Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Prasetyo Kadarisman
"
ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk mengetahui pola assessment dilakukan RZ untuk dapat menggali kebutuhan dari penerima manfaat dari sekolah juara dan agar program sekolah juara dapat menyasar ke penerima manfaat yang tepat. Assessment di organisasi berbasis agama biasanya tidak dilakukan dan hanya bergantung pada permintaan donatur. Namun, hal ini tidak dilakukan RZ. RZ melakukan assessment program sekolah juara langsung ke lapangan untuk melihat kebutuhan masyarakat dan siapa saja yang tepat menerima manfaat tersebut. Tulisan ini meneliti bagaimana pola assessment wilayah, calon siswa dan tenaga pengajar dalam menggali kebutuhan dari penerima manfaat sekolah juara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumen yang dianalisa untuk direduksi, disaji dan memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa RZ menggunakan beberapa tahapan dalam menjalankan pola assessment. Dalam assessment wilayah, RZ mengumpulkan data wilayah dan mengujinya dengan turun ke lapangan. Dalam assessment calon siswa, RZ melakukan tahapan sosialisasi, pendaftaran, seleksi administrasi, survey dan wawancara orang tua dan siswa. Dalam assessment tenaga pengajar, RZ melakukan rekrutment dan seleksi untuk calon guru bagi sekolah juara.
ABSTRACTThe objective of the research is to find out the assessment pattern conducted by RZ to explore the needs of the beneficiaries of sekolah juara. Assessment in faith based organizations is usually not done and depends only on donor demand. However, this is not done by RZ. RZ conducts assessment of sekolah juara directly to the field to see the needs of the community and beneficiaries. This paper examines how the assessment patterns of areas, prospective students and teachers in exploring the needs of beneficiaries of sekolah juara. This research uses descriptive qualitative research. The results of the study found that RZ used several stages to run an assessment pattern. In regional assessment, the RZ collects regional data and tests it down into the field. In the assessment of prospective students, RZ performs socialization, registration, administration selection, survey and parent and student interviews. In the assessment of teachers, RZ perform recruitment and selection for prospective teachers for the sekolah juara. "
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yossi Ahmad Falah
"
ABSTRAKTesis ini membahas Perencanaan Strategis, Monitoring dan Evaluasi dalam Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren/Madrasah oleh YBM-BRI Studi Kasus pada Pondok Pesantren Al-Wutsqo, Depok . YBM-BRI melakukan beberapa tahapan proses perencanaan strategis akan tetapi tidak menghasilkan dokumen perencanaan strategis yang terpadu, padahal sebagai sebuah Organisasi Pelayanan Manusia Human Service Organisation/HSO hendaknya sudah memiliki dokumen perencanaan strategis. Monitoring dan Evaluasi sudah dilengkapi dengan instrumen yang lengkap dan berfungsi sebagai alat evaluasi bagi keberlanjutan program. YBM-BRI berintegrasi secara program dan bekerjasama dengan Kementerian/Lembaga dalam proses perencanaan dan implementasinya.
ABSTRACTThe focus of this study is Strategic Planning, Monitoring and Evaluation in Integration Based Empowerment Program Pesantren Madrasah by YBM BRI with a case study in Pondok Pesantren Al Wutsqo, Depok. YBM BRI has conducted several stages of the strategic planning process but will not produce a unified strategic planning document, but as an Human Service Organisation HSO should already have a strategic planning document. Monitoring and Evaluation is equipped with a complete instrument and serves as an evaluation tool for the sustainability of the program. YBM BRI integrate the program and cooperation with the Ministry Agency in the process of planning and implementation."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library