Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Yogyakarta: Unit Informasi Inovasi Proses Pembelajaran (UI2P2) UGM, 2004
LGM 1:1 (2004)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Boy Subirosa Sabarguna
Depok: UI Publishing, 2019
371.3 BOY p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Tampubolon, Rudy Franclin
"Tesis ini dibuat berangkat dari ketertarikan penulis terhadap agenda artikel riset empiris The Impact of Entrepreneural Leadership on Innovation Management and Its Measurement Validation (Fontana dan Musa, 2017). Salah satu temuan yang disampaikan dalam artikel tersebut adalah tidak ada hubungan signifikan antara Proses Inovasi dan Kinerja Inovasi. Riset itu menggarisbawahi peran manajemen inovasi dalam menentukan hubungan positif antara proses dan kinerja inovasi. Penulis bermaksud mengeksplorasi faktor lain yang dapat memediasi hubungan antara Proses Inovasi dan Kinerja Inovasi. Dengan menggunakan metode kuantitatif SEM-PLS, peneliti melakukan survei terhadap 100 pucuk pimpinan dari 60 perusahaan non Keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Organisasi pada level tim merupakan salah satu faktor yang dapat memediasi hubungan antara Proses Inovasi dan Kinerja Inovasi. Hasil lain yang diperoleh adalah adanya hubungan langsung antara Proses dan Kinerja Inovasi pada perusahaan non Keuangan, sehingga dapat diidentifikasi dengan jelas kontribusi manajemen inovasi terhadap kemampuan daya saing perusahaan.
This thesis was made based on the author's interest in the agenda of the empirical research article The Impact of Entrepreneurial Leadership on Innovation Management and Its Measurement Validation (Fontana and Musa, 2017). One of the findings presented in the article is that there is no significant relationship between the Innovation Process and Innovation Performance. The research underlines the role of innovation management in determining the positive relationship between innovation processes and performance. The author intends to explore other factor that can mediate the relationship between the Innovation Process and Innovation Performance. Using the SEM-PLS method, researcher conducted a survey of 100 leaders from 60 non financial companies. The results showed that Organizational Learning at the team level is one of the factors that can mediate the relationship between the Innovation Process and Innovation Performance. Another result obtained is the existence of a direct relationship between the Process and Performance of Innovation in non-financial companies, so it can be clearly identified the contribution of innovation management to the company's competitiveness."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T54832
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Kusnandar
"Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan pola umum pengelolaan dan pemanfaatan pusat sumber belajar (PSB) digital atau berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sekolah. Adapun permasalahan penelitian ini adalah: 1) bagaimana ketersediaan dan kondisi secara umum PSB di sekolah; 2) bagaimana pola pengelolaan dan pemanfaatan PSB di sekolah; dan 3) bagaimana implementasi PSB dalam pengembangan inovasi pembelajaran berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui survei online, yang dilanjutkan dengan pendalaman data melalui testimoni tertulis. Responden adalah peserta bimbingan teknis (bimtek) PSB kelas daring sebanyak 279 orang. Pengumpulan data dilaksanakan pada Februari sampai dengan Mei 2020. Teknik analisis data menggunakan statistik perbandingan, yang kemudian dilakukan pendalaman data melalui testimoni tertulis dari responden. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan penting, yaitu: 1) sebagian besar sekolah belum memiliki fasilitas PSB yang memadai, bahkan terdapat 20% responden yang menjawab bahwa sekolahnya belum memiliki layanan PSB; 2) pada sebagian sekolah yang telah memiliki layanan PSB, terdapat empat pola pengelolaan, yaitu a) perangkat berpindah, b) kelas berpindah, c) kelas berjaringan lokal, d) PSB terkoneksi internet; dan 3) implementasi PSB dalam pengembangan inovasi pembelajaran telah terjadi walaupun masih pada jumlah yang terbatas. Perlu dilakukan penelitian pengembangan lanjutan sekaligus percepatan tumbuhnya ketersediaan PSB di sekolah. Sosialisasi, pelatihan, bimtek, serta dukungan kebijakan dalam rangka mendorong pemanfaatan PSB digital untuk mengembangkan inovasi pembelajaran masih harus dilakukan secara terus-menerus."
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2022
371 TEKNODIK 26:1 (2022)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library