Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arif Maulana
"ABSTRAK
Thomas Samuel Kuhn menggagas bahwa perkembangan ilmiah bersifat revolutif. Gagasannya disampaikan lewat bukunya yang berjudul lsquo;The Structure of Scientific Revolutions rsquo; lsquo;SSR rsquo; . Dalam SSR, kata lsquo;paradigma rsquo; bermakna ambivalen. Akibatnya, penjelasan Kuhn tentang revolusi ilmiah menjadi inkonsisten. Ada revolusi ilmiah yang disebabkan krisis, ada revolusi ilmiah yang terjadi tanpa krisis. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa revolusi ilmiah terjadi tanpa krisis. Pembuktian dilakukan dengan menganalisis ambivalensi makna lsquo;revolusi ilmiah rsquo;, dengan memetakan pemaknaan Kuhn berdasarkan teori heteronim dari W. V. O. Quine. Kemudian, menguji konsistensi argumen Kuhn. Revolusi ilmiah terjadi tanpa krisis karena pelakunya adalah individu, dan anomali bersifat terantisipasi oleh ilmu.

ABSTRACT
Kuhn's notion of scientific revolution are contained by his book ldquo The Structure of Scientific Revolutions rdquo . In his book, lsquo paradigm rsquo has an ambivalent meaning. That ambivalent meaning is the cause of Kuhn rsquo s inconsistency for explaining scientific revolution. In one aspect, scientific revolution can be happened with crises. In another aspect, scientific revolution can be happened without crises. The ambivalent meaning of lsquo paradigm rsquo is analyzed through Quine rsquo s theory of heteronymity. The aim of this research is to prove that ldquo scientific revolution can be happened without crises rdquo is the most consistent explanation for scientific revolution, because the agent of scientific revolution is individual, and anomalies is always anticipated by sciences."
2017
S69522
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Puti Bunga Kemala
"ABSTRAK
Dalam semantik dikenal segitiga makna dengan salah satu sudutnya adalah konsep. Konsep adalah sesuatu yang abstrak yang hanya berada pada pikiran seseorang. Untuk mengonkretkan sebuah konsep, diperlukan perwujudan konsep tersebut. Salah satu perwujudan sebuah konsep adalah gambar. Dalam skripsi ini, penelitian difokuskan pada konsep buah, bunga, dan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep kategori buah, bunga, dan hewan pada siswa sekolah dasar kelas 5. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Data pada penelitian ini adalah gambar yang berasal dari siswa sekolah dasar kelas 5 yang memiliki rentang umur 9 12 tahun. Analisis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan skala peringkat Goodness-of-Exemplar GOE . Penelitian ini juga memaparkan konsep kategori buah, bunga, dan hewan berdasarkan jenis kelamin. Hal ini disebabkan anak laki-laki dan perempuan dapat memiliki kecenderungan konsep yang berbeda.

ABSTRAK
In semantics, it is known triangle of meaning with one of its corner is concept. The concept is something abstract that only exists in somebody s mind. To concrete a concept, it takes the embodiment of the concept. One of embodiment concept is an images. In this thesis, research focused on the concept of fruit, flower, and animal. This research aims to find the concept of fruit, flower, and animal categories in 5th grade primary school students. Research method used in this research is quantitative and qualitative method. The data in this research are drawings that came from the 5th grade primary school students who have 9 12 year age range. The analysis in this research was using the Goodness of Exemplar GOE rating scale. This research also presents the concept of fruit, flower, and animal categories by gender. This is because boys and girls can have different conceptual tendencies."
2017
S69509
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library