Found 2 Document(s) match with the query
Fatimatuzzahra
"Dalam industri maritim, khususnya industri perkapalan masih banyak yang menggunakan bahan bakar minyak secara masif. Hal ini menghasilkan polusi dalam jumlah besar pada atmosfer dan menjadi salah satu faktor utama terjadinya pemanasan global. Meningkatkan efisiensi energi pada kapal merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Perangkat Winged Air Induction Pipe (WAIP) yang digunakan, akan membuat gelembung-gelembung berukuran mikro untuk melapisi lunas kapal dengan menarik udara melalui pipa induksi oleh tekanan negatif yang dihasilkan oleh hidrofoil. Perbedaan penempatan foil juga akan memberikan hasil yang berbeda dari pengurangan tahanan yang akan dialami oleh pelat yang terletak setelah hidrofoil. Penelitian ini akan melihat perbedaan hasil pengurangan tahanan yang disebabkan oleh variasi sudut serang dan panjang chord yang berbeda pada foil NACA 653-618. Salah satu cara untuk melihat cara penyesuaian dan pengaturan tersebut dapat mempengaruhi hasil dengan menggunakan model k-ω SST (Shear Stress Transport) pada ANSYS 2-D fluent. Dengan menggunakan pengaturan ini diperoleh hasil sebesar 1,93% dengan membandingkan dengan studi eksperimental sebelumnya. Sudut serang pada hidrofoil yang dapat memberikan efisiensi paling besar bagi kapal. Dengan penelitian ini pengurangan tahanan dapat mencapai efisiensi sebesar 3% pada model kapal.
In marine industries, especially ship industry fuel oil is still being used massively. It produces a big amount of pollution to the atmosphere and becoming one of the main factors global warming is happening. Increasing the efficiency of the energy that is being used in the ship is one of the solutions to overcome the problem. One of those efficiency enhancer is Winged Air Induction Pipe (WAIP). This device will create micro-bubbles to coat the keel of the ship by pulling air through the induction pipe by the negative pressure produced by the hydrofoil. The different placement of the foil will also give different result of the drag reduction experienced by the plate located after the hydrofoil. This research sought the different result of the drag reduction caused by different variation of angle of attack and chord length of foil NACA 653-618. One of the ways to see how those customization and setup affect the result is by using k-ω SST (Shear Stress Transport) model in numerical simulation. By using this setup error on numerical results at 1.93% by comparing to previous experimental studies. In this research, we can see which angle of attack of hydrofoil that give most efficiency for the ship. The drag reduction in this research can give 3% of efficiency on the model of the ship."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Emir Raya Syuhada
"Dampak nyata dari terjadinya pemanasan global semakin terasa. Gelombang panas, kekeringan, kebakaran hutan, dan badai mengancam kehidupan manusia dan ekosistem di bumi. Dengan begitu, dibutuhkan suatu transisi dari kebergantungan pada penggunaan energi fosil menuju penggunaan energi terbarukan secara cepat. Penggunaan energi maritim adalah salah satu jenis energi yang dapat digunakan untuk mencapai target transisi tersebut. Hidrofoil adalah salah satu bagian dari sebuah turbin. Peran hidrofoil vital pada sebuah turbin. Khususnya turbin hidrokinetik berosilasi. Sehingga, dibutuhkan suatu desain hidrofoil yang optimal untuk turbin dapat bekerja secara optimal. Dengan begitu, penelitian ini ditujukan untuk merancang suatu metode optimasi yang dapat memberikan hasil desain hidrofoil optimal menggunakan algoritma genetika. Metode ini dirancang dengan melakukan sinkronisasi terhadap beberapa aplikasi atau sistem yaitu, openFoam, Gmsh, dan genetika algoritma. Seluruh sistem dikontrol pada sebuah lingkungan. Sehingga, proses optimasi dapat berjalan secara otomatis tanpa perlu banyak interfensi. Indicator atau fungsi objektif yang digunakan pada penelitian ini adalah mencari nilai maksimal daripada koefisien angkat terhadap koefisen hambat. Hasil dari penelitian ini terbilang sukses karena mendapatkan suatu bentuk hidrofoil yang mendekati optimal. Terjadi kenaikan sekitar 190% terhadap fungsi objektif pada airfoil yang telah dilakukan optimasi. Dengan begitu, metode ini berhasil memberikan suatu kenaikan fungsi objektif yang signifikan. Solusi dari metode ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan membantu pengembangan perancanga turbin hidrokinetik.
The tangible impacts of global warming are becoming increasingly evident. Heatwaves, droughts, wildfires, and storms threaten both human life and the Earth's ecosystems. This situation calls for a rapid transition from reliance on fossil fuels to the adoption of renewable energy sources. Marine energy is one promising alternative that can contribute to this energy transition. In hydrokinetic turbines, the hydrofoil is a critical component, especially in oscillating-type turbines. Therefore, it is essential to develop an optimized hydrofoil design to ensure optimal turbine performance. This research aims to develop an optimization method that produces optimal hydrofoil designs using a genetic algorithm. The method integrates several tools and systems, namely OpenFOAM, Gmsh, and a genetic algorithm, into a synchronized framework. All components are managed within a unified environment, allowing the optimization process to run automatically with minimal user intervention. The objective function used in this study is the maximization of the lift-to-drag coefficient ratio. The results of the study are considered successful, showing an approximate 190% increase in the objective function value for the optimized airfoil shape. This demonstrates that the proposed method significantly enhances the performance metric. The solution presented in this study is expected to contribute to the development and advancement of hydrokinetic turbine design."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library