Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riesman, David
New Haven: Yale University Press, 1950
301 RIE l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wundt, Wilhelm
Leipzig: Kromer, 1917-1923
GER 136.4 WUN v
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Matsumoto, David
Singapore: Cengage Learning , 2017
155.8 MAT c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Benedict, Ruth
Boston: Hoghton Mifflin, 1959
301.2 BEN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Smith, Peter B.
Abstrak :
Summary: Updated to include recent developments in cross-cultural psychology, this text offers extensive coverage of social psychological theories and how these relate to cross-cultural research made accessible to the reader using practical examples from everyday life.
Los Angeles, CA: Sage, 2013
302 SMI u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Shiraev, Eric B.
Jakarta: Kencana, 2012
155.8 SHI pt (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sarlito Wirawan Sarwono
Abstrak :
PENDAHULUAN Empat pembicara dalam simposium Etnopsikologi : Menjawab Tantangan Konflik Etnik, memberikan masukan yang saling melengkapi bagi pemahaman mengenai peran etnopsikologi dalam menjaga dan meningkatkan integrasi bangsa Indonesia. DimuIai oleh Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono yang membahas mengenai Etnopsikologi. di Indonesia. Pada intinya beliau menggarisbawahi kekeliruan yang telah dilakukan pemerintah pada masa ORBA yang cenderung 'mengabaikan' keragaman dan memaksakan keseragaman. Hal ini, seperti diungkapkannya, terlihat dalam upaya pemerintah menyeragamkan tatanan pemerintahan desa yang otomatis mematikan tatanan perintahan adat. Contoh lain adalah tidak diakuinya agama Kong Hu Cu yang membuat penganut agama ini `kocar-kacir' pindah ke agama lain. Pada gilirannya sikap pemerintah yang kurang menerima keragaman ini justru menjadi bumerang bagi integrasi bangsa yang sesungguhnya menjadi tujuannya. Kondisi seragam dalam banyak hal menghilangkan eksitensi, yang pada gilirannya sangat mudah menyulutkan api konfik. Sumbernya satu: tidak adanya pengakuan akan eksitensi manusia. Hal ini dapat berdampak serius karena kebutuhan untuk diakui adalah termasuk kebutuhan dasar manuia. Dalam tulisannya beliau juga menyebutkan bahwa dalam masa kolonial Belanda, sikap untuk menerima perbedaan bahkan sudah diterapkan., yaitu terlihat dalam menempatkan etnis tertentu dalam posisi tertentu dalam pemerintahan yang didasarkan pada studi etnopsikologi. Contohnya, pada saat itu mereka mengirirn antropolog Snouck Horgronje untuk mempelajari masyarakat Aceh dengan tujuan untuk dapat menaklukan Aceh. Dengan demikian salah satu Cara yang harus ditempuh untuk menjaga integrasi bangsa ini adalah dengan mempelajari keragaman budaya yang ada, menerimanya dan tidak menutup-nutupinya dengan slogan `Bhineka Tunggal Ika". Untuk itu, diperlukan kajian etnipsikologi, yaitu suatu kajian yang merupakan cabang dan antropologi yang mengkhususkan diri pada usaha untuk memahami keadaan psikologi etniketnik tertentu. Metodologi juga diuraikan dalam tulisan ini. Prof. Dr. James Danadjaja dalam tulisannya yang berjudul Relevansi Antropologi dalam Pengembangan Etnopsikologi juga menekankan pentingnya stereotipi yang berkembang di masyarakat. Karena menurut beliau stereotipi senantiasa selalu ada. Dengan demikian sikap yang mengabaikan stereotipi yang berkembang adalah tidak bijaksana, karena tidak membiasakan diri kita sendiri terhadap kenyataan yang ada, sehingga ketika konfik terjadi kita tidak slap apa-apa. Selain itu, beliau mengusulkan untuk menggunakan istilah antropologi psikologi daripada etnopsikologi, karena menurutnya cakupan etnopsikologi terlalu sempit karena hanya mengkonotasikan sukubangsa terpencil. Sedang antropologi psikologi meliputi kajian masyarakat desa dan juga kota-kota besar. Senada dengan Prof. Dr. Sarlito, beliau juga menekankan kekeliruan ORBA yang cenderung menekankan keseragaman. Pembicara ketiga: Dharmayati Utoyo Lubis, PhD menguraikan pentingnya kajian psikologi lintas budaya bagi pemahaman kita mengenai psikologi individu dalam etnik-etnik yang berbeda. Bidang ilmu ini, menurutnya, dapat memberi masukan mengenai hal-hal yang sifatnya `etnic' atau `etic' adalah konstruk yang berkaitan dengan hal-hal universal. Dan tujuan dari kajian psikologi lintas budaya adalah mencari persamaan dan perbedaan dalam fungsi-fungsi psikologi dari berbagai kelompok etnik. Dengan demikian mempelajari psikologi lintas budaya pada masyarakat kita yang beraneka ragam etnik dapat meningkatkan pemahaman kita mengenai keunikan dan juga kemungkinan menemukan adanya kesamaan diantaranya. Yang terakhir adalah uraian dari Prof. Dr. Subyakto Atmosiswoyo, MPA yang menghadirkan tulisan dengan judul 'Acuan Yang Sifatnya Lintas Ilmu untuk Mencari Alternatif Mengatasi Konflik Etnis'. Dalam tulisannya ini beliau menyebutkan sebab-sebab terjadinya konflik etnik, yaitu adanya 'potential hostility', 'the tragedy of the commas', sikap `ethnocentrism', ataupun adanya kecurigaan etnis. Dalam tulisan beliau disebutkan berbagai reference yang dapat digunakan antar disiplin dalam mengkaji alternatif kebijakan yang bisa ditempuh untuk menghindarkan konflik etnis. Di akhir tulisan beliau menawarkan sejumlah alternatif cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi konflik etnis Diantaranya adalah menggalakkan program untuk merubah presepsi. Dengan adanya program ini diharapkan presepsi negatif mengenai sukubangsa lain dapat dikurangi. Tentu hal ini juga membutuhkan bukti nyata yang berasal dari suku bangsa yang bersangkutan itu sendiri, sehingga etnis lain dapat merubah persepsi negatifnya menjadi positif.
Universitas Indonesia,
Prosiding - Seminar  Universitas Indonesia Library
cover
Heine, Steven J.
New York London W.W: Norton, 2016
155.8 HEI c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kwang-Kuo, Hwang
Abstrak :
In this light, Foundations of Chinese psychology, bridges the gap between western and eastern traditions and elaborates on theories based on local phenomena, findings, and experiences by research methods that are contextually appropriate. Using a guiding principle of cultural psychology, ‘one mind, many mentalities’, this book advocates the balancing of a global psychology concept without sacrificing that of a specific locality and people. It analyzes the basics of confucionism and compares them to Western ethical thinking, arriving at a series of theories concerning social exchange, face, achievement motivation, organizational behaviors, and conflict resolution. Beyond the specifics of a particular culture, this book exemplifies the act of constructing autonomous social science that may be emulated in other non-Western settings. It also serves as an excellent guide for cross-cultural research as well as a caveat on the limitations of presumptive individualism and exclusionary perspectives.
New York: Springer, 2012
e20396221
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
[This project is unique in the field for a number of reasons, both in structure and in content. Specifically, it will have leading experts on specific age groups (Childhood to Adolescence, Young Adulthood to Middle Age, and The Elderly) within the cultural groups of interest (European-Americans, African-Americans, Asian-Americans, Hispanic-Americans, and Native Americans) contribute a chapter covering current research on both positive and negative functioning for each population. Each chapter will present basic demographic information, strengths that contribute to resilience, and three significant challenges each group faces to maintaining mental health. Each chapter will then include an integrative section, where ideas are advanced about how the strengths of each group can be harnessed to address the challenges that group faces. To conclude, each chapter will propose future directions for research which addresses integrative approaches to mental health for each group, and the implications that such approaches could have for future treatment. The main points of each section of each chapter will be visually summarized in a concluding table., This project is unique in the field for a number of reasons, both in structure and in content. Specifically, it will have leading experts on specific age groups (Childhood to Adolescence, Young Adulthood to Middle Age, and The Elderly) within the cultural groups of interest (European-Americans, African-Americans, Asian-Americans, Hispanic-Americans, and Native Americans) contribute a chapter covering current research on both positive and negative functioning for each population. Each chapter will present basic demographic information, strengths that contribute to resilience, and three significant challenges each group faces to maintaining mental health. Each chapter will then include an integrative section, where ideas are advanced about how the strengths of each group can be harnessed to address the challenges that group faces. To conclude, each chapter will propose future directions for research which addresses integrative approaches to mental health for each group, and the implications that such approaches could have for future treatment. The main points of each section of each chapter will be visually summarized in a concluding table.]
New York: [Springer, ], 2012
e20396232
eBooks  Universitas Indonesia Library