Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jumari Suprayitno
Abstrak :
Kehadiran kompetitor yang mengembangkan perangkat lunak evaluasi belajar, berdampak pada menurunnya pendapatan PT. ABC sejak tahun 2015. Penurunan ini disebabkan banyaknya pengguna yang beralih pada aplikasi kompetitor yang bersifat gratis serta memberikan kemudahan bagi mereka dalam melakukan aktiftas belajar mengajar dan evaluasi belajar. Melihat kondisi PT. ABC yang kalah bersaing dengan para kompetitor yang sukses dalam memberikan kemudahan bagi penggunanya, PT. ABC ingin memperbaharui perangkat lunak evaluasi belajarnya supaya sesuai dengan kebutuhan para penggunanya yaitu para guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design UCD yang melibatkan langsung para guru dan siswa dalam proses perancangan di mana UCD ini dapat menghasilkan produk yang lebih efisien dan memuaskan pengguna sehingga akan meningkatkan penjualan dan loyalitas pengguna. Dalam penelitian ini, metode UCD ini dijalankan dari proses evaluasi dengan kuesioner, wawancara dengan guru dan siswa, interpretasi fitur aplikasi evaluasi belajar melalui Hermeneutika, hingga merancang antarmuka dengan berpedoman pada HHS Guidelines. Dari penelitian ini diperoleh 8 kategori fitur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para guru dan siswa untuk menjalankan aktifitas evaluasi belajar. Delapan kategori fitur ini terdiri dari 24 fitur dan 12 rancangan antarmuka. ......Since the increase of competitors who launched the learning evaluation software, the profits earned by PT. ABC tend to decline from 2015. The decline is due to many users who switch to use competitor applications that are free and make it easy for them to do teaching and learning activities and evaluation of learning. Looking to these condition in which PT. ABC loose in competition ti its competitors who succeed in providing convenience for its users, PT. ABC wants to update its learning evaluation software to fit the needs of its users such as teachers and students. This research uses User Centered Design UCD method which directly involves teachers and students in the design process. By applying the UCD method, one can produce the software that are more efficient and satisfy the user so that it will increase user sales and loyalty. In this research, UCD method is start from the evaluation with questionnaire, follow by interviews with teachers and students, interpretation of its learning evaluation software's features through Hermeneutics and finally designing the interface by referring to HHS Guidelines. This research obtained 8 feature categories that have been adopted to the needs of teachers and students who learning evaluation activities. Those eight feature categories consist of 24 features and 12 interface designs.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Azizah
Abstrak :
Karya ilmiah ini membahas efektivitas metode pengajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum KTSP studi kasus peserta didik kelas XI SMA Islam Terpadu Yapidh pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori keterampilan berbahasa Hermawan (2014), Al-Khuliy (2002), dan Hamid (2008), teori evaluasi hasil belajar Majid (2014), dan teori pembelajaran bahasa asing Brown (2007). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas sebuah metode pengajaran bahasa Arab, yaitu; latar belakang pendidikaan peserta didik terhadap bahasa Arab, kurikulum yang dipakai di sekolah, kapasitas dan kapabilitas pengajar, dan pendekatan pengajaran yang dipakai. ......This paper discusses the effectiveness in Arabic teaching methods based on Education Unit Level Curriculum (KTSP) case study in Integrated Islamic Senior High School Yapidh Jatiasih Bekasi, West Java class XI in the first semester of the 2015/2016 academic year. This is quantitative qualitative research. The Author use theories in learning and teaching from Brown (2007), Arabic language skills theory from Hermawan (2014), Al-Khūlīy (2002), dan Hamid (2008), and evaluation concept learning from Majid (2014) as basic concept of this paper. There were four factors can influence the effectiveness in Arabic teaching methods; 1) Educational background of student in Arabic; 2) Curriculum that applied in school; 3) Teacher?s capacity and capability, and 4) Teaching approach used.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library