4 bar, -0,5 bar, dan -0,6 bar; dan cooling water temperatur pada 25oC, 27oC, dan 29oC. Beberapa variasi tersebut dibuat untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel terhadap destilate productivity dan menentukan kondisi optimal dari pengoprasian solar still desalination. Performa kinerja solar still paling efektif dicapai pada temperatur air umpan 80°C, laju aliran 0,6 LPM, tekanan vakum -0,6 bar, temperatur air pendingin 29°C dengan laju aliran 1,4 LPM, menghasilkan 0,22 liter air destilat, recovery rate 0,61%, specific energy consumption 57092,39 kJ/L, dan efisiensi termal 66,63%, menunjukkan potensi tinggi sistem ini. ......There is a problem related to the availability of fresh water throughout the world. Despite the fact that 70% of the Earth consists of water, only 2.53% of it is fresh water, and only 0.36% of it is accessible. The situation is getting worse due to population growth and water needs that exceed the exploitation capacity. The focus of this research is a solution for seawater desalination. This technology produces fresh water effectively through the process of evaporation and condensation. The use of this technology focuses on remote areas that have limited electricity supply. One of the new innovations is the combination with Direct Spray Evaporator to increase seawater temperatur and desalination efficiency. This research and design were carried out with the aim of making a prototype and improving the performance of the solar still system to produce fresh water. This research was carried out by varying several factors or variables, such as feed water temperatur at 50oC, 55oC, 60oC, 65oC, 70oC, and 80oC; feed water flowrate at 0.4 LPM, 0.5 LPM, and 0.6 LPM; vacuum pressure at -0.4 bar, -0.5 bar, and -0.6 bar; and cooling water temperatur at 25oC, 27oC, and 29oC. Several variations were made to determine the effect of each variable on distillate productivity and determine the optimal conditions for operating solar still desalination. The most effective solar still performance was achieved at a feed water temperatur of 80°C, a flow rate of 0.6 LPM, a vacuum pressure of -0.6 bar, a cooling water temperatur of 29°C with a flow rate of 1.4 LPM, producing 0.22 liters of distillate water, a recovery rate of 0.61%, a specific energy consumption of 57092.39 kJ/L, and a thermal efficiency of 66.63%, indicating the high potential of this system.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Badra Shidqi
Abstrak :
ABSTRAK
Air adalah zat yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Manusia membutuhkan air untuk kebutuhan rumah tangga, industri, perniagaan, pertainan, peternakan, penelitian, dan lain-lain. Jenis air yang dibutuhkan oleh manusia adalah air bersih. Namun, 97.7% air yang tersedia di muka bumi mengandung garam sehingga tidak cocok untuk digunakan. Untuk itu diperlukan metode baru untuk menambah ketersediaan air bersih. Limbah panas dari buangan kondenser pembangkit listrik dapat dimanfaatkan sebagai sumber air dengan menggunakan metode desalinasi. Dengan metode termal dan throttling process, air buangan kondenser dapat mencapai tekanan dan temperatur saturasinya. Throttling process merupakan metode pembatasan aliran air untuk menurunkan tekanan. Dengan metode simulasi dapat dibuktikan bahwa efisiensi termal PLTU meningkat ketika sistemnya sudah terintegrasi dengan throttling process ini. Metode eksperimen juga dilakukan untuk membuktikan bahwa penambahan throttling process ini dapat diimplementasikan. Metode eksperimen ini menghasilkan hasil aquadest yang berbanding lurus dengan mass flow dan berbanding terbalik dengan kadar garam.
ABSTRACT
Water is a very important substance in human life. Humans need air for household, industrial, commercial, agriculture, animal husbandry, research and others. The type of water that humans need is clean water. However, 97.7% of the air available on earth contains salt so it is not suitable for use. For this reason, a new method is needed to increase the availability for clean water.  Hot water waste from power plant kondenser can be used as water source by using desalination method. With thermal method and throttling process, hot water waste from the kondenser can reach the saturation pressure and temperatur. The throttling process is a method to limit the water flow to reduce pressure. With the simulation method it can be proven that the thermal efficiency of power plant has increased when the system has been integrated with this throttling process. An experimental method was also conducted to prove that this throttling process can be implemented. This experimental method produces results that are directly proportional to mass flow and inversely proportional to the salt concentration.

 

2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thufail Zuldiena Ramadhani
Abstrak :
Peningkatan konsumsi listrik di Indonesia sejak tahun 2010 hingga 2030 mendorong perhatian terhadap pengembangan teknologi konversi termokimia, khususnya gasifikasi, untuk memenuhi kebutuhan energi. Gasifikasi adalah proses utama yang mengubah berbagai bahan baku padat, baik bahan baku fosil maupun sumber energi terbarukan, menjadi gas sintesis (syngas) yang kemudian dimanfaatkan lebih lanjut untuk memproduksi listrik melalui skema IGCC (Integrated Gasification Combined Cycle). Penelitian ini berfokus pada dampak dari variasi penggunaan bahan baku seperti batu bara kualitas rendah yang mewakilkan sumber energi fosil dan beberapa jenis biomassa yang mewakilkan sumber energi terbarukan, meliputi tandan kosong kelapa sawit, sekam padi dan kayu karet yang dipilih karena memiliki potensi tertinggi di Indonesia. Serta penggunaan variasi agen gasifikasi pada proses gasifikasi yaitu oksigen, udara, dan campuran udara dan uap air sehingga menghasilkan syngas. Metode simulasi dengan perangkat lunak Aspen Plus V.12 digunakan untuk mensimulasikan skema IGCC yang terdiri dari beberapa tahap proses, yaitu proses gasifikasi, pembersihan syngas, dan pembangkitan listrik. Masing-masing bahan baku dan agen gasifikasi disimulasikan sehingga didapatkan nilai kalor syngas serta daya listrik keluaran dan daya listrik yang dibutuhkan pada keseluruhan sistem IGCC. Nilai tersebut dievaluasi melalui perhitungan efisiensi cold gas yang meninjau seberapa efisien proses gasifikasi dalam mengubah bahan baku menjadi syngas serta perhitungan efisiensi termal dalam mengevaluasi seberapa efisien bahan baku terkonversi menjadi energi listrik dari keseluruhan proses pembangkit listrik. Data tersebut diolah untuk melihat korelasi karakteristik masing-masing syngas yang dihasilkan terhadap energi listrik yang dihasilkan. ......The increase in electricity consumption in Indonesia from 2010 to 2030 has led to a focus on the development of thermochemical conversion technologies, particularly gasification, to meet energy needs. Gasification is the primary process that converts various solid feedstocks, whether fossil or renewable, into synthesis gas (syngas), which is further utilized to produce electricity through the Integrated Gasification Combined Cycle (IGCC) scheme. This study concentrates on the impact of using various feedstock such as low rank coal, representing fossil feedstocks, and several types of biomass including oil palm empty fruit bunches, rice husks, and rubberwood chosen for their high potential in Indonesia. Additionally, it explores the use of various gasification agents—oxygen, air, and air-steam—to produce syngas. Simulation methods utilizing Aspen Plus V.12 software are employed to simulate the IGCC scheme encompassing several process stages: gasification, syngas clean-up, and power generation. Each feedstock and gasification agent are respectively simulated to obtain syngas calorific values, electrical power output, and power required for the entire IGCC system. These values are evaluated through cold gas efficiency calculations, assessing the gasification process efficiency in converting feedstock into syngas, and thermal efficiency calculations to evaluate how efficiently feedstock is converted into electric energy in the overall power generation process. The data is processed to understand the correlation between the characteristics of the resulting syngas and the electric energy produced.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marjo
Abstrak :
Penelitian yang dilakukan untuk tugas akhir ini menggunakan miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ini diproduksi oleh SNM (Shin Nippon Machinery) dengan TIPE 100-SCR. PLTU ini mampu menghasilkan daya listrik sebesar 450 Watt dengan kapasitas uap maksimum 130 kg/jam. Penelitian ini dilakukan bersama dengan Wawan Mardiyanto dengan masing¬masing menganalisa karakteristik PLTU pada titik pengaturan temperatur superheater yang ditentukan yaitu pada 205oC dan 215°C. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan performance PLTU 450 Watt dengan kondisi pengaturan temperatur superheater 205°C. Pengujian dilakukan dengan cara mengoperasikan PLTU 450 pada pengaturan temperature superheater 205°C dengan variasi pembebanan 100 Watt, 200 Watt, 300 Watt dan 450 Watt. Dari data hasil pengujian yang diperoleh kemudian di plot pada diagram h-s, T-s dan p-h untuk mengetahui karakteristik PLTU. Setelah dilakukan perhitungan pada beban puncak (450 W), diperoleh effisiensi thermal yang kecil yaitu sebesar 3,88%. Kenaikan temperatur pada superheater tidak sebanding dengan kenaikan effisiensi thermal system. Hal ini dapat dilihat pada diagram h-s dan T-s dan p-h dimana terjadi losses pada saat uap dialirkan dari boiler menuju superheater sebesar 0,4 kJ/kg dan dari superheater menuju turbin sebesar 78 kJ/kg. ......The research for this thesis uses miniature Steam Power (power plant) was produced by the SNM (Shin Nippon Machiner y) with TYPE 100-SCR. This power plant capable of producing electrical power of 450 Watts with maximum steam capacity of 130 kg / hour. This research was conducted jointl y with Henry Mardiyanto to analyze the characteristi cs of each plant at the point of superheater temperatur e setting thatis prescribed at 205°C and 215°C. The purpose of this thesis is to investi gate the characteristi cs and performance of 450 Watt power plant with superheater temperature setting conditi ons 205°C. Testi ng is done by operati ng the power plant superheater 450 at 205oC temperature settings with variations of loading 100 Watt, 200 Watt, 300 Watt and 450 Watt. From the test result data obtained later in the plot on the diagram hs, Ts and ph to characterize power plant. After doing the calculati ons at peakload (450 W), obtained by a small thermal efficiency that is equal to 3.88%. The increase in temperature at the superheater is not proporti onal to the increase in thermal efficiency system. This can be seen in the hs diagram and Ts and ph where losses occur at steam drained from the boiler to the superheater by 0.4 kJ /kg and from the superheater to the turbine by 78 kJ / kg.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S770
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wawan Mardiyanto
Abstrak :
Penelitian yang dilakukan untuk tugas akhir ini menggunakan miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ini diproduksi oleh SNM (Shin Nippon Machinery) dengan TIPE 100-SCR. PLTU ini mampu menghasilkan daya listrik sebesar 450 Watt dengan kapasitas uap maksimum 130 kg/jam. PLTU ini sudah 10 tahun tidak beroperasi, sehingga banyak sekali masalah¬masalah yang terjadi dan menyebabkan alat ini tidak dapat beroperasi dengan baik. Dengan adanya penelitian ini, maka beberapa permasalahan yang ada kemudian diselesaikan. Beberapa tindakan yang dilakukan yaitu mengganti distributor pipe dan kawat kasa pada cooling tower, memasang penutup cooling tower, melapisi tangki kondensat dengan cara hot deep, pemasangan selang dan pipa air yang menghubungkan saluran keluar pendingin bearing dengan cooling tower, pemasangan selang kompresor, pemasangan jalur aliran air dan uap, pemasangan kode untuk alat ukur dan valve. Kerugian dalam suatu PLTU salah satunya adalah pemanfaatan energi kalor yang masih sangat kecil. Untuk mengoptimalkan kinerja dari PLTU maka dilakukan pengujian dengan cara memvariasikan temperatur yang keluar dari superheater terhadap beban listrik. Titik pengaturan temperatur superheater ditentukan yaitu pada 205°C dan 215°C. Hal tersebut dilakukan agar dapat diketahui karakteristik dari PLTU. Sehingga didapatkan suatu kondisi dimana pada saat beban tertentu maka kita dapat melakukan pengaturan pada temperatur keluar superheater sehingga kinerja PLTU secara keseluruhan menjadi optimal. Dari dua hasil studi kasus yang telah dilakukan diperoleh bahwa energi kalor yang terbuang sangat besar bila dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh turbin, hal tersebut terlihat pada nilai efisiensi termal yang kecil pada kondisi 215°C yaitu sebesar 3,78%. Bila dibandingkan dengan kondisi superheater yang temperaturnya diatur pada 205°C dengan nilai efisiensi termal sistem sebesar 3,88%, maka nilainya 0,1% lebih besar dari pada kondisi pada saat temperatur superheater diatur pada 215°C. Hal ini menunjukkan bahwa pada beban yang sama yaitu 450 Watt dikedua kondisi tersebut, kenaikan temperatur dari 205oC menjadi 215oC menyebabkan menurunnya efisiensi termal dari sistem. Analisa hasil pengujian dengan diagram fase (h-s, p-h, dan T-s) pada titik pengaturan temperatur superheater 215oC diketahui bahwa kerugian kalor diantaranya dari losses yang terjadi pada saat pendistribusian uap, kalor yang dibuang untuk menkondensasikan uap, dan kalor yang terbuang karena percampuran air dan kondensat pada tangki kondensat. ......The research for this thesis uses miniature Steam powerplant was produced by the SNM (Shin Nippon Machinery) with TYPE 100-SCR. This power plant capable of producing electrical power of 450 Watts with maximum steam capacity of 130 kg / hour. This power plant was 10 year s do not operate, so many problems that occur and cause the equipment is unable to operate properly. Given this research, then some existing problems and then solved. Some of the action taken is to replace the distributor pipe and wir e netting on the cooling tower, install the cooling tower cover, condensate tank li ning hot deep way, theinstallation of the hose and water pipe connecting the outlet of the bearing cooling wi th cooling tower, compressor hose installation, installation of flow lines water and steam, installation code for measuring devices and valves. Losses in a power plant one of them is the utilization of heat energy that is still very small. To optimize the performance of the power plant will be tested by varying the exit temperature of the superheater to the electrical load. The point of superheater temperature setting are prescribed at 205°C and 215°C. This was done in order to know the characteristics of the powerplant. To obtain a condition where at a certain load then we can make arr angements at superheater exit temperature so that the overall power plant performance to be optimal. From two case studies have been done show that heat is wasted energy is very large when compared wi th the energy generated by the turbines, it is seen on the small value ofthermalefficiency thatis equal to 3,78%. When compared with the condition that its superheater temperature arranged in 205°C wi th a value system thermal efficiency of 3,88%, the value 0,1% greater than the conditions at the time of superheater temperature is set at 215°C. This shows that at the same load of 450 Watt in both conditions, the increase of temperature from 205°C to 215°C led to decrease the thermal efficiency ofthe system. The analysis of test results put emphasis on the analysis of energy and phase diagrams (h-s, p-h, dan T-s) at the set point temperature of superheater 215oC is known that such heat losses from the losses that occur when the distribution of steam, heat is removed to condense steam, and heat is wasted because of mi xing of water and condensate in the condensate tank.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S985
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Glifanny Ramadani
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kinerja pembakaran biobriket berbahan campuran biomassa bagase tebu dan batubara subbituminous dengan variasi komposisi biomassa 100%, 75% dan 50%. Kecepatan superfisial aliran udara juga divariasikan sebesar 0,2 ; 0,3 dan 0,4 m/s. Hasil penelitian menunjukkan waktu ignisi tercepat (0,49 menit) dicapai pada pembakaran briket komposisi 75% Biomassa dengan kecepatan superfisial 0,4 m/s; emisi CO rata-rata terendah (161 ppm) pada pembakaran briket berkomposisi 50% biomassa pada 0,4 m/s dan efisiensi termal terbesar (0,376%) pada pembakaran briket dengan komposisi 50% biomassa.
ABSTRACT
This research aimed to studying the performance of biobriquettes combustion made from mixture of bagasse sugar cane and subbituminouss coal, with varying of biomass content of 100%,75% and 50%. The superficial velocity of air flow in the stove has also varied at 0,2 ; 0,3 and 0,4 m/s. The results showed the fastest of ignition time (0,49 minutes) was achieved by burning briquettes containing 75% operated at superficial velocity 0,4 m/s; the lowest averange CO emissions (161 ppm) by burning briquettes containing 50% biomass at 0,4 m/s and the largest thermal efficiency (0,376%) by burning briquettes containing 50% biomass.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43818
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Afdhal Afgani
Abstrak :
ABSTRAK
Pertumbuhan ekonomi berbanding lurus dengan konsumsi energi listrik. Namun, Provinsi Papua dan Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki rasio elektrifikasi dibawah 60 akibat dari kondisi geografis yang berupa pegunungan dan kepulauan, serta kerapatan penduduk yang rendah menyebabkan tidak efisien untuk membangun jaringan listrik konvensional. Biogas dapat menjadi alternatif bahan bakar untuk sistem pembangkit skala kecil yang dapat menjangkau daerah tersebut dan didukung dengan jumlah populasi sapi dan kerbau yang tinggi di daerah tersebut. Metodologi yang digunakan pada penilitian ini adalah melakukan pemurnian biogas terlebih dahulu lalu melakukan variasi pemurnian biogas serta menganalisa karakteristik keluaran listrik yang dihasilkan dan melakukan studi perbandingan kinerja mesin konversi energi listrik antara bahan bakar biogas dan bensin. Didapatkan hasil pemurnian biogas yang baik adalah dengan mengisi bag absorbent dengan waktu tunggu minimal 90 menit, keluaran listrik yang dihasilkan sesuai standar tetapi terdapat kemungkinan penurunan frekuensi elektris saat mesin bekerja akibat kandungan CO2 pada biogas, SFC kg/kWh mesin saat menggunakan bahan bakar biogas dan bensin dengan beban 200 watt berturut-turut adalah 1,61 dan 8,69, dan saat beban 400 watt 0,99 dan 1,20, dan efisiensi termal mesin saat menggunakan bahan bakar biogas dan bensin dengan beban 200 watt berturut-turut adalah 4,45 dan 0,87 , dan saat beban 400 watt 7,25 dan 6,34.
ABSTRACT
Economic growth is directly proportional to the electrical energy consumption. However, Papua and East Nusa Tenggara have electrification ratios below 60 . This occurs due to the geographical conditions of the mountains and islands, as well as the low population density causes inefficient to build conventional electric power system. There is a potential to use biogas as an alternative fuel source due to the high population of cow and buffalo in that provinces. The methodology used in this research is first to perform the variation of biogas purification method then, analyze the characteristics of the electrical output and conduct a comparative study of the electrical engine conversion performance between biogas and gasoline. The results are it takes a minimum of 90 minutes wait time on bag absorbent, electrical output in accordance with the regulations but there is a possibility of frequency drop due to CO2 amount in biogas, SFC kg kWh engines while using biogas and gasoline fuel at 200 watt load respectively are 1.61 and 8.69, and at 400 watt load of 0.99 and 1.20, and engine thermal efficiency when using biogas and gasoline fuel with the 200 watt load is 4.45 and 0.87 respectively, and at 400 watt load is 7.25 and 6.34.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library