Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hera Ganefi T. D.
Abstrak :
Instalasi gizi sebagai wadah penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit bertugas menyiapkan makanan yang berkualitas sesuai dengan diit pasien. Proses kegiatan di dalamnya terintegrasi dengan pelayanan kesehatan lain di Rumah Sakit. Sebagaimana diketahui, pelayanan gizi yang baik dapat membantu proses penyembuhan pasien sehingga diharapkan dapat memperpendek hari rawatnya. Belum banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kualitas makanan yang dihasilkan oleh Instalasi Gizi Rumah Sakit, khususnya di RSMM Bogor. Kegiatan di Instalasi Gizi merupakan sebuah sistem, karena di dalaranya ada tenaga kerja, peralatan dan anggaran sebagai input. Perencanaan, persiapan dan pengolahan sebagai proses dan outputnya adalah makanan yang siap saji yang berkualitas dan sampai pada individu tujuannya, yaitu pasien yang membutuhkan makan atau diit. Untuk menghasilkan makanan yang berkualitas perlu ada faktor-faktor pendukung, diantaranya : anggaran yang memadai, SDM yang handal, terpenuhinya sarana dan prasarana setts adanya kebijakan-kebijakan dari unsur manajemen, antara lain adalah ketentuan indekslbiaya makan pasien per orang per hari yang mencukupi kebutuhan standar gizi dan kual itas makanan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas makanan yang dihasilkan oleh Instalasi Gizi RSMM Bogor sehubungan dengan berkembangnya pelayanan kesehatan, dari pelayanan jiwa menjadi pelayanan umum. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik SDM di Instalasi Gizi bervariasi, baik dari segi pendidikan, status kepegawaian, masa kerja maupun golongannya. Teridentifikasi bahwa faktor lamanya masa kerja, tingginya golongan dan status PNS tidak menjamin hasil kerja yang maksimal yaitu makanan yang berkualitas. Faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap kualitas makanan adalah pendidikan yang sesuai dengan keah1ian, perilaku bersih atau saniter penjamah makanan (juru masak), motivasi kerja, kenyamanan dalam bekerja serta indeks atau biaya makan yang mencukupi.
Department of Nutrition is an important unit at the hospital, has to be responsible in preparing high quality food based on the diet of each patient. The process of activities in this department is integrated with other servicies in the hospital.. As we know, good nutrition can help the recovery process in turn the days the patiens have to spend in the hospital can be reduced. However, there are only a few number of researchs conducted to observe the food quality produced by Department of Nutrition, especially at RSMM Bogor. The activities of nutrition in this Department is a kind of system It has labours, devices (cookwares) and budget as the input; planning, preparation and cooking process as the process; and the output is the food with high quality which is ready to serve to the right patients. There is many supporting factors to produce a good quality food, such as : sufficient budget and divices, qualified human resources, and supporting policy from the CEO. This research is aimed to identify the interfering factors towards the quality of the food produced by Department of Nutrition of RSMM Bogor, regarding of the growing span of the service from the mental care service to the public health. This research shows that the characteristic of human resources at Department of Nutrition are vary from their educations, employment status, work periods and also their grades. The length of time they have been working, they grade and the status of their being official government employees are not the determinant factors to produce high quality food.. The more significant factors to this are the appropriate education, the sanitary of the cook, working motivation, the good working athmosphere and the sufficient index or budget.
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T 12883
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Ratnasari
Abstrak :
Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia. Masalah keamanan pangan sangat penting bagi industri pangan. Apabila proses pengolahan makanan tidak dilakukan dengan baik dan benar maka besar kemungkinan dapat terjadi kontaminasi makanan yang menyebabkan terjadi penyakit bawaan makanan, salah satunya adalah keracunan makanan. Produk pangan yang dipasarkan harus terjamin mutunya dan aman untuk dikonsumsi. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu bertujuan untuk melihat gambaran kualitas makanan berdasarkan Hazard Analysis Critical Control Point HACCP dan higiene sanitasi di Leafwell Catering Jakarta tahun 2018. Hasil yang diperoleh pada penelitian yaitu Leafwell Catering memiliki higiene sanitasi sudah baik pada kriteria lokasi dan bangunan serta fasilitas sanitasi. Pada hasil kuesioner checklist observasi dan wawancara pada penjamah makanan di dapatkan hasil 84. Selain itu, pada tahap HACCP ditemukannya titik kritis kendali yang harus dilakukan pengendalian pada tiap tahapan proses pengolahan, serta untuk kualitas bakteriologi baik pada uji sampel makanan protein daging sapi dan ikan, usap tangan, usap tempat makan dan usap sendok saji hasil yang diperoleh tidak ditemukannya bakteri E.coli. Sedangkan bakteri Coliform hanya ditemukan pada sampel makanan protein daging sapi sebesar 266.000 koloni/ml sampel dan sampel ikan sebesar 58 koloni/ml sampel. ......Food is anything that comes from biological resources and water, whether processed or unprocessed, which is intended as food or drink for human consumption. Food safety issues are critical to the food industry. If the food was not processed properly and correctly then it is likely to occur contamination of food that causes foodborne diseases, one of which is food poisoning. The marketed food products must be guaranteed quality and safe for consumption. This research was descriptive study that it aims to see the description of food quality based on Hazard Analysis Critical Control Point HACCP and hygiene sanitation at Leafwell Catering Jakarta 2018. The results obtained in the research that Leafwell Catering has good sanitation hygiene on site and building criteria and sanitation facilities. In the result of questionnaires observation checklists and interviews on food handlers at get 84 results. In addition, at the HACCP stage the discovery of a critical point of control that must be done control at each stage of the processing process, as well as for good quality bacteriology in the test samples of protein food of beef and fish, hand swabs, food swabs and spoon swab results obtained not found bacteria E.coli. While the bacteria Coliform found only in the sample of beef protein protein for 266 000 colonies ml sample and fish samples of 58 colonies ml sample.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Halimah Muhdastiani
Abstrak :
Membangun kepuasan pelanggan menjadi salah satu yang dapat membentuk kesuksesan bisnis. Karena itu memnentukan faktor-faktor yang menentukan kepuasan pelanggan menjadi penting. Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisis pengaruh kualitas makanan, kewajaran harga dan lingkungan fisik terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen di KFC Kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden yang merupakan konsumen berusia lebih dari 18 tahun di KFC yang mengunjungi KFC di Kota Jakarta minimal tiga kali dalam setahun terakhir dan digunakan untuk analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 25.0 untuk Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas makanan, kewajaran harga dan lingkungan fisik memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini memberikan saran dan pedoman yang berguna bagi pembuat kebijakan di industri restoran cepat saji untuk mengkonfirmasi pentingnya faktor-faktor yang dipilih dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan. ......Building customer satisfaction is one that can shape business success. Therefore, determining the factors that effect customer satisfaction is important. This study aims to analyze the effect of food quality, fairness of price and physical environment on customer satisfaction in consumers in KFC, Jakarta. This research uses a quantitative approach with research data collected through the distribution of online questionnaires to 100 respondents who are consumers over 18 years of age at KFC who visited KFC in Jakarta at least three times in the last year and used for descriptive analysis and inferential statistical analysis in the form of regression using SPSS version 25.0 for Windows. The results showed that food quality, fairness of price and physical environment had an influence on customer satisfaction. The results of this study provide useful advice and guidelines for policy makers in the fast food restaurant industry to confirm the importance of selected factors in influencing customer satisfaction.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Kusnadi DS
Abstrak :
Makanan yang beredar dan dikonsumsi harus memenuhi syarat keamanan dan manfaat; aman artinya makanan yang dimakan tidak akan menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan, manfaat artinya makanan yang dikonsumsi mempunyai nilai manfaat untuk kehidupan dan kesehatan. Perkembangan makanan yang diproduksi oleh Industri Rumah Tangga dari tahun ke tahun terus berkembang. Meningkatnya perkembangan Industri Rumah Tangga hares dibarengi dengan pembinaan dan pengawasan, karena dari survey yang pernah dilakukan 69,5 % Industri Rumah Tangga belum menerapkan CPMB dan sebanyak 28 % memproduksi makanan dengan kualitas/mutu yang tidak memenuhi syarat. Penelitian dilakukan dengan ruang lingkup terbatas di sarana Industri Rumah Tangga dengan prioritas di Kotamadya Bandung dan Kabupaten Bandung dengan sasaran komoditas : mie, baso, tahu, kerupuk dan roti. Sampel diambil secara purposif dengan design Croos-sectional dan dianalisa secara deskriptif dengan menggunakan program Epi Info dan SPSS. Dari basil penelitian, ternyata tidak terdapat hubungan langsung variabel ruang pengolahan; peralatan, suplai air, higiene karyawan dan sumber daya manusia dengan mutu makanan Industri rumah Tangga dalam penelitian ini. Namun, dengan uji Mc Nemar terlihat ada peningkatan kualitas CPMB Industri Rumah Tangga antara tahun 1995 dan 1997 yang bermakna. Daftar bacaan : 26 (1976 - 1996).
Relationship Between the Application of Good Manufacturing Product for Food and the Quality of Home Industrial Food Product in Bandung During the Year 1997 Meals which circulated that we consumed should be getting permit of safety's and usefulness; Save means it has had not bad effect for our healthy, useful, it means the food consists of good value for the living and healthy. The development of meals produced by home industry growth from year to year. The increasing of home industry has to be joined by the creation and control, since the survey which had been done, 69,5 % of home industry has never used CPMB yet and there are 28 % of it produced the lowest quality's food. The research field done with the home industry as the subject of the observation which lied in Bandung Municipality and Bandung Regency as priorities. The commodity target are noodle, meat ball (baso), bean cake (tabu), crackers and bread. The sample was taken by the purposive method with cross-sectional design and analyzed by descriptive way, using Epi Info and SPSS program. The result shows that there are no direct connection between room's variable processing, tools, water supply, employment hygiene and human resources and then the quality of home industry's food. Otherwise, by Mc Nemar test, shown the increasing of quality of home industry's quality CPMB between 1995 and 1997 which is meaningful. Refferences : 26 (1976 - 1996).
Depok: Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Khairunnisa
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi word-of-mouth behaviour di industri restoran yang menekankan pada peran dari restaurant relationship quality, khususnya pada restoran Ojju. Penelitian ini bertujuan untuk melihat food quality, physical environment quality, personal interaction quality, dan juga perceived value terhadap kepuasan, kepercayaan, dan juga komitmen konsumen di restoran Ojju dan pengaruhnya terhadap word-of-mouth behaviour. Data penelitian ini diperoleh dari survey kepada 180 konsumen restoran Ojju yang telah makan setidaknya 2 kali di restoran Ojju dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan metode analisis berupa Structural Equation Modelling SEM dengan software LISREL 8.51 untuk menguji hipotesis penelitian. Pada penelitian ini ditemukan bahwa personal interaction quality, dan perceived value memengaruhi kepuasan konsumen di restoran Ojju. Selain itu, faktor kepuasan dan juga komitmen berpengaruh terhadap word-of-mouth behaviour konsumen. ......The purpose of this study is to analyze factors influencing word of mouth intention in restaurant industry implying the critical role of restaurant relationship quality, especially in Ojju restaurant. This study examines the influence of food quality, physical environment quality, personal interaction quality, and perceived value to customer satisfaction, trust, and commitment in Ojju restaurant and how those influence word ofmouth behaviour. This study utilizes online questionnaire survey to 180 Ojju restaurant customer who have eaten in Ojju restaurant not less than two times in the last six months. This study uses Structural Equation Modeling SEM with LISREL 8.51 to test the hypothesis. This paper found that personal interaction quality and perceived value influence customer satisfaction. This paper also found that customer satisfaction and customer commitment influence customer word of mouth behaviour.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Maerani Syaroh
Abstrak :
Saat ini sertifikasi halal dan pelabelan halal semakin gencar dilakukan diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak restoran di Indonesia yang belum mengantongi sertifikat halal untuk produk makanan yang mereka sediakan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana theory of planned behavior, food quality, price fairness, dan servicescape mempengaruhi revisit intention konsumen restoran yang belum memiliki sertifikasi halal. Data dari penelitian ini diuji dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equations Modeling (PLS-SEM). Pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuesioner online dan diisi secara individu oleh responden. Berdasarkan 386 sampel konsumen muslim yang mengonsumsi makanan pada restoran yang belum memiliki sertifikasi halal, theory of planned behavior yang terdiri dari attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control memengaruhi revisit intention. Food quality, substantive stage of servicescape, dan communicative stage of servicescape tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap revisit intention. Price fairness dan food quality berpengaruh signifikan terhadap attitude. Attitude memediasi hubungan antara price fairness terhadap revisit intention dan food quality terhadap revisit intention. Trust tidak memberikan efek moderasi dalam pengaruh attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control terhadap revisit intention. Berdasarkan hasil wawancara terhadap 5 narasumber konsumen muslim di Indonesia terhadap restoran yang sudah memiliki sertifikasi halal. Faktor attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control memengaruhi revisit intention. Price fairness dan food quality berpengaruh signifikan terhadap attitude. ......Nowadays, halal certification and halal labeling are increasingly being done in various parts of the world, including Indonesia. In the other hand, there are still many restaurants in Indonesia that have not obtained halal certification for the food they make and provide to the masses. Therefore, this study aims to determine how theory of planned behavior, food quality, price fairness, and servicescape affect the revisit intention of consumers for restaurants that do not have any halal certification. The data from this study were tested using the method known as Partial Least Square Structural Equations Modeling (PLS-SEM). Data collection is carried out by distributing online questionnaires that are filled out individually by respondents. Based on 386 samples of Muslim who consume food at restaurants that do not have halal certification, the theory of planned behavior consisting of attitude, subjective norm, and perceived behavioral control affects revisit intention. Food quality, substantive stage of servicescape, and communicative stage of servicescape have no significant effect on revisit intention. Price fairness and food quality have a significant effect on attitude. Attitude mediates the relationship between price fairness on revisit intention and food quality on revisit intention. Trust does not provide a moderating effect in the relationship between attitude, subjective norm, and perceived behavioral control on revisit intention. Based on the results of interviews with 5 Muslim consumer in Indonesia to restaurants that already have halal certification. Theory of planned behavior consisting of attitude, subjective norm, and perceived behavioral control affects revisit intention. Price fairness and food quality have a significant effect on attitude.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amiluhur Soeroso
Abstrak :
This research aims to explore quantified of monetary use value of food quality in the context of food security. Data were obtained from interviews towards 561 people of rural area in regency of Sleman, Bantul, Kulon Progo and Gunungkidul which are all in Yogyakarta Special Province or Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). This research uses close-ended contingent valuation method (CVM). The result points out that the public willingness to pay for better food quality is high. Thus, the public loss which is caused by poor management of food security policy will be very high in financial term.
2009
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Atika Nur Aini
Abstrak :
Indonesia adalah negara yang memiliki potensi pasar besar dalam industri makanan halal, sehingga menarik negara lain untuk masuk mengembangkan bisnis di Indonesia, termasuk makanan ringan asal Taiwan, khususnya Shihlin Taiwan Street Snacks. Perkembangan Shihlin di Indonesia merupakan hal yang perlu disoroti konsumen, karena berkaitan dengan isu tidak halal dibeberapa titik kritis, seperti rantai pasokan, mulai dari pengadaan bahan baku (termasuk proses pemotongan hewan), penyimpanan, hingga pendistribusian. Oleh karena itu, Shihlin menjawabnya dengan sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang didapatkan pada 16 Januari 2020. Namun hal itu berpotensi menimbulkan peningkatan harga dan mempengaruhi willingness to pay. Penelitian ini merupakan replikasi penelitian Hosseini et al. (2019), yang bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi willingness to pay konsumen Muslim terhadap makanan ringan Taiwan di Indonesia dengan studi kasus Shihlin Taiwan Street Snacks. Responden merupakan 326 Warga Negara Indonesia (WNI) Muslim yang berdomisili di wilayah Indonesia, kemudian data diolah menggunakan SPSS22 dan SmartPLS3.0. Hasil penelitian menunjukan animal slaughter, halal logo, price consciousness, food quality, dan religious commitment memiliki pengaruh positif terhadap willingness to pay konsumen Muslim pada produk Shihlin di Indonesia. ...... Indonesia is a country that has a large market potential in terms of the halal food industry, thus attracting other countries to develop businesses in Indonesia, including snacks from Taiwan, specifically Shihlin Taiwan Street Snacks. The development of Shihlin in Indonesia is something that needs to be highlighted by consumers, because it is related to non halal issues at several critical points, such as the supply chains, starting from procurement of raw materials (including slaughtering processes), storage, to distribution. Therefore, Shihlin responded with halal certification from the Indonesian Ulema Council (MUI) obtained on January 16, 2020. However, this has the potential to increase prices and affect willingness to pay. This research is a replication of the research by Hosseini et al. (2019), which aims to analyze the factors that influence Muslim consumers' willingness to pay for Taiwanese snacks in Indonesia with case study of Shihlin Taiwan Street Snacks. Respondents are 326 Muslim Indonesian Citizens domiciled in the territory of Indonesia, then data was processed using SPSS22 and SmartPLS3.0. The results of the study show animal slaughter, halal logos, price consciousness, food quality, and religious commitment have a positive influence on Muslim consumers' willingness to pay for Shihlin in Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meivita Fuji Lestari
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang pengaruh atmosfer restoran terhadap niat perilaku dengan dimediasi oleh persepsi kualitas layanan dan persepsi kualitas makanan pada restoran etnik Jepang khususnya pada restoran Ramen 1 dan restoran Gokana Ramen & Teppan. Responden penelitian ini berjumlah 200 orang yang pernah mengunjungi salah satu atau kedua restoran Ramen 1 Mall Margo City dan restoran Gokana Ramen & Teppan Dmall Depok dalam 3 bulan terakhir. Pengolahan data dalam penelitian menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menjalankan program LISREL 8.5. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfer restoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas layanan dan persepsi kualitas makanan. Serta persepsi kualitas layanan dan persepsi kualitas makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku. Namun, atmosfer restoran tidak berpengaruh signifikan terhadap niat perilaku.
This research aims to discusses the effect of dining atmospherics on behavioral intentions, mediated by perceptions of service quality and food quality at ethnic Japanese restaurants, especially at Ramen 1 and Gokana Ramen & Teppan restaurant. Respondents of this research of 200 people who had visited one or both of Ramen 1 and Gokana Ramen & Teppan Restaurants in the last 3 months. Data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with LISREL 8.5 software. The results of this research showed that the dining atmospherics indicate positive and significant effect toward perceived service & food quality. In addition, perceived service & food quality have significant positive effect on behavioral intentions. As well as the perception quality of service and food, significant positive effect on behavioral intentions. But, dining atmospherics have no significant effect on behavioral intentions.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53932
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
St Fadhilah
Abstrak :
Restoran merupakan usaha yang dapat mendukung perlu konsumtif masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu usaha yang terus berkembang sampai saat ini. Namun, dengan berkembangnya usaha restoran, menjadi kompetisi semakin kuat antar restoran lainnya, peran kepuasan pelanggan sangat berkengaruh terhadap peningkatakn keuntungan perusahaan. Maka dari itu, Manajemen Waroeng Spesial Sambal perlu mengetahu faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat mengunjungi kembali repurchase intention melalui kepuasan pelanggan customer satisfaction. Diteliti pengaruh faktor Food Quality, Service Quality, Physical Environment, Price, External Environment, dan Cleanliness Hygiene terhadap kepuasan pelanggan Customer Satisfaction dengan menggunakan metode SEM-PLS. Penelitian ini mengambil studi kasus pada Waroeng Spesial Sambal untuk cabang daerah Jabodetabek. Hasil dari penelitian ini dapat dihunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Customer Satisfaction Waroeng Spesial Sambal cabang Jabodetabek, sehingga dapat bersaing dengan restoran lainnya yang ada di Indonesia. ......The restaurant is an effort that can support the consumptive needs of the people of Indonesia and become one ofthe businesses that continue to grow to date. However, as the restaurant business grows, as the competition getsstronger among other restaurants, the role of customer satisfaction greatly affects the increase in corporate profits.Therefore, Management Special Waroeng Sambal need to know the factors that affect the intention of repurchase repurchase intention through customer satisfaction customer satisfaction . The influence of factors of FoodQuality, Service Quality, Physical Environment, Price, External Environment, and Cleanliness Hygiene onCustomer Satisfaction by using SEM PLS method. This study takes a case study on Waroeng Special Sambal forJabodetabek regional branch. The results of this research can be used to improve customer satisfaction Customer Satisfaction Waroeng Special Sambal Jabodetabek branch, so it can compete with other restaurantsin Indonesia.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library