Ditemukan 29 dokumen yang sesuai dengan query
Olivia Kartika
Abstrak :
Aircraft Landing Problem (ALP) merupakan suatu masalah yang membahas mengenai jadwal pendaratan pesawat agar setiap pesawat mendarat pada waktu dan landasan yang telah ditetapkan guna meminimumkan biaya. Saat pesawat ingin mendarat di bandara tujuan, maka setiap pesawat akan diberitahukan waktu target pesawat tersebut harus mendarat. Namun, terkadang pesawat mendarat tidak pada waktu target yang telah ditetapkan sehingga menimbulkan kekacauan pada bandara. Oleh sebab itu, bandara akan mengenakan biaya penalti pada maskapai saat pesawat mendarat sebelum atau setelah waktu target. Tujuan dari pembahasan masalah ALP ini adalah guna meminimumkan biaya. Dalam menyelesaikan masalah ALP, diperhatikan pula kategori pesawat untuk mengetahui jarak aman pemisahan pesawat yang akan mendarat secara berurutan. Kemudian, jarak aman pemisahan tersebut dikonversi menjadi waktu pemisahan (separation time). Metode penyelesaian yang akan digunakan berlandaskan pada matriks waktu pemisahan dan diskritisasi waktu (time discretization). Lalu, dengan menjalankan algoritma dynamic constraint generation untuk mendapatkan solusi eksak.
Aircraft Landing Problem (ALP) is a problem of finding the preferred landing time and the assigned runway which minimize the cost. When a plane is going to land in the destined airport, the pilot will be notified to do the landing in the targeted time. However sometimes the plane are not able to land in the targeted time which will negatively impact the airport?s scheduling system. Therefore, the airport will charge a penalty to the airlines that land before or after the target time. The aim of this problem is to minimize the cost of penalty. One should consider the plane?s category to find the time separation of planes that will be landing consecutively. Then the separation distance will be converted to separation time. This problem will be modeled and solved with time discretization approach using separation time matrix. Then, by running dynamic constraint generation algorithm, the exact solution is found.
2016
S62594
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Purba, Mellianna Fiannita Christiani
Abstrak :
Indonesia sebagai negara kepulauan sangat bergantung pada logistik berbasis maritim sebagai tulang punggung pengangkutan barang dan transportasi. Namun performa logistik Indonesia masih rendah. Biaya logistik di Indonesia pun tinggi. Perusahaan pelayaran tentunya ingin mendapat profit yang maksimal. Perancangan jaringan logistik maritim berguna bagi perusahaan dalam pengembangan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang jaringan logistik maritim bagi perusahaan pelayaran demi mendapatkan keuntungan yang maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Integer Programming.
......
Indonesia as an archipelago country is dependent to maritime logistics on transporting goods and transportation. However, the performance of Indonesia?s logistic is still poor. The cost of logistics is also very high. Shipping company surely will strive to gain maximum profit. Designing maritime logistic network is crucial for shipping company on developing their business. The objective of this research is to design a maritime logistic network for shipping company in order to gain maximum profit. The method that is used in this research is mixed integer programming.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63317
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Johnson, Ellis L.
Abstrak :
This monograph considers pure integer programming problems which concern packing, partitioning or covering. For this class of problems, an algorithmic framework using a duality approach is offered. Furthermore, the author proposes for the first time a general framework for both packing and covering problems characterizing the convex whole of integer solutions.
Philadelphia: Society for Industrial and Applied Mathematics, 1994
e20450562
eBooks Universitas Indonesia Library
Rifqi Putra Fadillah
Abstrak :
Transshipment merupakan salah satu bagian dari aktivitas logistic. Proses transshipment merupakan sebuah proses pengiriman barang dari suatu lokasi ke tempat tujuan yang lain melalui jalur darat, laut, dan udara. Proses transshipment tidak selalu hanya berada di satu jalur, namun dapat dikombinasikan dengan jalur yang lain. Salah satu fenomena transshipment yang terjadi di Indonesia adalah kegiatan bongkar muat batubara oleh PT. Adaro Logistic di laut lepas dengan menggunakan floating crane. Fenomena ini termasuk fenoma yang jarang ditemui dalam proses transshipment batubara, khususnya proses yang terjadi di Indonesia karena melakukan bongkar muat batubara di laut lepas. Terdapat masalah yang ditemui pada proses transshipment ini yaitu kurang nya penelitian mengenai proses transshipment batubara di laut lepas dengan menggunakan floating crane.
Kebanyakan penelitian dan literatur hanya membahas mengenai proses bongkar muat kargo di pelabuhan. Hal ini menyebabkan terjadinya gap penelitian. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model optimasi alokasi floating crane yang didasari oleh model optimasi crane pelabuhan sehingga diperoleh hasil yang mendekati fenomena sebenarnya yang dapat dijadikan bahan evaluasi dalam peningkatan produktivitas loading floating crane. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Integer Programming MIP.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model transshipment batubara untuk alokasi floating crane. Pada model tersebut dapat diketahui bahwa produktivitas floating crane dapat ditingkatkan sampai pemuatan maksimal 3 hari.
......Transshipment is one part of logistic activity. Transshipment process is a process delivery of goods from one location to another destination by land, sea, and air. Transshipment process is not always only in one lane, but can be combined with another path. One of the transshipment phenomena occurring in Indonesia is coal loading and unloading activities by PT. Adaro Logistic on the high seas by using floating cranes. This phenomenon includes a phenomenon that is rarely encountered in the coal transshipment process, especially the process that occurs in Indonesia due to loading and unloading coal in the open seas. There is a problem encountered in this transshipment process that is lack of research on transshipment process of coal in the high seas by using floating crane.
Most research and literature only deals with the loading and unloading of cargo at ports. This led to a research gap. Therefore, this research is aimed to develop floating cation allocation optimization model which is based on crane optimization model so that the result is close to actual phenomenon which can be used as evaluation material in increasing floating crane loading productivity. The method used in this research is Mixed Integer Programming MIP.
Based on the result of research, we get coal transshipment model for floating crane allocation. In the model can be seen that floating crane productivity can be increased until the maximum loading of 3 days.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48136
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ersal Fahrul Yoserizal
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pasokan produk anyaman pandan pada lembaga third party logistic 3PL di Kabupaten Kebumen. Tidak adanya pertimbangan mengenai kapasitas pasokan dan kualitas produk dalam pemenuhan permintaan menyebabkan banyaknya produk yang diapkir reject oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk memilih pemasok yang paling optimal untuk memenuhi permintaan dari konsumen menggunakan metode Analytical Hierarchy Process AHP . Dari pemilihan pemasok itu didapatkan sebelas pemasok sebagai pemasok anyaman pandan paling optimal. Hasil pemilihan pemasok itu kemudian dijadikan masukan data untuk menentukan jadwal pasokan produk menggunakan metode Integer Programming. Jadwal yang didapatkan menunjukkan bahwa pasokan produk harus dilakukan setiap hari dengan pemasok yang berbeda-beda. Biaya yang dibutuhkan untuk hasil penjadwalan tersebut sebesar Rp.111.851.500,00. Hasil penjadwalan ini dapat dijadikan referensi jadwal untuk 3PL yang ada di Kabupaten Kebumen.
ABSTRACT
This research discuss product supply of pandanus handycraft in Third Party Logistic 3PL in Kebumen Regency. No consideration with supply capacity to satisfy customer rsquo s demand cause the rejection product by the customers high. This research selects the most optimum suppliers to satisfy customers rsquo demand with Analytical Hierarchy Process AHP method. From the supplier selection, it is obtained eleven suppliers as the best suppliers. The result of the selection are used as data input for planning a product supply schedule with Integer Programming method. The obtained schedule shows that the product have to be supplied every day by different suppliers. The cost needed for it is Rp.111.851.500,00 . This scheduling result can be an option to be implemented by the 3PL in Kebumen Regency.
2017
S66952
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Ilham Adelino
Abstrak :
ABSTRAK Perencanaan armada kereta adalah salah satu perencanaan untuk menyediakan jumlah ketersediaan kursi yang cukup untuk memenuhi jumlah penumpang dan meminimalkan biaya keseluruhan pada saat yang sama. Perencanaan tersebut untuk menentukan tipe kereta yang digunakan, komposisi sistem kepemilikan, dan jumlah rangkaian yang dibutuhkan. Masalah utama adalah keseimbangan dan optimalisasi antara keterbatasan anggaran, komposisi, dan jumlah rangkaian yang tepat untuk memenuhi jumlah penumpang di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan tipe terbaik dari kereta api berkecepatan tinggi dan jumlah rangkaian . Model optimisasi dikembangkan menggunakan
two-stage integer programming. Total tipe kereta api berkecepatan tinggi dalam penelitian ini adalah 16 tipe. Hasilnya adalah tipe kereta api kecepatan tinggi CRH380A dipilih sebagai tipe utama. Selanjutnya, jumlah rangkaian untuk tipe tersebut adalah 7 (tujuh) unit rangkaian 8-gerbong atau 56 gerbong yang terdiri dari 5 unit dengan sistem beli dan 2 unit dengan sistem sewa. Total biaya atas rangkaian tersebut adalah 11,7 triliun rupiah. Batasan penelitian ini adalah model optimasi hanya mempertimbangkan jumlah biaya. Pendapatan dan manfaat atas sarana dan prasarana perkeretaapian dapat dipertimbangkan untuk penelitian berikutnya
ABSTRACT Rolling stock planning is one of the strategic planning to provide sufficient number of seats capacity for ridership while minimizing total costs at the same time. The planning determines the options of purchasing system and the amount of rolling stock needed. The crucial problems are balancing and optimizing between limited investment costs and composition of rolling stock to meet the number of ridership in the future. The objectives of this study are determining the best type of the high-speed rail and compositions of purchasing system. The optimization models are developed using two-stage integer programming. Total types of high-speed rail in this study are 16 types. As results, it is determined that the best type of high-speed rail is CRH380A that manufactured by Sifang Locomotive as main type to select. Then, total units for this type are 7 units or 56 cars that consist of 5 units owned and 2 units leased. Expected total costs for the composition are around 11,7 trillion rupiahs. Limitation of this study is the optimization models only calculate expected total costs. Income and benefit may be considered for future research.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T51835
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Seto Banuwijoyo
Abstrak :
ABSTRAK
Sektor logistik maritim memiliki peran yang sangat penting di Indonesia karena hampir seluruh komoditi domestik dikirim melalui jalur laut. Negara Indonesia memiliki program untuk menyeimbangkan tingkat perekonomian dengan menyeimbangkan pengiriman kargo domestik antara wilayah bagian barat dan wilayah bagian timur. Karena sifat program ini non-komersil maka diperlukan suatu perancangan transportasi laut dengan tujuan minimasi biaya. Perancangan ini bertujuan menghasilkan suatu model rute pelayaran yaitu jenis LCT yang digunakan, rute yang dilewati dan jumlah kargo yang dikirim. Metode yang digunakan adalah Mixed Integer Programming dengan desain rute pelayaran adalah Butterfly Route dan disimulasikan dengan software Gurobi. Faktor yang mempengaruhi hasil perancangan adalah ketersediaan LCT, jarak antara pelabuhan dan jumlah kargo yang direncanakan
ABSTRACT
Maritime logistic sector has a important role in Indonesia, for almost all domenstic commodities shipped via maritime. Indonesia has a program to balance economic level by balancing domestic cargo shipments from westpart to the eastpart of the region. The non commercial program should be designed to planning with the aim to minimazing cost. These methode is to produce a model of the type of LCT type, shipping route, and the amount of cargo where shipping or transhipping. The methode uses Mixed Integer Programming with butterfly route design nad simulated with software Gurobi. Three main facotr where affecting the result is avaibality of the LCT, distance between the port, and cargo volume where shipped or transhipped.
2016
T46939
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mu'thi Abdillah
Abstrak :
Kegiatan produksi minyak dan gas di lepas pantai tidak dapat dilaksanakan tanpa peran penting dari workover rig barge lepas pantai (Offshore workover rig barge) sebagai alat utama yang digunakan dalam kegiatan operasi intervensi sumur minyak dan gas bumi. Biaya pemakaian peralatan ini menjadi salah satu komponen biaya terbesar dalam setiap kegiatan intervensi sumur tersebut yang bertujuan menjaga laju produksi minyak dan gas perusahaan. Setiap usaha untuk meminimalisasi biaya pemakaian operasi workover rig barge akan memberikan dampak yang signifikan terhadap biaya yang digunakan untuk setiap pekerjaan intervensi sumur. Dalam penelitian ini dilakukan proses optimalisasi terhadap offshore workover rig barge perusahaan CNOOC SES Ltd. Metode yang digunakan adalah mixed integer programming dengan terlebih dahulu memformulasikan model matematis dari operasi workover rig barge. Nilai variabel-variabel keputusan dari model matematis a diperoleh dengan bantuan perangkat lunak optimalisasi Lingo 17.0. Proses optimalisasi menghasilkan pengurangan biaya rata-rata pekerjaan intervensi sumur sebesar 3.59% atau setara dengan US$ 8,518.
......
The production activity of offshore oil and gas cannot be sustained without the vital role of offshore workover rig barge as a main tool that is used in oil and gas well intervention operation activity. Rental cost of this equipment is considered as one of the biggest cost components in every well intervention activity which has an objective to maintain company’s oil and gas production rate. Every effort to minimize the rental cost of workover rig barge operation will give significant effect on the cost that is used in every well intervention activity. The objective of this research is to optimize offshore workover rig barge operation in CNOOC SES Ltd. A mathematical model will be formulated prior to using the mixed integer programming as the usage methodology. The decision variables values of the mathematical model are computed by Lingo 17.0 optimization software. Optimization process deliver result of cost reduction of every well intervention average cost of 3.59% or about US$ 8,518.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rifa Afifa Nadiya
Abstrak :
Tindakan pencegahan Covid 19 telah berdampak besar di banyak industri karena arus pelanggan yang tertekan yang biasanya mendukung bisnis. Covid-19 juga berdampak serius pada ekonomi global dan rantai pasokan global, termasuk pengiriman global. Letak geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudera dan dua benua menjadikan wilayah laut Indonesia sebagai salah satu rute utama perdagangan dunia. Kondisi strategis Indonesia tidak diimbangi oleh rendahnya efisiensi logistik Indonesia. Makalah ini menghasilkan rekomendasi tentang rute logistik maritim Indonesia dan meningkatkannya untuk lebih mengeluarkan total biaya yang optimal. Perbaikan tersebut dicapai dengan menggunakan kombinasi rute yang belum dipertimbangkan dari penelitian sebelumnya. Masalahnya dimodelkan sebagai program bilangan bulat campuran dan Gurobi Optimization digunakan untuk menghasilkan solusi.
......Covid 19 precautions have had a major impact in many industries due to the depressed flow of customers who usually support businesses. Covid-19 also seriously impacts the global economy and global supply chains, including global shipping. Indonesia's geographical location flanked by two oceans and two continents makes Indonesia's sea area one of the main routes of world trade. Indonesia's strategic conditions are not offset by Indonesia's low logistics efficiency. This paper produces recommendations on Indonesia's maritime logistics routes and improves them to further incur optimal total costs. Such improvements are achieved using a combination of routes that have not been considered from previsious research. The problem is modeled as a mixed-integer program and Gurobi Optimization is used to generate the solution.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Erwin Meidya Ramadhan
Abstrak :
ABSTRAK
Faktor waktu dan biaya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan suatu proyek karena kedua factor tersebut menjadi tolak ukur keberhasilan proyek bila dilihat dari waktu penyelesaian tersingkat dengan biaya minimal tanpa mengabaikan hasil pekerjaan yang berkualitas, usaha untuk mengoptimalkan waktu dan biaya menjadi sangat penting. Untuk itu dilakukan optimasi perencanaan percepatan proyek menggunakan metode programa linier integer. Pada penelitian ini dilakukan optimasi tersebut dengan perangkat lunak lingo ver.11 kemudian penjadwalan tsb juga diselesaikan dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Project, ver 2016. Dari kedua penyelesaian tsb menggunakan perangkat lunak lingo dan Microsoft project memberikan hasil yang sama. Yang berarti M.S Project sebenarnya juga optimasi Program Linier Integer Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan metode programa linier integer dibantu software Microsoft Project 2016 yang diaplikasikan pada proyek pembangunan kampus ITERA dengan waktu 210 hari, dimulai dari bulan februari sampai bulan agustus 2017. Tahapan perencanaan meliputi kegiatan persiapan, pekerjaan struktur, dan pekerjaan arsitektur. Penelitian ini mengkaji tentang optimasi waktu dan biaya pada proyek tersebut. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data terbukti bahwa menggunakan software lingo 11 maka pekerjaan arsitektur dapat dipercepat dengan percepatan sekian hari kerja, dan kenaikan biaya biaya proyek sebesar Rp 75.960.000.
b>ABSTRACT<>br>
Project 39 s duration and cost are among important factors and measures for the project to be completed with quality. The two factors determine whether the project is timely and least cost to invest. Effort to optimize the project duration and cost can be implemented through carrying out the analysis using linear integer programming method through application of microsoft project 2016. In this research, optimization is done with software lingo ver.11 and then the problem also be solved by using software Microsoft Project, ver 2016. Of both software, lingo and Microsoft project give same result. Which means, beside optimization of Integer Linear Program we can also use Microsoft Project for the problem. The analisys was done for the said project in ITERA campus university, development by the Local Government of the city of Bandar Lampung. The project was started from February to August 2017. Planning of the project followed three stages including project preparation, structural works, and architectural works. The study was done to assess and optimize the project duration and cost. Result indicated that linear integer programming approach using Lingo 11, through microsoft project 2016 software, was successfully proved that structural working time can be speed up by 32 days, while cost will increased by Rp 75.960.000.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library