Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Calle-Gruber, Mireille
Paris: L'Harmattan, 2001
842.4 C 32 t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Paris: Cashiers du Cinema, 2001
778.5 41 C 369
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Paris: Cashiers du Cinema, 2001
778.5 41 N 322
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Putri Ismarini
"ABSTRAK
Artikel ini membahas penggambaran dominasi tokoh Ibu dan gugatan yang terdapat dalam film J`ai Tué Ma Mère karya Xavier Dolan melalui aspek naratif dan sinematografis film. Analisis yang dibuat didukung dengan konsep kekuasaan Michel Foucault untuk melihat bentuk dominasi sosok ibu yang terjadi dalam film. Kekuasaan merupakan landasan dari terbentuknya dominasi yang menimbulkan adanya represi terhadap orang lain, termasuk di dalam lingkup keluarga. Hasil analisis melalui aspek naratif dan sinematografis film menunjukkan bahwa dominasi terbentuk akibat adanya kegagalan komunikasi yang terjalin antartokoh dan menyebabkan terbentuknya resistensi yang dilakukan oleh tokoh yang terdominasi, dalam hal ini tokoh anak laki-laki. Kekuasaan dan dominasi sosok ibu yang sangat besar dalam kehidupan tokoh anak laki-laki tersebut menyebabkan masalah dan konflik yang terjadi diantara keduanya, sehingga hal tersebut menimbulkan jarak dalam hubungan antara ibu dan anak. Resistensi yang dilakukan oleh tokoh yang terdominasi bertujuan untuk menggugat kekuasaan atas dominasi yang diterimanya. Dominasi yang ada juga diperkuat oleh faktor budaya matriarkal di dalam budaya masyarakat Qu ? bec yang merupakan latar dalam film J`ai Tué Ma Mère

ABSTRACT
This article discusses the depiction of Mother domination and the lawsuit contained in J`ai Tué Ma Mère by Xavier Dolan through the narrative and cinematographic aspects of the film. The analysis made is supported by the concept of power by Michel Foucault to see the form of dominance of the mother figure that occurs in the film. Power is the cornerstone of the formation of dominance that gives rise to repression against others, including within the family. The results of the analysis through the narrative and cinematographic aspects of the film show that the dominance is formed due to communication failure that exists between forces and causes the formation of resistance by dominated figures, in this case is figure of a son. The very great power and dominance of mother figure in the life of the son causes problems and conflicts between them, thus causing distance in the relationship between mother and child. Resistance by dominated figure aims to sue power over domination that he recieves . The dominance is also reinforced by matriarchal cultural factors within the culture of the Qu ? bec community which is the setting in the film J`ai Tué Ma Mère"
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hasudungan, Gerry Nelson
"Prancis merupakan salah satu negara yang sangat memperhatikan hak-hak penyandang disabilitas.  Kehadiran kaum penyandang disabilitas juga terlihat dalam hasil budaya populernya, salah satunya adalah film. Penelitian ini ingin mengungkap bagaimana representasi penyandang disabilitas di masyarakat Perancis dalam film Les Intouchables yang menceritakan persahabatan dua orang berbeda ras. Dua tokoh utama itu ialah Philippe dan Driss. Philippe merupakan seorang konglomerat di Paris yang mengalami kecelakaan, sehingga menyebabkan kelumpuhan hampir seluruh tubuhnya. Driss, adalah seseorang berkulit hitam yang menjadi perawat Philippe melalui pertemuan yang tidak terduga. Hubungan Driss sebagai perawat, dengan Philippe sebagai penyandang disabilitas kemudian berkembang menjadi hubungan persahabatan yang unik dan hangat. Representasi penyandang disabilitas pada film Les Intouchables diteliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil analisis memperlihatkan bahwa film ini menghadirkan penyandang disabilitas secara berbeda dan meruntuhkan stigma atau stereotip yang biasanya dilekatkan pada mereka.

France is a country that pays close attention to the rights of persons with disabilities. The presence of people with disabilities can also be seen in the results of popular culture, one of which is film. This research wants to reveal how the representation of persons with disabilities in French society is in the film Les Intouchables which tells about the friendship of two people of different races. The two main characters are Philippe and Driss. Philippe is a conglomerate in Paris who has faced an accident, causing paralysis to almost his entire body. Driss, is an African descent young man who becomes Philippe's nurse through an unexpected encounter. The relationship between Driss as a nurse and Philippe as a person with a disability developed into a unique and warm friendship. The representation of persons with disabilities in the film Les Intouchables was examined using qualitative research methods using Roland Barthes' semiotic analysis technique. The results of the analysis show that this film presents people with disabilities differently and breaks down the stigma or stereotypes that are usually attached to them."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Mk-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dhea Rizki Amalia
"ABSTRAK
Suatu brand harus melewati sejumlah tahap untuk menjadi brand yang kuat, unik, disukai dan dikenali oleh konsumen. Tesis ini menganalisa brand Gucci, terutama bagian clothing line, tentang bagaimana merek tersebut mendapatkan posisi atas di pikiran target konsumen. Saya akan membahas tentang berbagai alat pemasaran yang Gucci pakai dan menggunakan teori untuk menjelaskan bagaimana Gucci dapat memperkuat ekuitas merek (brand equity) dengan cara tersebut. Tesis ini berisi analisa yang terdiri dari penjelasan, masalah yang ditemukan dan solusi yang sesuai dari setiap usaha pemasarannya. Analisa ini dihubungkan dengan piramida Customer-Based Brand Equity oleh Keller.

ABSTRACT
A brand has to get through some steps to become a strong, unique, favorable and recognizable. This report analyzes Gucci, especially as a clothing line brand, on how they have top of mind consumer awareness. I am going to discussvarious marketing tools that Gucci useand use the theory to explain how the efforts strengthen Gucci s brand equity. This report is an analysis that consists ofthe explanation, the problem raised and the suitable solution from each tool used. The analysis is connected to the CustomerBased Brand Equity pyramid by Keller."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Purple Kharisya; Lotka, Alfred J.
"Prancis telah memberi banyak kontribusi pada dunia perfilman seperti dengan gerakan Nouvelle Vague, yang merupakan gerakan perfilman Prancis antara tahun 1950-an dan 1960-an. Salah satu tokoh ternama dari gerakan ini adalah Jean-Luc Godard, seorang pembuat film yang menganggap bahwa film dapat mengubah masyarakat dunia. Salah satu karyanya adalah Vivre sa Vie (1962) yang menceritakan seorang wanita bernama Nana saat ia meninggalkan pasangannya, menjadi pelacur, lalu terbunuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tindakan tokoh Nana dan menganalisis batasan kebebasan yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif serta beberapa teori, yaitu teori film dari Boggs dan Petrie (2017) untuk analisis naratif, teori determinisme Solomon dan Higgins (2010) untuk mengidentifikasi kausalitas tindakan tokoh Nana, dan teori feminisme eksistensialis milik Simone de Beauvoir (1949) untuk menganalisis kebebasan semu dirinya. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa fokus film adalah pada tindakan Nana yang deterministik dan bahwa Nana tidak berhasil menjadi perempuan yang sepenuhnya bebas, tetapi hidup dalam ilusi kebebasan.

The French film industry has, in its history, contributed a lot to the world of cinema. One of such contributions is the Nouvelle Vague movement, a French film movement that happened between the 1950s and 1960s. A prominent figure belonging to this movement was Jean-Luc Godard, a filmmaker who believed that film could change the world. Vivre sa Vie (1962) is one of his feature films which tells the story of a woman named Nana as she leaves her partner, becomes a prostitute, and gets killed. The purpose of this research is to look at Nana's actions and analyse the limits of her freedom. This research was conducted using qualitative methods and several theories, namely Boggs and Petrie's (2017) film theory for the narrative analysis, Solomon and Higgins' (2010) determinism theory to identify the causality of Nana's actions, and Simone de Beauvoir's (1949) existentialist feminism theory to analyse her apparent freedom. This study concluded that the focus of the film is on Nana's deterministic actions and that in the end Nana does not succeed in becoming a woman who is completely free, but who lived in the illusion of freedom."
Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ghina Sahirah
"Krisis identitas adalah permasalahan yang sering ditemukan dan dijadikan tema dari sebuah film. Permasalahan tersebut merupakah sebuah konflik yang terjadi pada seseorang yang mempertanyakan jati dirinya. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel ini membahas krisis identitas kulit hitam dalam Film Bienvenue à Marly-Gomont oleh Julien Rambaldi, merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata dan menceritakan seorang dokter asal Zaire, bernama Seyolo Zantoko, yang mengenyam pendidikan kedokterannya di Lille, Prancis. Keinginan Seyolo untuk mendapatkan kewarganegaraan Prancis membuat keluarganya menjalani kehidupan baru dan penuh diskriminasi akibat identitas ras mereka yang berkulit hitam, yang berujung menjadi krisis identitas pada diri Seyolo. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana pandangan dan penerimaan seseorang terhadap suatu identitas dapat menjadi krisis identitas pada dirinya. Metode yang digunakan adalah skema aktan oleh Greimas (1967) dan kajian sinema oleh Boggs dan Petrie (2008) untuk menganalisis struktur film, serta konsep identitas budaya oleh Stuart Hall (1997). Dengan menggunakan berbagai metode penelitian yang sudah dipaparkan, artikel ini menghasilkan temuan bahwa krisis identitas pada kulit hitam dapat terjadi karena perbedaan pandangan dan tekanan sosial yang mendapatkan pengaruh dari kritik pascakolonialisme, serta hibriditas dan penerimaan identitas yang akhirnya dilakukan untuk mengatasi krisis identitas tersebut.

Identity crisis is a problem that’s often found and made into a theme for a movie. This problem is a conflict that occurred to a person that questions his or her real identity. Related with the issue, this article talks about a black skin who’s having an identity crisis in the movie Bienvenue a Marly-Gomont by Julien Rambaldi. This movie is adapted from a real event and talks about a doctor from Zaire called Seyolo Zantoko who studied to being a doctor in Lille, France. Seyolo’s ambition to become a French forced his family to adapt to their new life, which is full of discrimination because of their race identity being a black family that leads to Seyolo suffering from identity crisis. This research aimed to display how a person’s view and acceptance towards an identity could become an identity crisis on themselves. The methods used in this article are the Aktan’s Scheme by Greimas (1967) and cinema study by Boggs and Petrie (2008) to analyze the movie’s structure, also the concept of social identity by Stuart Hall (1997). By using various research methods above, this article found that identity crisis on black skin could happen because of the different view and society’s pressure that affected by post-colonialism critics and also hybridity and acceptance of an identity that eventually being taken as a way to cope with the identity crisis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muftia Parasati
"Artikel ini membahas makna di balik kehadiran satu-satunya tokoh laki-laki yang ada di film 8 Femmes, yaitu sang kepala keluarga bernama Marcel. Di dalam film, Marcel ditampilkan melalui fokalisasi para perempuan dan sangat jarang ditampilkan secara fisik ataupun berbicara. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan tekstual dan kajian sinema dari Boggs dan Petrie, kajian naratologi Gérard Genette, dan kajian AWK Sara Mills. Hasil analisis menunjukkan bahwa para perempuan terus menghadirkan Marcel melalui fokalisasi dan hal ini merupakan perwujudan dominasi Marcel secara implisit terhadap mereka. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan para perempuan untuk lepas dari Marcel. Meskipun absen secara visual, sosok Marcel telah membayangi kehidupan para perempuan dan menjadi bagian dari kesenangan, kesedihan, dan kesulitan yang mereka miliki. Para tokoh perempuan yang muncul sebagai judul film dan nampak mendominasi secara naratif dan sinematografis sebenarnya terdominasi oleh Marcel, sehingga menjadikan mereka berada dalam ilusi hilangnya dominasi laki-laki.

This article discusses the meaning behind the presence of the only male character in 8 Femmes, namely the head of the family, Marcel. In the film, Marcel is shown through female focalizations and is rarely shown physically or speaking. The method utilized is a qualitative method with a textual approach and film studies from Boggs and Petrie. The narratology study of Gérard Genette and the CDA studies of Sara Mills is also used to deepen the analysis. The analysis shows that the women continuously presenting Marcel through focalization and this is a manifestation of Marcel's implicit domination over them. This was due to the women's inability to escape from Marcel. Despite being visually absent, Marcel's figure has loomed over the lives of the women and becomes their joys, sorrows and difficulties. The female characters who appear in the title of the film and seem to dominate narrative and cinematographically are actually dominated by Marcel, thus they are in the illusion of the lost male domination.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library