Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aufa Salsabila Imtisatami
"Ada beberapa pelayanan farmasi klinik yang dilakukan di puskesmas untuk meningkatkan kepatuhan pasien. Salah satu bagian utama yang paling sering dilakukan oleh apoteker dan terbukti efektif yaitu pemberian konseling pada pasien. Untuk melakukan konseling, apoteker perlu memerhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan agar proses konseling dapat terlaksana dengan baik, efektif, dan tepat sasaran. Hal yang perlu diperhatikan apoteker dalam konseling adalah kriteria pasien yang akan dilakukan konseling dan tahap-tahap yang ada di dalam proses konseling serta isi dari konseling yang akan disampaikan kepada pasien. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan tugas khusus ini yaitu studi literatur sebagai pedoman selama pelaksanaan penelitian. Studi literatur dilakukan dengan beberapa sumber antara lain permenkes yang berkaitan dengan puskesmas dan pelayanan kefarmasian di puskesmas, e-book, buku pedoman standar pelayanan kefarmasian di puskesmas, jurnal, artikel publikasi, maupun sumber lainnya. Hasil studi literatur selanjutnya akan diimplementasikan selama pelaksanaan proses konseling kepada pasien – pasien di Puskesmas Kecamatan Kalideres. Hasil proses konseling akan di catat kedalam form catatan pengobatan pasien. Berdasarkan hasil Praktik Kerja Profesi Apoteker di Puskesmas Kecamatan Kalideres yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa Terdapat 6 poin tahapan dari pelaksanaan konseling di puskesmas antara lain apoteker membuka komunikasi antara apoteker dengan pasien/keluarga pasien, menulis identitas pasien, menilai pemahaman pasien tentang penggunaan obat, memberikan penjelasan kepada pasien/keluarga pasien untuk menyelesaikan masalah penggunaan obat dan memberikan informasi serta edukasi obat kepada pasien, melakukan verifikasi akhir untuk memastikan pemahaman pasien/keluarga pasien, dan membuat laporam kegiatan konseling obat.

There are several clinical pharmacy services performed at the puskesmas to improve patient compliance. One of the main parts most often performed by pharmacists and proven effective is the provision of counseling to patients. To carry out counseling, pharmacists need to pay attention to several things that need to be done so that the counseling process can be carried out properly, effectively, and on target. Things that need to be considered by the pharmacist in counseling are the criteria for the patient to be counseled and the stages involved in the counseling process as well as the content of the counseling that will be delivered to the patient. The research method used in the preparation of this special assignment report is the study of the literature as a guide during the implementation of the research. The literature study was carried out using several sources, including the Minister of Health relating to health centers and pharmacy services at health centers, e-books, standard guidebooks for pharmaceutical services at health centers, journals, published articles, and other sources. The results of the literature study will then be implemented during the counseling process for patients at the Kalideres District Health Center. The results of the counseling process will be recorded into the patient's medication record form. Based on the results of the Pharmacist Professional Work Practice at the Kalideres District Health Center which has been carried out by researchers, it can be concluded that there are 6 stages of implementing counseling at the puskesmas, including the pharmacist opening communication between the pharmacist and the patient/patient's family, writing the patient's identity, assessing the patient's understanding of drug use , providing explanations to patients/patients' families to resolve drug use problems and providing drug information and education to patients, conducting final verification to ensure understanding of patients/patients' families, and preparing reports on drug counseling activities."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Sabrina
"Pelayanan kefarmasian di puskesmas bertujuan untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien dengan tolok ukur standar yang telah ditetapkan. Standar pelayanan kefarmasian meliputi pelayanan farmasi klinik dan pengelolaan sediaan farmasi dan bahan medis habis pakai. Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas membantu tenaga kefarmasian dalam melaksanakan pelayanan yang sesuai standar dan mendukung fungsi pokok puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancangan panduan pelayanan farmasi klinis di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, dengan fokus pada standar pelayanan kefarmasian yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung terhadap kegiatan farmasi klinis di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo. Hasil penelitian ini adalah penyusunan panduan pelayanan farmasi klinis yang sesuai dengan Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas yang diterbitkan oleh Kemenkes, serta peraturan yang relevan. Perlu dilakukan penerapan standar pelayanan farmasi klinis secara konsisten guna meminimalkan risiko kesalahan dalam pelayanan farmasi klinis dan meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian secara keseluruhan.

Pharmaceutical services in community health centers also called as Puskesmas aim to enhance patient quality of life by adhering to established standards. These standards encompass clinical pharmacy services and the management of pharmaceutical preparations and disposable medical supplies. The Technical Guidelines for Pharmaceutical Service Standards in Puskesmas guide pharmacists in delivering standardized services and supporting the core functions of puskesmas. This study aimed to develop a clinical pharmacy service guideline for Pasar Rebo District Puskesmas, focusing on applicable pharmaceutical service standards. A descriptive-qualitative research method was employed, involving data collection through interviews and direct observation of clinical pharmacy activities at Pasar Rebo District Puskesmas. The research outcome was the creation of a clinical pharmacy service guideline aligned with the Technical Guidelines for Pharmaceutical Service Standards in Puskesmas issued by the Ministry of Health and relevant regulations. Consistent implementation of clinical pharmacy service standards is necessary to minimize medication error risks and improve overall pharmaceutical service quality.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Rahmawati Putri
"Salah satu bagian dari pelaksanaan pelayanan farmasi klinis adalah Pemantauan Terapi Obat. Pemantauan Terapi Obat (PTO) adalah suatu proses kegiatan yang bertujuan untuk memastikan terapi obat yang aman, efektif dan rasional. Apoteker bertanggung jawab dalam pengembangan program deteksi, pemantauan dan pelaporan ROTD. Kompleksitas penyakit dan penggunaan obat yang kompleks (polifarmasi), pasien dengan kondisi khusus (Gangguan ginjal, gangguan hati, geriatri, pediatri), pasien yang menerima obat-obatan yang sering menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan, serta respon pasien yang individual meningkatkan munculnya masalah terkait obat merupakan dasar penting untuk dilakukannya PTO.Identifikasi dilakukan dengan mengidentifikasi DRPs (Drug Related Problems) berdasarkan farmakoterapi dan literatur pendukung.

One part of the implementation of clinical pharmacy services is Drug Therapy Monitoring. Drug Therapy Monitoring (PTO) is a process of activities aimed at ensuring safe, effective and rational drug therapy. Pharmacists are responsible for developing a program for detecting, monitoring and reporting ROTD. The complexity of the disease and the use of complex drugs (polypharmacy), patients with special conditions (kidney disorders, liver disorders, geriatrics, pediatrics), patients who receive drugs that often cause unwanted reactions, as well as individual patient responses increase the emergence of related problems Drugs are an important basis for PTO. Identification is done by identifying DRPs (Drug Related Problems) based on pharmacotherapy and supporting literature."
Depok: 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ninis Kurnia Asih
"
ABSTRAK
Dalam memberikan pelayanan kefarmasian, apoteker dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial dan memberikan pelayanan farmasi klinik. Kegiatan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di apotek bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai peran, tugas, fungsi dan tanggung jawab apoteker baik secara teknis maupun non teknis. Pelaksanaan PKPA dilakukan di apotek atrika selama empat minggu dengan pembagian tugas pelayanan kefarmasian dan manajerial persediaan farmasi. Pelayanan kefarmasian yang dilakukan meliputi pelayanan obat resep dan non-resep, pemberian informasi obat, konseling dan pelayanan cek kesehatan. Sedangkan tugas manajerial yang dilakukan meliputi pengadaan obat melalui pemesanan ke distributor resmi, penyimpanan obat dengan sistem FEFO (First Expired First Out), pemusnahan resep narkotik, psikotropik dan non-narkotik, pencatatan stok obat dengan pencatatan faktur dan kartu stok, pelaporan narkotika dan psikotropika, serta penanganan pengembalian obat yang mendekati kadaluarsa kepada distributor. Kegiatan PKPA di apotek atrika memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengelola persediaan obat di apotek, melakukan pelayanan farmasi klinis, melakukan dokumentasi obat yang baik dan belajar untuk melayani pasien.

In providing pharmaceutical services, pharmacists are required to have the managerial capabilities and provide clinical pharmacy services. Professional Pharmacist Internship in pharmacy aims to provide an understanding of the role, duties, functions and responsibilities of pharmacists both technical and non-technical. The internship at apotek atrika was conducted for four weeks dividing into pharmaceutical services tasks and managerial pharmaceutical supplies task. Pharmaceutical services performed prescription drug and non-prescription drug services, provision of drug information, counseling and health check services. While managerial duties performed the procurement of drugs through the authorized distributor, medicine storage system with FEFO (First Expired First Out), the extermination of prescription narcotics, psychotropic and non-narcotic, recording drug stocks by recording invoices and stock cards, reporting of narcotic drugs and psychotropic, handling of returning near-expiry drugs to distributor. The internship activities in apotek atrika give students the opportunity to learn managing drug supply in pharmacy, conduct clinical pharmacy service, perform good medicine documentation and learn to serve patients.
ABSTRAK
In providing pharmaceutical services, pharmacists are required to have the managerial capabilities and provide clinical pharmacy services. Professional Pharmacist Internship in pharmacy aims to provide an understanding of the role, duties, functions and responsibilities of pharmacists both technical and non-technical. The internship at apotek atrika was conducted for four weeks dividing into pharmaceutical services tasks and managerial pharmaceutical supplies task. Pharmaceutical services performed prescription drug and non-prescription drug services, provision of drug information, counseling and health check services. While managerial duties performed the procurement of drugs through the authorized distributor, medicine storage system with FEFO (First Expired First Out), the extermination of prescription narcotics, psychotropic and non-narcotic, recording drug stocks by recording invoices and stock cards, reporting of narcotic drugs and psychotropic, handling of returning near-expiry drugs to distributor. The internship activities in apotek atrika give students the opportunity to learn managing drug supply in pharmacy, conduct clinical pharmacy service, perform good medicine documentation and learn to serve patients."
2016
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Alti
"Standar pelayanan kefarmasian adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Standar pelayanan kefarmasian di puskesmas meliputi manajemen farmasi dan pelayanan farmasi klinik. Apoteker di puskesmas mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjamin terlaksananya pengelolaan sediaan farmasi dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) dan memberikan pelayanan farmasi klinik kepada pasien dengan efektif dan efisien, tepat sasaran, dan memprioritaskan pasien. Pelayanan resep merupakan salah satu kegiatan pelayanan farmasi klinik berupa rangkaian kegiatan mulai dari peracikan obat, penyerahan obat hingga pemberian informasi obat kepada pasien. Pelayanan resep di Puskesmas Kecamatan Ciracas telah menerapkan sistem resep terintegrasi dengan komputer sejak tahun 2022. Penerapan sistem tersebut masih tergolong baru, maka dari itu perlu dilakukan sosialisasi kepada pasien atau pengujung mengenai alur pelayanan resep elektronik di Puskesmas Kecamatan Ciracas. Penyusunan laporan khusus ini bertujuan untuk memberikan panduan berupa video mengenai alur pelayanan resep elektronik di Puskesmas Kecamatan Ciracas sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan resep. Panduan berupa video mengenai alur pelayanan resep elektronik di Puskesmas Kecamatan Ciracas ditayangkan menggunakan media elektronik dekat ruang farmasi di Puskesmas Kecamatan Ciracas. Video tersebut diharapkan dapat membantu bagi pasien atau pengujung Puskesmas Kecamatan Ciracas untuk menjadi lebih tertib dan memahami mengenai langkah-langkah pelayanan resep elektronik.

Pharmaceutical service standards are benchmarks used as guidelines for pharmaceutical personnel in administering pharmaceutical services. Pharmaceutical service standards at puskesmas include pharmacy management and clinical pharmacy services. Apothecary at puskesmas have the duties and responsibilities of ensuring the management of pharmaceutical preparations and consumable medical materials and providing clinical pharmacy services to patients in an effective and efficient manner, on target, and prioritizing patients. Prescription service is one of the clinical pharmacy service activities in the form of a series of activities starting from dispensing drugs, dispensing drugs to providing drug information to patients. Prescription services at the Ciracas District Health Center have implemented a prescription system integrated with computers since 2022. The application of this system is still relatively new, therefore it is necessary to socialize to patients or visitors regarding the flow of electronic prescription services at the Ciracas District Health Center. The purpose of preparing this special report is to provide guidance in the form of a video regarding the flow of electronic prescription services at the Ciracas District Health Center as an effort to increase the effectiveness and efficiency of prescription services. A guide in the form of a video regarding the flow of electronic prescription services at the Ciracas District Health Center is displayed using electronic media near the pharmacy room at the Ciracas District Health Center. It is hoped that this video will help patients or visitors to the Ciracas District Health Center to become more orderly and understand the steps for electronic prescription services."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Paramithasari
"Konseling pasien pulang yang dijalankan dengan fungsi pelayanan apoteker yang dijalankan di RSCM dapat menyebabkan perbedaan pengetahuan obat dan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan pengetahuan obat dan kepuasan pasien setelah diberikan konseling pulang oleh apoteker dengan fungsi pelayanan yang berbeda. Metode penelitian yang dilakukan studi potong lintang (crosssectional study) menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Subyek penelitian adalah pasien pulang rawat inap gedung A bagian penyakit dalam RSCM periode Februari – Maret 2020 sebanyak 60 responden. Data yang didapatkan dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan pengetahuan obat dan kepuasan pasien secara signifikan pada statistik (p= 0,605, OR = 1,495; p= 1,000, OR = 2,071). Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada perbedaan pengetahuan obat dan kepuasan pasien setelah diberikan konseling oleh apoteker pelayanan yang berbeda.

Discharge counseling carried out by different functions of the pharmacist services performed at RSCM could impact patient’s knowledge and satisfaction. This research aims are to compare patient’s knowledge and satisfaction after being given discharge counseling by both pharmacists with different service functions. The research method used was a cross-sectional study using a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The research subjects were inpatient hospitalized that would be discharged in building A in the internal medicine section of the RSCM from February to March 2020 with total 60 respondents. The data obtained were analyzed by univariate and bivariate using SPSS. The results showed the differences of patient’s knowledge and pastient’s satisfaction is not statistically significant (p = 0,605 OR = 1,495; p = 1,000 OR = 2,071). The conclusion of this research is there was no differences in patient’s knowledge and satisfaction after being given discharge counseling by different pharmacist services."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Wulandari
"ABSTRAK
Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di Puskesmas Kecamatan Jatinegara
bertujuan untuk memahami peran, tugas dan tanggung jawab seorang apoteker dalam praktek pelayanan farmasi di puskesmas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan etika farmasi yang berlaku, dan di bidang kesehatan masyarakat. Selain itu kami berlatih pelayanan farmasi seperti layanan farmasi klinis dan Pengelolaan Obat serta Bahan Medis Habis Pakai

ABSTRACT
Pharmacists Professional Practice (PKPA) in Puskesmas Kecamatan Jatinegara aims to understand the role, duties and responsibilities of a pharmacist in the practice of pharmacy services at the health center in accordance with the provisions of the legislation and pharmaceutical ethics applicable, and in the field of public health. Beside that we practice pharmacy services such as clinical pharmacy services and Management of Medicines and Medical Material Consumables"
2016
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ingrid Fortunata
"ABSTRAK
Kegiatan praktek kerja profesi di puskesmas dilakukan agar calon apoteker dapat mampu memahami peran, tugas, dan tanggung jawab apoteker di puskesmas sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian di puskesmas sebagai lini pertama dari tempat pelayanan kesehatan di masyarakat. Calon apoteker dapat belajar secara langsung mengenai pengelolaan sediaan farmasi maupun pelayanan farmasi klinis yang berlangsung di puskesmas. Analisa risk assessment dilakukan sebagai tugas khusus untuk dapat menganalisa kejadian atau hal-hal berbahaya apa saja yang dapat atau telah terjadi di dalam pelayanan kefarmasian sehingga dapat dicarikan solusi baik secara preventif maupun koreksi agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien.

ABSTRACT
Professional work practices at puskesmas is conducted to enable the candidate of apothecary program to be able to understand the role, duty, and responsibility of the pharmacist in puskesmas so that accordance with the standard of pharmaceutical services as the first line of health service in the community. Pharmacist candidates can learn directly about the management of pharmaceutical preparations and clinical pharmacy services that take place at the puskesmas. Risk assessment is conducted as a special task to analyze the event or any dangerous things that can or may happen in the pharmaceutical service so that the solution can be found either preventively or correction in order to improve the service quality for the patient."
2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Adiyati
"Praktek Kerja Profesi Apoteker PKPA yang dilaksanakan di Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto pada bulan Januari-Februari 2017 bertujuan agar mahasiswa calon apoteker mampu memahami peranan, fungsi, dan tanggung jawab apoteker di rumah sakit sesuai dengan ketentuan dan etika pelayanan farmasi khususnya dan pelayanan kesehatan umumnya. Selain itu PKPA juga bertujuan agar mahassiwa calon apoteker mampu meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa untuk melakukan praktik kefarmasian di rumah sakit serta memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktik kefarmasian serta mempelajari strategi dan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan praktik kefarmasian di rumah sakit. Tugas khusus yang diberikan berjudul ldquo;Pemantauan Terapi Obat pada Pasien Diabetes Mellitus Ketosis Co-Morbid Hipertensi dan Chronic Kidney Disease di Ruang Perawatan Umum Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto rdquo;. Tugas khusus ini bertujuan untuk mempelajari dan memahami tugas, fungsi, serta peran farmasi klinis di ruang perawatan pasien khususnya dalam hal pemantauan terapi obat di lantai 4 perawatan umum pada tanggal 14-20 Februari 2017.

Pharmacist Profession Internship Program at Gatot Soebroto Army Hospital in January February 2017 aims prospective pharmacist students to understand the role, function, and responsibility of pharmacists in hospitals in accordance with the provisions and ethics of pharmaceutical services and specifically health services in general. In addition, the internship also aims prospective pharmacist students to improve insight, knowledge, skills, and experience of students to perform pharmaceutical practices in the hospital and has a real picture of the pharmaceutical practice issues and learn strategies and activities that can be done in the development of pharmaceutical practice in the hospital. The given special assignment was titled Monitoring of Drug Therapy in Diabetes Mellitus Ketosis Co Morbid Hypertension and Chronic Kidney Disease at the Gatot Soebroto Army Hospital . This special assignment has a purpose of studying and understanding the duties, functions, and roles of clinical pharmacy in patient care rooms especially in terms of drug therapy monitoring on the 4th floor of Gatot Soebroto Hospital rsquo s general care ward on 14 20 February 2017."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nasya Khaerunnisa
"Apotek merupakan salah satu fasilitas pelayanan kefarmasian bagi apoteker untuk melakukan pelayanan kefarmasian. Apotek juga merupakan tempat berjalannya bisnis yang komoditasnya terdiri dari perbekalan farmasi serta perbekalan kesehatan lainnya. Apoteker berperan dalam pengelolaan perbekalan farmasi, manajemen apotek serta pelayanan kefarmasian. Penyelenggaraan pelayanan kefarmasian di apotek harus menjamin ketersediaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai yang aman, bermutu, bermanfaat dan terjangkau. Kementerian Kesehatan melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 menetapkan standar pelayanan kefarmasian di apotek dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian, menjamin kepastian hukum tenaga kefarmasian serta melindungi pasien dari penggunaan obat yang tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien.
Tujuan tugas khusus ini dilakukan untuk mengetahui peran apoteker dalam pengelolaan dan pelayanan kefarmasian di KFA 115 Pamulang serta mengetahui penerapan standar kefarmasian di KFA 115 Pamulang.
Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh, peran apoteker di apotek yaitu meliputi aspek manajerial (melakukan pengawasan seluruh aspek pelayanan kefarmasian, pengelolaan perbekalan farmasi dan perbekalan kesehatan, melakukan pengelolaan dan administrasi mengenai keuangan apotek) dan aspek profesional (mengelola dan melakukan kegiatan operasional pelayanan kefarmasian di apotek, memberikan pelayanan resep, pelayanan informasi obat, home pharmacy care dan pelayanan swamedikasi kepada pasien). Secara garis besar, Apotek Kimia Farma 115 Pamulang telah mengimplementasikan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek.

Pharmacy is one of the pharmaceutical service facilities for pharmacists to perform pharmaceutical services. Pharmacy is also a place where business runs whose commodities consist of pharmaceutical supplies and other health supplies. Pharmacists play a role in the management of pharmaceutical supplies, pharmacy management and pharmaceutical services. The implementation of pharmaceutical services in pharmacy must ensure the availability of pharmaceutical preparations, medical devices and consumables that are safe, quality, useful and affordable. The Ministry of Health through the Minister of Health Regulation Number 73 of 2016 sets pharmaceutical service standards in pharmacy with the aim of improving the quality of pharmaceutical services, ensuring legal certainty of pharmaceutical personnel and protecting patients from irrational use of drugs in the context of patient safety.
The aim of this special task are to determine the role of pharmacists in pharmaceutical management and services at KFA 115 Pamulang and to know the application of pharmaceutical standards at KFA 115 Pamulang.
Based on the observations obtained, pharmacist operations in pharmacy include managerial aspects (supervising all aspects of pharmaceutical services, managing pharmaceutical supplies and health supplies, managing and administering pharmacy finances) and professional aspects (managing and carrying out operational activities of pharmaceutical services in pharmacies, providing prescription services, drug information services, home pharmacy care and self- medication services to patients). Broadly speaking, Apotek Kimia Farma 115 Pamulang has implemented Pharmaceutical Service Standards in Pharmacy.
"
Depok: 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>