Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hana Ramadhani
Abstrak :
ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai tipologi manik-manik pada Situs Subang Larang, Kota Subang, Provinsi Jawa Barat berdasarkan atribut bentuk, warna, bahan, corak hias, dan ukuran. Manik-manik akan dibagi kedalam kelompoknya masing-masing sesuai dengan atribut yang sama. Manik-manik pada penelilitian ini terbagi kedalam dua jenis temuan yaitu temuan manik-manik yang diperoleh melalui proses ekskavasi pada tahun 2018, dan temuan yang diperoleh dari hasil temuan masyarakat sekitar. Oleh karena itu dari tipologi yang dihasilkan dapat dibandingkan kedua temuan tersebut berdasarkan persamaannya untuk membuktikan bahwa manik-manik dari hasil temuan masyarakat merupakan temuan arkeologi.
ABSTRACT The focus of this study is about typology of a beads from Subang Larang, Subang, West Java base on the shapes, colors, materials, ornaments, and sizes of the beads. All the beads will be grouped base on the same attributes. Beads in this site are divided by two types of artifacts, the one that are found by the 2018 excavation and one that found by the community. From the typology beads that from the excavation and from community will be compared due to proven that the community found beads are also an archaeological artifacts.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ottaway, Patrick
London: Routledge , 1992
936.1 OTT a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Merupakan sajian hasil penelitian satu situs arkeologi sebagai fenomena budaya, sejarah, dan kekayaan alam Nusantara
Yogyakarta: Balai Arkeologi Yogyakarta, {s.a.}
900 BPA
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Archaeological sites of Pengkalan Bharu, Perak is one of the important ports in Malaysia. The port is associated with the center of the Government of New Beruas. Establishment of the port city is to anticipate the enemy like a pirate attack of siam, Aceh, Maja-pahit, selangor and Portuguses.
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rudi Priatama Singgih
Abstrak :
ABSTRAK
Cara kerja arkeologi yang paling khas, yang membedakan arkeologi dengan ilmu-ilmu sosial yang lain, adalah ekskavasi. Ekskavasi merupakan cara kerja arkeologi dalam tahap pengumpulan data. Salah satu aspek penting dari kegiatan ekskavasi bagi disi_plin ilmu arkeologi, bahkan sesungguhnya jauh lebih penting dari artefak yang ditemukan dalam ekskavasi itu sendiri, adalah proses perekaman data. Ekskavasi tanpa perekaman data bukanlah ekskavasi yang ilmiah_Perekaman data dalam kegiatan ekskavasi dapat dilakukan de_ngan pelbagai cara, yaitu perekaman tertulis, gambar, dan foto. Didalam skripsi ini yang dibahas adalah teknik perekaman data ekskavasi melalui foto dan perlengkapan pemotretan yang ideal un_tuk suatu ekskavasi.. Fotografi secara umum dapat dijelaskan sebagai ilmu memo_tret atau pemotretan, sedangkan Fotografi Arkeologi adalah ilmu memotret yang khusus ditujukan untuk mendukung kegiatan peneliti_an arkeologi. Fotografi Arkeologi dapat juga dikatakan sebagai salah satu cabang tersulit dari fotografi.
1986
S11889
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maifi Januar
Abstrak :
ABSTRAK
Kemacetan lalu lintas yang terjadi di hampir semua ruas jalan di pusat kota Jakarta bahkan di jalan akses ke pemukiman peduduk adalah hal yang di jumpai setiap hari pada jam-jam tertentu. Angkutan massal yang ada seperti KRL (Kereta listrik) disesaki oleh penumpang bahkan terkadang sebagian badan dari penumpang yang memaksa naik berada diluar kereta.

Dalam menunjang sistem transportasi modem, subway (kereta bawah tanah) menjadi solusi yang dapat diandalakan, terlebih lagi dengan ketersedian ruang kota (permukaan tanah) yang sangat terbatas. Sistem tranportasi yang sudah banyak dikembangkan diberbagai negara ini terbukti efektif untuk mengatasi masalah tranportasi perkotaan.

Dalam penentuan rute-rute yang harus dilewati oleh subway (MRT, Mass Rapid Transit) terkadang harus melewati bangunan yang ada di permukaan tanah. Pelaksanaan kontruksi terowongan harus sangat perhatikan masalah yang akan timbul pada permukaan tanah yang dilalui terowongan, termasuk bangunan dan sarana penunjang lainya. Untuk itu, perencanaan harus dilakukan sebaik mungkin dan pemilihan sitem penerowongan dan konstruksi harus mempertimbangan kondisi yang ada.

Metode penerowongan yang dianalisa adalah metode shield tunneling, yaitu metode yang menggunakan alat pemotong dan pendorong tanah berupa silinder yang terbuat dari baja dan dengan segera dilakukan Linning pada terowongan sehingga dapat mengantisipasi stabilitas tanah.

Simulasi dilakukan dengan satu program yang Metode Elemen Hingga yaitu Sage Crisp dengan 2 model analisa yaitu : Elasto-plastis dan Konsep Kondisi Kritis Cam Clay (Critical State Soil Mechanic). Analisa dilakukan dengan 2-D (dua dimensi) dengan model regangan bidang (plane strain).

Penurunan atau pergerakan tanah secara lateral akibat konstruksi terowongan bawah kota untuk subway merupakan suatu pertimbangan penting dalam merencanakan suatu terowongan. Dengan metode elemen hingga, penurunan tanah tersebut dapat diprediksi dengan model analisa mengacu pada kondisi yang ada. Tulisan akan menampilkan hasil-hasil simulasi yang dilakukan.

Analisa ditekankan pada penurunan permukaan tanah, penurunan pondasi bangunan.
2000
S34876
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Yayasan Purbakala, 1970
913.92 IND p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
R. Andre Maulana
Abstrak :

ABSTRAK
Pembangunan kota-kota besar seperti Jakada telah menjadikan Jakarta sebagai Salah sam kota metropolitan yang terbesar di dunia , dengan jumlah penduduk sckitar 8 juta jiwa maka kota Jakarta memiliki lingkat dinamika masyarakat yang tinggi. Sailing dengan tingkat mobilit/as masyatakatnya maka kola Jakarta membutuhkan suatu sistem transportasi terpadu, Salah satu diantaranya adalah pernbangunan Kereta Bawah Tanah ( Subway ).

Pelaksanaan Kontruksi Subway di Jakarta memiliki tingkat kesulitan yang Iinggi, dimana lintasan kereta akan melewati daerah-daerah yang sudah ada fasilitas infraslruktur seperti jalan, bangunan dan jembatan. Juga dikarenakan kondisi gcologis kota .Iakana merupakan tanah Iunak. Pembangunan ini bercslko tinggi terhadap lingkungan di sekitarnya.

Studi ini dilakukan untuk menganalisa seberapa jauh pcngaruh pcmbangunan konstruksi subway terhadap bangunan dan permukaan tanah, dan juga pengaruh kontruksi bangmman terhadap struktur subway yang telah ada, juga pengaruh lainnya pada masa konslnlksi seperti kedalaman tunnel, ketinggian muka air tanah, kckuatan penyangga (support), level dari pilecaplpondasi bangunan, dll.

Data pcnyelidikan tanah diambil dari salah satu data penyelidikan tanah proyek Chase Plaza H Jl. Jend. Sudirman untuk beberapa parameter simulasi, dan seluruh Iokasi dari Fatmawati sampai Sta. Kota disimulasikan untuk satu kondisi tetap.

Terowongan antar stasiun ini akan dianalisa dalam 2 dimensi regangan bidang (plane strain pada kedalaman 30 s/d 50 meter. Pada kondisi undrained dan menggunakan model kontsitutive tanah Elastis Linier Isotrop dan model Elasto-plastis Mohr-Coulomb sebagai perbandingan.

Program Sage Crisp V3.02 akan diguuakan dalam analisa ini, program yang didasarkan atas analisa elemen hingga ini diharapkan dapat memodelkan pada keadaan yang sebenarnya.
1997
S34653
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Weeks, Kent R.
New York: William Morrow, 1997
932.014 WEE l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library