Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Windayanti
"Perawat dituntut dapat menjadi figur yang dibutuhkan oleh pasiennya, dapat bersimpati kepada pasien, selalu menjaga perhatiannya, fokus, dan hangat kepada pasien (P.A. Parker & Kulik dalam Taylor, 1999). Banyaknya tanggung jawab dan tuntutan yang harus dijalani oleh perawat, menunjukkan bahwa profesi perawat rentan sekali mengalami burnout terhadap pekerjaannya. Burnout merupakan suatu kondisi penurunan energi mental atau fisik setelah periode stres kronik yang tidak sembuh-sembuh berkaitan dengan pekerjaan, terkadang dicirikan dengan pekerjaan atau dengan penyakit fisik (Perry & Potter, 2005).
Burnout menurut Maslach dan Jackson (dalam Sarafino, 2002) memiliki tiga komponen, yaitu emotional exhaustion, depersonalization, dan perceive inadequacy of professional accomplishment. Burnout bersumber dari lingkungan kerja dan individu (Caputo, 1991). Lingkungan kerja dalam hal ini adalah lingkungan rumah sakit yang terbagi atas status yang berbeda yaitu rumah sakit pemerintah dan swasta yang dapat membuat perawat cenderung mengalami burnout.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan accidental sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Subjek penelitian berjumlah 160 orang perawat dari empat rumah sakit, yang terdiri dari 80 orang perawat rumah sakit pemerintah dan 80 perawat rumah sakit swasta.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada dimensi emotional exhaustion diperoleh t-hitung sebesar 0,842; p>0,05, pada dimensi depersonalization diperoleh t-hitung sebesar 1,139; p>0,05, dan pada dimensi perceived inadequacy of professional accomplishment diperoleh t-hitung sebesar 1,567; p>0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada perawat rumah sakit pemerintah dan perawat rumah sakit swasta terhadap dimensi burnout.

The nurse is claimed be able to be a figure who be needed by her patient, can to be sympathy to patient, always keep her attention, focus and hospitality to her patient (PA Parker and Kulik in Taylor 1999). There are so many responsibility and claim that be run by the nurse, show that the profession of nurse is very easy in getting burnout to her job. Burnout is mental or physic creasing condition after chronic stress period which can not treatment related to the job, sometime be classified with the job or with physic disease (Perry & Potter, 2005).
According to Maslach and Jackson (in safarino), burnout have three component namely emotional exhaustion, depersonalization and perceive inadequacy of professional accomplishment. The sources job environment and individual (Caputo, 1991) In this matter talking about the job environment is the hospital environment that consist of different status, namely government hospital and private hospital that can make the nurse tends to get burnout.
The research is done by using quantitative approach and accidental sampling as sample intake technique. Research subject is about 160 nurses from four hospitals, which consist of 80 nurses of government hospital and 80 nurses of private hospital.
This result of research show that emotional exhaustion is taken t-account is about 0,842; p>0,05, in depersonalization dimension is taken t- account is about 1, 139 p> 0,05 and in perceived inadequacy of professional accomplishment is taken t-account is about 1,567; p>0,05. This matter show that there are not significant differences in the nurse if government hospital and private hospital to burnout dimension."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rozali Sukamto
"Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2000 tentang Perusahaan Jawatan (Perjan), diterbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 116-128 tahun 2000 tentang pendirian 13 rumah sakit menjadi Perusahaan Jawatan. Dasar pertimbangan perubahan status rumah sakit dari unit pelaksana teknis Departemen Kesehatan atau Instansi Pengguna Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) menjadi Perjan adalah dalam upaya meningkatkan daya saing dibidang pelayanan kesehatan pada era globalisasi dan guna kelancaran dan terjaminnya pelaksanaan pengelolaan rumah sakit secara ekonomis serta diperolehnya manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.
Perubahan status rumah sakit dan instansi pengguna PNBP menjadi Perjan mengundang perbedaan persepsi bagi seseorang atau sekelompok orang, menimbulkan perbedaan pendapat dari berbagai kalangan baik pejabat Depkes maupun rumah sakit juga kalangan ilmuwan.
Dengan alasan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap perbedaan persepsi/pendapat dengan melakukan penelitian pada kelompok manajemen keuangan di RSUP Fatmawati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang persepsi kelompok manajemen keuangan RSUP Fatmawati terhadap perubahan status dari instansi pengguna PNBP menjadi Perjan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan 10 informan yang terdiri dari manajemen puncak, menengah dan operasional yang bertindak sebagai subjek dan objek dari perubahan status.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya informan setuju terhadap perubahan status, namun diperlukan persiapan dan sosialisasi terhadap karyawan tentang Perjan mengenai kebijakan, struktur organisasi serta perencanaan anggaran dan laporan keuangan.
Peneliti berkesimpulan bahwa untuk perubahan status menjadi Perjan rumah sakit harus merubah paradigma, kebijakan dan struktur organisasi, kultur pegawai serta sistem pengelolaan keuangan.
Peneliti menyarankan agar dalam perubahan status menjadi Perjan perlu dilakukan perubahan visi dan misi sehingga mampu mamanuhi kepuasan pelanggan dan dapat memenuhi misi pemerintah dalam pemenuhan pelayanan kesehatan, budaya kerja mencerminkan corporate culture dengan menggabungkan sifat pegawai dengan misi organisasi rumah sakit, perlu perubahan sistim akutansi serta perlu adanya strategi perubahan kearah terbentuknya pengelolaan secara profesional.

Perception of Financial Management Group towards Modification of Hospital's Status from a Recipient of Non Tax State Fund Institution into Jawatan Company 2001Referring to Government Regulation no. 6, 2000, about Jawatan Company (Perjan), a Government Regulation no. 116-128, 2000 was issued on the establishment of 13 hospitals to become Perusahaan Jawatan. The rational of modifying the status of hospitals from technical implementation unit or Instansi Pengguna Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) into Perjan was in the attempt to improve the services for having better capacity towards globalization era. Furthermore, this is also to ensure an economical hospital management as well as to provide best services to community.
The conversion of hospital's status from PNBP into Perjan has triggered different perception either from individuals or group of people, resulted different opinions among Health Ministry officials, hospital personnel as well as scientists.
Based on the above situation the researcher was interested to search for the difference among various perception/opinion by conducting research to the division of financial management at Public Hospital Fatmawati.
Objective of this research was to gain information on different perception within the group of financial management at Public Hospital Fatmawati with regard to conversion of status from PNBP into Perjan.
The research was applying qualitative approach of which the data was collected through in-depth interview from 10 respondents consisting of high and medium level management and operation who are subject and object of the modification of status.
The data showed that the respondents were aware and agreed on the modification of status, however they consider the need for preparing the change and dissemination issues regarding Perjan covering the policy, the organization structure as well as budget allocation and financial report
The researcher concluded that for changing the status into Perjan, the hospital should adapt the paradigm, policy and organization structure, staff culture and system for financial management.
The researcher recommended that for changing the status into Perjan requires adaptation of vision and mission who could fulfill clients satisfaction in providing health services, reflect corporate culture by combining character of staffs with hospitals' mission, lead towards professional management through adaptation of accounting system."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2001
T7836
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library