Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rasya Alifa Woroningtyas
Abstrak :
Temuan-temuan terdahulu mengenai deprivasi kebutuhan akan rasa memiliki dan pengaruhnya terhadap tingkah laku prososial masih berujung pada hasil yang tidak konsisten. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor situasi perlu dipertimbangkan dalam interaksi antara kebutuhan akan rasa memiliki dan tingkah laku prososial. Pada individu yang mengalami deprivasi kebutuhan akan rasa memiliki, kecenderungan individu untuk melakukan tingkah laku prososial akan meningkat jika tingkah laku prososial tersebut dilakukan secara publik. Studi eksperimental ini berargumen bahwa individu yang mengalami deprivasi dan memprioritaskan nilai altruistik akan cenderung bertingkah laku prososial terlepas dari tingkah laku prososial dilakukan secara publik atau anonim, sedangkan individu yang mengalami deprivasi dan memprioritaskan nilai egoistik akan semakin terdorong untuk bertingkah laku prososial pada situasi publik. Oleh karena itu, penelitian ini ingin melihat interaksi tiga arah antara nilai, situasi, dan kebutuhan akan rasa memiliki terhadap tingkah laku prososial. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen randomized multigroup, sebanyak 643 WNI berusia 18-35 tahun yang tidak memiliki latar belakang pendidikan psikologi (78.8% perempuan, M usia = 21.37, SD usia = 2.56) dilibatkan dalam pengambilan data. Uji T menunjukkan tidak adanya perbedaan skor rata-rata jumlah berdonasi yang signifikan antara partisipan yang mengalami deprivasi kebutuhan akan rasa memiliki dan yang tidak. Efek moderasi dari situasi berdonasi tidak ditemukan. Penelitian ini juga tidak menemukan interaksi tiga arah antara ketiga variabel bebas terhadap tingkah laku prososial berdonasi. Meskipun demikian, penelitian menemukan efek langsung yang signifikan dari nilai, baik altruistik maupun egoistik, terhadap tingkah laku berdonasi. ......Previous findings regarding the need to belong deprivation and its impact on prosocial behavior still lead to inconsistent results. Several studies have shown that situational factors must be considered in the interaction between the need to belong and prosocial behavior. In individuals who experience the need to belong deprivation, the individual's tendency to carry out prosocial behavior will increase if the prosocial behavior is carried out in public. This experimental study argues that individuals who experience deprivation and prioritize altruistic values ​​tend to behave prosocially regardless of prosocial behavior carried out publicly or anonymously. In contrast, individuals who experience deprivation and prioritize egoistic values ​​will be increasingly motivated to behave prosocially in public situations. Therefore, this study wants to see a three-way interaction between values, situations, and the need to belong to prosocial behavior. This study used a randomized multigroup experimental design; as many as 643 Indonesian citizens aged 18-35 years with no educational background in psychology (78.8% female, M age = 21.37, SD age = 2.56) were involved in data collection. The T-test showed that there was no significant difference in the average score of the number of donations between deprived and non-deprived participants. The moderating effect of the donation situation was not found. This study also did not find a three-way interaction between the three independent variables to the prosocial behavior of donating. Nonetheless, research has found a significant direct effect of both values on donating behavior.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erna Sofriana Imaningsih
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas keterkaitan values orientation yang terdiri dari egoistic, altruistic, dan biospheric dengan green functional benefit, green monetary cost, dan green satisfaction sehingga terbentuklah green commitment dan green loyalty. Non-probability sampling dan metode purposive sampling digunakan dengan kriteria tertentu, di mana konsumen adalah mereka yang membeli dan menggunakan produk green brand. Terdapat 402 konsumen sebagai sampel penelitian yang terkumpul dan dianalisa menggunakan Structural Equation Modeling. Hasil menunjukkan bahwa data mendukung hipotesis pengaruh egoistic dan biospheric values terhadap green functional benefit dan green monetary cost. Hipotesis terdukung juga ditunjukkan pada pengaruh green functional benefit dan green monetary cost terhadap green satisfaction, pengaruh green satisfaction terhadap green commitment, dan pengaruh green commitment terhadap green loyalty. Sedangkan hipotesis lainnya tidak terbukti. Penelitian ini menunjukkan bahwa green loyalty ditentukan oleh egoistic dan biospheric values, serta green commitment sebagai mediasi penting dalam hubungan green satisfaction dan green loyalty. Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini menyarankan agar strategi marketing menekankan pada pembentukan nilai egoistic dan biospheric, baik melalui promosi maupun penyampaian pesan marketing.
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the influence of egoistic, altruistic and biospheric value on green functional benefit, green monetary cost, green satisfaction and green loyalty. The study also analyze the effect of green functional benefit and green monetary cost on green satisfaction and green loyalty, as well as green satisfaction on green loyalty. The research use quantitative method with customers who has green brand purchase experience as the population in Indonesia. Non-probability sampling then conducted using purposive sampling method based on predetermined criterias, which are customers who has already purchase and use green brand products. There are 402 sample of customers that were gathered and analyzed using Structural Equation Modeling. The result shows that the data support hyphotheses on egoistic and biospheric value to green functional benefit and green cost monetary. The supported hyphotheses also show on green functional beneft and green cost monetary to green satisfaction. This study found there is positive on green satisfaction to green commitment, as well as green commitment to green loyalty. The other hyphotheses are not supported by data. As a conclusion, it is egoistic and biospheric values that has positive effect on green loyalty, while green functional benefit, green monetary cost, green satisfaction, and green commitment act as mediation between the value orientation and green loyalty. For managerial implication, green brand marketing strategy should incorporate egoistic and biospheric values in messages in advertising and promotion.
2019
D2656
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library