Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
This paper describes the development of experimental testing system and performance measurement of small turbojet engine:Olympus" manufactured by AMT Netherlands....
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Erlangga Bin Rudy Sunaryo
Abstrak :
Bertambahnya penduduk di Indonesia menyebabkan meningkatnya kebutuhan pasokan listrik. Salah satu metode untuk pembagkit listik adalah turbin gas dan beroperasi dengan optimal dengan kapasitas 100% pada suhu ISO. Suhu ISO adalah 15°C yang jauh lebih rendah dari suhu ambien di Indonesia. Absorption chiller merupakan salah satu alat refrigerasi menggunakan larutan LiBr-Water dengan memanfaatkan panas untuk menciptakan laju refrigerasi. Tujuan dari studi ini adalah untuk merancang system absorption yang pantas untuk menurunkan suhu yang akan meningkatkan performa gas turbin dan meningkankan pasokan listrik ke masyarakat.
Increase in population leads to huge demand of electricity supply. Gas turbine is one method to generate electricity. The equipment operates on its optimal capacity at ISO temperature. ISO temperature is 15°C which is much lower than ambient temperature in Indonesian Absorption chiller is one way to reduce temperature by utilizing heat source to generate a circulation of refrigerant. Fluid used for this parameter of temperature is LiBr-Water solution. The propose of study is to design a suitable absorption cooling system to achieve ISO standard temperature in order to optimize the performance of gas turbine and allow more electricity supply to people.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59243
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewa Gde Pratama Purnayoga
Abstrak :
ULPLTG Maleo merupakan pembangkit listrik dengan 4 unit mesin turbin gas berkapasitas 25 MW yang memiliki peranan penting dalam memberi pasokan energi listrik kepada sistem SULUTGO. Keandalan dan kesiapan unit menjadi prioritas bagi perusahaan. Selama ini ULPLTG Maleo tidak memiliki standar dalam melaksanakan pemeliharaan terhadap mesin yang mengalami shutdown dalam jangka waktu lama. Riwayat pemeliharaan unit menunjukkan adanya temuan korosi dan white spot pada blade compressor main engine sehingga perlu ditentukan tindakan mitigasi yang tepat. Berdasarkan hal tersebut pelaksanaan praktik keinsinyuran ini bertujuan untuk merencanakan metode preservasi yang dapat diterapkan sesuai dengan riwayat peralatan dan kondisi lingkungan di ULPLTG Maleo. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan metode preservasi yang dilakukan memberi pengaruh terhadap perbandingan nilai temperatur dan kelebapan serta menjaga nilai kelembapan port borescope inspection nomor 4 selalu pada nilai %RH terendah namun masih dipengaruhi oleh temperatur dan kelembapan lingkungan ULPLTG Maleo. Hasil pemeriksaan borescope menunjukkan tidak terjadi perubahan kondisi korosi dan white spot yang signifikan pada blade stage 1, 2 dan 16 namun pada blade stage 2 terjadi penurunan tingkat white sport secara minor sehingga dapat disimpulkan pelaksanaan preservasi yang dilakukan kurang efektif dalam mengatasi permasalahan utama. ......ULPLTG Maleo is a power plant which plays an important role in providing electrical energy to the SULUTGO system. The unit's maintenance history shows the presence of corrosion and white spots on the main engine compressor blade, so appropriate mitigation measures need to be determined. Based on this, the implementation of this engineering practice aims to plan preservation methods that can be applied by the history of the equipment and environmental conditions at ULPLTG Maleo. Based on the tests carried out, it can be seen that the application of the preservation method has an influence on the comparison of temperature and humidity values ​​and maintains the humidity value of port borescope inspection number 4 always at the lowest %RH value but is still influenced by the temperature and humidity of the Maleo ULPLTG environment. The results of the borescope examination showed that there was no significant change in the condition of corrosion and white spots on blade stages 1, 2 and 16. However on blade stage 2 there was a minor decrease in the level of white sport, so it can be concluded that the preservation implementation carried out was less effective in overcoming the main problem.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Danu Nuryanto
Abstrak :
Salah satu komponen utama dari keamanan sistem tenaga listrik adalah pengendalian frekuensi. Pengendalian frekuensi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : pengendalian primer, pengendalian sekunder, pengendalian tersier. Pengendalian frekuensi primer dikenal free governor wajib dipenuhi Pembangkit Listrik yang interkonesi ke sistem. Sistem governor merupakan fitur kontrol yang ada pada mesin pembangkit. Sistem governor pada setiap gas turbin PLTGU Priok dipasang pada nilai 4 persen speed droop, serta deadband ±200 mHz pada gas turbin blok 1-2 dan tidak ada deadband pada blok 3-4. Nilai seting tersebut sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan pada aturan jaringan. Hasil pengujian peran sistem governor PLTGU Priok dalam membantu sistem tenaga pada saat terjadi gangguan adalah sebesar maksimum 321 MW, yaitu 15 persen dari beban peak atau 32% dari beban offpeak sub-sistem Priok Bekasi. Respon tercepat dalam menaikan daya turbin ke titik maksimum didapat pada blok 1-2 yang mampu menaikan daya dalam waktu 20 detik. Sedangkan pada blok 3-4 dibutuhkan waktu 2 menit. Hal ini dikarenakan perbedaan kontrol pengendalian frekuensi pada kedua jenis mesin gas turbin. Sistem governor turbin merupakan salah satu mitigasi untuk menjaga keandalan sistem tenaga listrik. Maka selayaknya pembangkit yang interkoneksi ke sistem tenaga listrik mengaktivasi sistem governor, serta memenuhi kriteria pengaturan pada aturan jaringan. ...... Frequency control is one protection of the electrical power system. Frequency control is divided into three parts: primary control, secondary control, tertiary control. The primary frequency control, known as free governor, must be carried out by a power plant that interconnects to the network. The governor device is the control mechanism of engine generator. The governor device Priok gas turbine is installed at 4 percent speed droop and ± 200 mHz deadband on gas turbine block 1-2 and there is no deadband on the block 3-4. The results of testing the role of Priok PLTGU governor system in assisting the power system in the event of interruption are up to maximum of 321 MW, which is 15% peak load or 32% off-peak load subsystem. The fastest response to increase the turbine power to the maximum point is achieved in block 1-2, which can increase power in 20 seconds. Whereas it takes 2 minutes in block 3-4. It is due to different in the frequency control of the two types of gas turbine engines. The turbine governor system is one of the mitigation steps intended to improve the reliability of the electrical power network. The generator that interconnects to the electrical power system will must be activate the governor system and comply with the regulatory requirements set out in the network rules.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adlan Rhazan Kisworo
Abstrak :
Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia pada abad ke-21. Adapun upaya untuk memenuhi kebutuhan energi listrik tersebut adalah teknologi turbin gas. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dari turbin gas adalah desain impeler dari turbin gas generator. Metode yang dapat digunakan untuk menganalisis kinerja impeler turbin gas generator adalah metode analisis segitiga kecepatan. Analisis segitiga kecepatan dilakukan dengan perhitungan komponen segitiga kecepatan menggunakan hasil pengukuran FARO Edge dan data aktual pengujian turbin gas GT85-2. Berdasarkan hasil perhitungan, daya yang dihasilkan fluida bertambah seiring dengan kenaikan kecepatan putar, sedangkan nilai efisiensi berkurang seiring dengan kenaikan kecepatan putar. ......Electricity is one of the most important needs for hummanity in 21st century. There is one technology to fulfill this need, called gas turbine. One of the factor that influence the performance of gas turbine is 1st turbine impeller design. Velocity triangle analysis method is used to analyze the performance of 1st turbine impeller. To analyze using velocity triangle, FARO Edge is used to measure the components of the velocity triangle and actual data testing of gas turbine GT85 2. The result based on the calculation is power produced by fluids is increased and the efficiency is decreased along the increase of rotational speed of the impeller.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69407
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reyzando Nawara
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis exergy, dampak lingkungan berdasarkan exergy, dan juga mencari kondisi optimum dari sistem propulsi kapal LNG dengan siklus kombinasi turbin gas dan turbin cascade CO2 sebagai alternatif sistem propulsi yang ramah lingkungan dan memiliki performa yang baik. Analisis exergy dilakukan pada kondisi simulasi yang didapatkan dari literatur jurnal yang terbaru dengan menggunakan software EES, dihasilkan efisiensi exergy sebesar 59 dengan efisiensi thermal 43.76. Analisis exergoenvironmental dilakukan dengan menggunakan software SimaPro, didapatkan sistem propulsi pada penelitian ini memiliki faktor exergoenvironmental sebesar 38.15. Pada penelitian ini dilakukan juga optimasi agar mendapatkan kondisi optimum dari segi exergy dan lingkungan, optimasi dilakukan menggunakan metode algoritma genetika melalui software Matlab. Sepuluh parameter dijadikan variabel penentu pada optimasi ini. Didapatkan 70 altermatif solusi pareto front, yang kemudian diambil keputusan satu solusi terbaik menggunakan metode TOPSIS. Alternatif variabel yang telah dipilih mampu meningkatkan efisiensi exergy hingga mencapai 60.93 dengan efisiensi thermal sebesar 46.78, dan faktor exergoenvironmental turun hingga mencapai 29.98. Dari penelitian ditunjukkan bahwa sistem propulsi yang diajukan dapat dijadikan sebagai alternatif sistem propulsi kapal LNG karena menghasilkan performa yang cukup unggul dari segi performa exergy dan energi maupun secara lingkungan dibandingkan sistem propulsi yang sudah ada sebelumnya.
ABSTRACT
The objective of this research is to analyze the exergy, environmental impact and also to get the optimum condition of LNG carrier propulsion system using combined cycle of gas turbine and cascade CO2 turbine as an alternative for propulsion system which has good performance and eco friendly. The exergy analyzed at simulation condition based on newest journal by using EES, resulting at the exergy efficiency is 59 with thermal efficiency 43.96. The exergoenvironmental analyzed using SimaPro, resulting at exergoenvironmental factor of this system is 38.15. An optimization also being done at this research to get the optimum condition regarding its exergy and exergoenvironmental, the optimization was done using genetic algorithm by Matlab. Ten parameters was decided to be the decision variable at this optimization. There are 70 pareto optimal front, which then being choose for only one alternative by TOPSIS. The chosen alternativ can increase the exergy efficiency to 60.93 with its thermal efficiency is 46.78, and the exergoenvironmental factor decrease to 29.98. It can be said that the propulsion system which was generated in this research can be used as an alternative for LNG carrier propulsion system, regarding its good performance at exergy, energy and exergoenvironmental, compared to previous propulsion system.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radifan Faiz Irsyadi
Abstrak :

Dewasa ini, pengurangan daya dorong (thrust) atau derate praktiknya telah digunakan secara umum sebagai prosedur standar dari lepas landas (takeoff). Berhubung daya digunakan secara maksimal ketika fase lepas landas, praktik ini memiliki banyak keuntungan dalam pengoperasian pesawat terbang. Tidak hanya tindakan ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar ketika fase lepas landas, tetapi juga mengurangi keausan mesin yang disebabkan tegangan dan suhu tinggi. Exhaust Gas Temperature (EGT) adalah salah satu parameter penting yang digunakan untuk memonitori kerusakan mesin. Terdapat hubungan pasti antara pengurangan daya dorong dan EGT dimana nilai diantara keduanya saling berlawanan. Tetapi, perhitungan harus dilakukan terlebih dahulu oleh kru penerbang berapa persen derate yang layak digunakan sebelum lepas landas. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk menemukan efektivitas derate untuk menurukan EGT dengan maksud meningkatkan performa, memperpanjang umur mesin dan mengurasi biaya operasi oleh operator.

 


Reduced thrust or derate has been practiced commonly nowadays as a standard procedure of takeoff. Since power is being used at maximum during the takeoff phase, the practice has many benefits for the operation of aircraft. Not only it reduced fuel consumption during the takeoff phase, but also reduced the engines wear and tear that caused by stress and very high temperature. Exhaust Gas Temperature (EGT) is one of the most important parameters that is used to monitor engine deterioration. There is a definite correlation between reducing takeoff thrust and EGT reduction, where both values are contradicting one another. However, there must be some calculation by the flight crew on how much percentage of derate is eligible prior to takeoff. The goal of this paper is to find the effectiveness of derate to reduce EGT in order to improve performance, prolong engine life and reduce operating costs of the operators.

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adrian Agung Primandanu
Abstrak :
Upaya untuk menemukan bahan bakar alternatif yang berkelanjutan di industri penerbangan terus meningkat sehubung dengan laju emisi karbon dari industri tersebut. Bahan bakar berkelanjutan untuk industri penerbangan memerlukan penelitian dan pengembangan yang ekstensif sebelum dapat disetujui untuk penggunaan komersial. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki karakteristik kinerja ruang bakar mesin turbojet skala kecil dengan variasi bahan bakar berkelanjutan dan fosil. Suhu, laju pembakaran bahan bakar, emisi CO2 dan efek radiasi akan diselidiki. Bahan bakar yang sedang diselidiki adalah metana, amonia, dimetil eter, dan hidrogen. Simulasi komputasi dinamika fluida dilakukan untuk mensimulasikan proses pembakaran bahan bakar. Tujuan dari pekerjaan ini adalah pemahaman tentang karakteristik kinerja pada masing-masing bahan bakar dan kinerjanya pada mesin turbojet KJ-66. Hasil menunjukkan bahwa hidrogen memiliki suhu maksimum tertinggi, diikuti oleh dimetil eter, metana, dan amonia. Dimetil eter adalah bahan bakar tercepat untuk mencapai pembakaran stoikiometri dibandingkan dengan tiga bahan bakar lainnya. Metana dan dimetil eter menghasilkan emisi CO2 yang serupa menggunakan mekanisme kinetik bahan bakar yang sama. Parameter radiasi mempengaruhi pembakaran fraksi mol CO pada simulasi, namun tidak signifikan. ......The effort to find sustainable alternative fuels in the aviation industry is on the rise due to the rate of carbon emitted from the industry. Sustainable aviation fuels require extensive research and development before it can be approved for commercial usage. This study aims to investigate the performance characteristics of a small-scale turbojet engine combustion chamber when running on variation of sustainable and fossil fuel. Temperature, burning rate of fuel, CO2 emission and effect of radiation will be investigated. The fuels that are being investigated are methane, ammonia, dimethyl ether, and hydrogen. Computational fluid dynamics simulation is conducted to simulate each fuel combustion process. The output of this work is the understanding of performance characteristics on each fuel and its performance in the KJ-66 turbojet engine. The results show that hydrogen has the highest maximum temperature result, followed by dimethyl ether, methane, and ammonia. Dimethyl ether is the fastest fuel compared to the other three to reach stoichiometric combustion. Both methane and dimethyl ether produce similar CO2 using the same fuel kinetic mechanism. Radiation parameter affects the burning of CO mole fraction in the simulation, but not significantly.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yin, Yaobao
Abstrak :
This book covers the authors research achievements and the latest advances in high-speed pneumatic control theory and applied technologies. It presents the basic theory and highlights pioneering technologies resulting from research and development efforts in aerospace, aviation and other major equipment, including: pneumatic servo control theory, pneumatic nonlinear mechanisms, aerothermodynamics, pneumatic servo mechanisms, and high-speed pneumatic control theory.
Singapore: Springer Nature, 2019
e20508950
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Awaludin Martin
Abstrak :
The performance of a 20 MW gas turbine power plant was described by using the exergy analysis and data from the plant?s record books. The first and second laws of thermodynamics, as well as the mass and energy conservation law, were applied in each of the components. The results show that more exergy destruction occured in the combustion chamber up to 71.03% or 21.98 MW. Meanwhile, the lowest exergy occured in the compressor at 12.33% or 3.15 MW. Thermal efficiency of the gas turbine power plant, according to the first law, was 33.77%, and exergy efficiency was 32.25%.
2016
J-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>