Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fathiya Salsabila
"Pembangunan LRT Jabodebek menghabiskan anggaran lebih dari Rp 28 triliun. Pembangunan LRT ini dapat mempengaruhi elastisitas harga properti komersial dan perkantoran yang terletak disekitar stasiun LRT yang dapat menguntungkan pihak dari pemilik properti dengan LRT. Oleh karena itu dibuat sebuah model untuk mengetahui pengaruh dari pembangunan LRT terhadap harga properti komersial dan perkantoran serta karakteristik lainnya yang mempengaruhi. Model dibuat dengan analisis big data dalam mendapatkan data properti serta dilakukan pemetaan data properti terhadap stasiun LRT Jabodebek dikawasan Jakarta Selatan. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan maka 13% dari properti komersial yang tersebar di Jakarta Selatan terletak dalam radius 1 km dari stasiun LRT dengan harga properti tertinggi sebesar Rp 133 juta.
Hasil awal dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi nilai properti adalah luas bangunan, jumlah ruang, kedekatan dengan rumah sakit dan properti yang berada di kawasan Rasuna Said dengan persamaan : LnHarga = 14,288 + 0,524 LnLuas-0,068 Rumahsakit-0,077 RasunaSaid + 0,032 LnRuang + %error. Berdasarkan persamaan tersebut maka dilakukan pembuatan prediksi model berdasarkan benchmarking dengan persamaan berikut : LnHarga = 13,4735 + 0,49383LnLuas-0,07200 Rumahsakit-0,08153 RasunaSaid + 0,03050 LnRuang + 0,4373LRT radius 0-300 +0,4175LRTradius300-600 +%error.

LRTJabodebek built with estimated cost more than 29 trillion. This LRT project suspected has an effect on the elasticity of property prices for commercial and offices property located around LRT stations that can benefit the property owners by LRT development. Therefore a model was created to determine the effect of LRT development on the prices of commercial and office property and other influencing characteristics. The model was made by analysis of big data in obtaining property data and property data mapping was carried out against LRT Jabodebek stations in South Jakarta. Based on calculations, 13% of commercial and office property spread in South Jakarta is located within 1 km radius from the LRT station with the highest property price Rp 133 million.
The results of this study show that the variables that affect property values are building area, number of spaces, proximity to hospitals and properties in the Rasuna Said area with the equation: Ln Price = 14,288 + 0,524 LnBuldingArea-0.068 Hospital-0.077 RasunaSaid + 0.032 LnNumberofRoom + %error. Based on these equations, a model prediction is made to input Proximity to LRT Station as a variable affected. The Prediction model are : LnPrice = 13,4735 + 0,49383Lnbuildingarea-0,07200 Hospital-0,08153 RasunaSaid + 0,03050 LnNumberofRoom + 0,4373LRT radius 0-300 +0,4175LRTradius300-600 +%error.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan
"

Pengembangan wilayah dengan pendekatan transit oriented development (TOD) sangat berpotensi meningkatkan kelayakan proyek infrastruktur transit, sehingga dapat menarik minat para investor. Dalam konsep TOD terdapat minimal dua tujuan yang harus dipenuhi yang mungkin berkonflik satu sama lain, yakni memberikan pendapatan (revenue) maksimal dari sudut pandang pengembang properti, dan di saat yang sama memberikan ridership maksimal pula bagi sistem transit. Penelitian ini merupakan upaya untuk menghasilkan model TOD yang dapat mengoptimalkan kelayakan dua tujuan tersebut diatas. Sehingga kita tidak hanya mendapatkan TOD dengan jumlah penumpang (ridership) transit yang maksimal, namun juga memberikan nilai pendapatan properti yang maksimal, yang akhirnya dapat memberikan sumber alternatif pendanaan bagi investasi pembangunan, operasional dan pemeliharaan proyek infrastruktur transportasi.Penelitian menggunakan kombinasi pendekatan kuantitatif dan kualitatif melalui analisa fungsi, linier programing, big data, Hedonic Price Modeling, Focus Group Discussion dan life cycle costing. Dengan studi kasus yang digunakan adalah proyek pengembangan TOD di jalur LRT Jabodebek. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kepadatan melalui koefisien lantai bangunan (KLB) dan koefisien dasar banguna (KDB) mampu meningkatkan nilai kelayakan bisnis property di TOD sampai dua kali lipat (200%). Optimasi proporsi luas lantai jenis pembangunan (apartement, perkantoran, hotel dan ritel komersial) dapat meningkatkan jumlah penumpang 10% dari kondisi ideal. Model optimasi ridership dan land value mampu meningkatkan kelayakan proyek TOD secara keseluruhan (bisnis property dan operator transit) sampai 3 kali dari kondisi existing.

 


Urban development with transit-oriented development (TOD) approach has the potential to increase the feasibility of transit infrastructure projects to attract investors. In the concept of TOD, there are at least two objectives that must be achieved, namely providing maximum revenue from the perspective of property developers and providing maximum ridership for the transit system at the same time.  However, as conflicts between these two objectives may likely occur, this research attempts to produce a TOD model that can optimize the feasibility of the two above objectives. Therefore, we don’t only get the TOD area that provides the maximum number of transit ridership, but also maximum property income value, which can offer a potential alternative source of funding for the investment of the development, operation, and maintenance of transportation infrastructure projects. The study uses a combination of quantitative and qualitative approaches through function analysis, linear programming, big data, Hedonic Price Modeling, Focus Group Discussion, and life cycle costing. The case study used is the TOD development project in the Jabodebek LRT line. The results showed that the increase of density in terms of the building’s gross floor area (GFA) and floor area ratio (KLB) could increase the value of the feasibility of the property business in TOD up to two times (200%). The optimization of floor area proportion of the development types such as apartments, offices, hotels, and commercial retail can increase the number of passengers about 10% higher than ideal conditions. The ridership and land value optimization model can increase the feasibility of the overall TOD project development up to 3 times from the existing conditions.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library