Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Marissa Grace Haque Fawzi
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria utama preferensi masyarakat Bintaro, Tangerang Selatan, Banten untuk menjadi nasabah lembaga keuangan mikro syariah di BMT Beringharjo dan BMT Darut Tauhiid. Selain itu, juga untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pada kriteria utama preferensi masyarakat Bintaro, Tangerang Selatan, Banten untuk menjadi nasabah lembaga keuangan mikro syariah di BMT Darut Tauhiid dan BMT Beringharjo. Untuk menjawab permasalahan pertama digunakan teknik Analisis Faktor (Factor Analysis), sedangkan untuk menjawab permasalahan kedua digunakan Analisis perbandingan hasil Analisis Faktor antara kriteria utama preferensi nasabah BMT Darut Tauhiid dan BMT Beringharjo. Penelitian ini menghasilkan jawaban-jawaban atas kedua permasalahan di atas. Pertama; Kriteria utama preferensi masyarakat Bintaro untuk menjadi nasabah pada lembaga keuangan mikro syariah adalah Faktor Pelayanan yang terdiri dari: (1) pelayanan yang ramah dan sopan dari karyawan/wati BMT; (2) pelayanan yang cepat dari karyawan/wati BMT; (3) pelayanan yang memuaskan dari karyawan/wati BMT,karyawan/wati BMT yang kompeten; (4) karyawan/wati BMT yang tanggap terhadap masalah dan responsive; (5) kecepatan dan efisiensi proses transaksi; (6) keterbukan terhadap kritik dan transparan; (7) ketepatan dalam billing; (8) kebersihan dan kerapian kantor cabang; (9) penampilan busana yang rapih dan bersih; (10) dan pihak manajemen BMT yang sudah terkenal dan terpercaya. Hasil ini pertama, tidak sesuai dengan dugaan awal atau hipotesis penelitian ini. Kedua; tidak ada perbedaan kriteria utama pemilihan antara nasabah BMT Darut Tauhiid dan BMT Beringharjo, dimana keduanya sama-sama memiliki kriteria utama nasabah pada Faktor: Pelayanan. Namun demikian, terdapat beberapa variabel atau atribut yang berbeda dan turut membentuk Kriteria Utama, Faktor Pelayanan dari masing-masing BMT tersebut, yaitu tingkat religiusitas.
ABSTRACT This research is aimed to understand the main preference criteria from the people of Bintaro, South Tangerang, Banten to become customer syariah small and medium enterprises in BMT Darut Tauhiid and BMT Beringharjo, and also to understand if there are some differences in the main critreria of the people from Bintaro, South Tangerang, Banten to become customer of syariah small and medium enterprises in BMT Darut Tauhiid and BMT Beringharjo. Factor Analysis is used to answer the first research problem, while results of Factor Analysis between criteria of the first preference customer of BMT Darut Tauhiid dan BMT Beringharjo are used to answer the second research problem. The comparison Analysis is used to the result of Factor Analysis between main preference criteria of BMT Darut Tauhiid and BMT Beringharjo customers. This research result is to answer two reserach questions. Frist: the main preference criteria from the people of Bintaro, South Tangerang, Banten, in Service Factor which comprise of: (1) polite and friendly service from BMT employees; (2) quick response service from from BMT employees; (3) satisfactory service from competence BMT employees; (4) receptive and responsive BMT employees upon emerging problems; (5) fast and efficience transaction process; (6) transparant and openness to critics; (7) accuracy on billing; (8) branch office cleanliness and neatness; (9) tidy and clean outfit performance; and (10) well-known and trustable BMT management owner. Firstly, the result is not appropriate with the first research hypothesis. Secondly, there is no difference between first criteria customer choice on BMT Darut Tauhiid dan BMT Beringharjo, where both of BMTs have the same common first criteria customer on, Factor: Services. Furthermore, there is a difference in religiousity level which come up through some variables or attributes that contributes BMT First Criteria services, it is the religiousity level.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prameswara Samofa Nadya
Abstrak :
Selama lebih dari satu dasawarsa BMT telah menjadi sebuah lembaga keuangan berbasis sistem syariah yang menjangkau masyarakat kelas paling bawah dengan cara menopang pertumbuhan usaha mikro dan kecil, serta menyelamatkan masyarakat dari praktik-praktik transaksi keuangan ribawi. Namun ternyata lembaga yang diprakarsai oleh swadaya masyarakat ini masih terbentur dengan berbagai kendala di lapangan, salah satunya adalah kendala pemasaran. Atas dasar itulah maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui arah pemasaran yang tepat. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode analisis faktor ini diketahui bahwa faktor yang menjadi penjelas utama terhadap preferensi masyarakat untuk menjadi nasabah BMT adalah faktor yang terdiri dari variabelvariabel proses, sumberdaya insani, pelayanan, reputasi dan rekomendasi. Sehingga kepada unsur-unsur yang terdapat di dalam faktor inilah seharusnya strategi pemasaran BMT difokuskan. ...... For more than one decade BMT had envolved to be a sharia financial system institute, which helped the grass-root class society by carrying out the developments of small and micro businesses. Thus, BMT had saved the community from the financial transactions practicing riba. However, BMT as a non-governmental institution is still encountered some problems. One of which, is marketing problems. So it is necessary to do a research to find out the right way for marketing strategy, to solve this problem. The outcome of this research, which used factor analysis method, that the factor which influenced the most for the community preference to become a member of BMT are factors consisting process, human resources, customer care, reputation, and recommendation variables. These are the factors, which the marketing strategies should be focused on.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009
T25444
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library