Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Brewer, Marilynn B., 1942-
Buckingham: Open University Press, 2003
302.3 BRE i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wildan Rusdaul Ulum
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap bias antarkelompok. Sebanyak tiga ratus empat puluh empat peserta, berusia 17 hingga 65 tahun berpartisipasi dalam penelitian online. Alat ukur, bias antarkelompok dan religiusitas digunakan untuk mengukur hubungan antara religiusitas dan bias antarkelompok. Hasil Analisis statistik dengan Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa religiusitas memiliki efek negatif yang signifikan terhadap bias antarkelompok. Sementara itu dimensi religiusitas Islam adalah prediktor terkuat dari sikap terhadap ateis dan Dimensi religiusitas ihsan adalah prediktor terkuat untuk kesadaran LGBT. Sehingga dapat disimpulkan bahwa religiusitas berpengaruh terhadap bias antarkelompok dengan Islam sebagai prediktor terkuat dari sikap terhadap ateis dan ihsan sebagai prediktor terkuat dari sikap terhadap LGBT. Karena itulah hasilnya Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk memahami fenomena tersebut bias antarkelompok. Kelompok sosial dan keanggotaan organisasi keagamaan harus dipertimbangkan pada penelitian selanjutnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas
tentang bias antarkelompok.

This study aims to determine the effect of religiosity on intergroup bias. A total of three hundred and forty-four participants, people aged 17 to 65 years in the online study. Measurement tools, intergroup bias and religiosity were used to measure the relationship between religiosity and intergroup bias. The results of statistical analysis with Multiple Linear Regression show that religiosity has a significant negative effect on intergroup bias. Meanwhile, the dimension of Islamic religiosity is the strongest predictor of attitudes towards atheism and the dimension of ihsan religiosity is the strongest predictor for LGBT awareness. So it can be denied that religiosity has an effect on intergroup bias with Islam as the strongest predictor of attitudes towards atheism and ihsan as the strongest predictor of LGBT attitudes. Due to this fact, the results are expected to become a reference for research to understand this phenomenon of intergroup bias. Social groups and organizational organizations should consider in future studies to get a clearer picture about bias between groups."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia , 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viviana Amerit
"Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh tingkat stigma consciousness dan sumber kritik terhadap respon penerimaan kritik (intergroup sensitivity effect). Stigma consciousness (SC) adalah gambaran seberapa jauh seseorang (perempuan) yakin bahwa status stereotip yang ada pada kelompoknya dapat mempengaruhi interaksinya dengan anggota outgroup (laki-laki). Sementara intergroup sensitivity effect (ISE) merupakan fenomena yang menggambarkan bahwa seseorang lebih menganggap positif kritik yang disampaikan oleh anggota ingroup, daripada anggota outgroup. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 104 orang mahasiswi dengan rata-rata usia 20 tahun. Partisipan dikategorisasikan berdasarkan tingkat SC tinggi atau rendah. Kemudian, dikelompokkan apakah mendapatkan kritik seksis dari anggota ingroup atau outgroup. Setelah terbagi menjadi empat kelompok, dilihat perbedaan mean pada masing-masing dimensi ISE (likeability, sensitivity, constructiveness, agreeableness, dan willingness to change). Tingkat SC diukur dengan menggunakan alat ukur SCQ (Stigma Consciousness Questionnaire) dan repon penerimaan kritik diukur dengan skala ISE. Berdasarkan perhitungan two-way analysis of variance, dibuktikan bahwa perbedaan tingkat SC tidak mempengaruhi ISE. Tetapi perbedaan sumber kritik terbukti mempengaruhi respon penerimaan kritik seperti likeability, sensitivity, constructiveness, dan willingness to change, tetapi tidak pada agreeableness. Selain itu, tidak terdapat interaksi antara perbedaan tingkat SC (tinggi atau rendah) dan sumber kritik (outgroup atau ingroup) terhadap respon penerimaan kritik (likeability, sensitivity, constructiveness, agreeableness, dan willingness to change).

This study aimed to examine the effect of stigma consciousness and source of critic on intergroup sensitivity effect. Stigma consciousness (SC) is the extent to which they (women) believe that the stereotype status about their gender group could affect their interaction with outgroup member (men). bitergroup sensitivity effect is a phenomena in which someone have more positive response about the critique that stem from ingroup than when the same critique are made by outgroup. In the current study, 104 college students participate with an average age of 20 years. They are categorized based on level of SC (high or low) and from whom they get the critique (ingroup or outgroup). The researcher look for mean differences between ISE in likeability, sensitivity, constructiveness, agreeableness, and willingness to change, based on four level of SC and source of critics. The level of SC is measured by SCQ (Stigma Consciousness Questionnaire) and the response to criticism is measured by ISE scale. Based on two-way analysis of variance, it is proved that SC level have no effect on ISE. Meanwhile, the source of critic do affect response to criticism in its likeability, sensitivity, constructiveness, and willingness to change, but not in agreeableness. Furthermore, there is no interaction between the difference of SC level and source of critic on ISE, whether its likeability, sensitivity, constructiveness, agreeableness, or willingness to change."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
S3571
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fina Febriani
"Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan antara identifikasi sosial dan perilaku memaafkan dalam konteks hubungan antarkelompok agama sekaligus melihat kemungkinan adanya bias antarkelompok (intergroup bias) pada perilaku memaafkan. Pengukuran identifikasi sosial menggunakan alat ukur Leach dkk. (2008) dan pengukuran perilaku memaafkan menggunakan alat ukur Rye dkk. (2001). Penelitian ini dilakukan pada 90 partisipan Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kontribusi identifikasi sosial pada perilaku memaafkan terhadap Muslim dan perilaku memaafkan terhadap non-Muslim.

This study is conducted to find the correlation between social identification and forgiveness in intergroup relationship context and to see the possibility of intergroup bias in intergroup forgiveness. Social identification is measured using the instrument constructed by Leach et al. (2008) and forgiveness is measured using the modification instrument constructed by Rye et al. (2001). The participants of this study are 90 Muslims. The results show that in general, there is no difference between contribution of social identification to forgiveness toward Muslim and forgiveness toward non-Muslims."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Azkiah Nurfiana
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh sumber kritik terhadap respons penerimaan kritik, ketika kritik berasal dari ingroup dibandingkan ketika kritik tersebut berasal dari outgroup. Penelitian ini juga ingin mengetahui perbedaan pengaruh stereotip etnis target terhadap respons dalam menerima kritik, ketika kritik yang disampaikan ditujukan langsung kepada kelompok, dibandingkan ketika ditujukan kepada individu yang merupakan bagian dari kelompok yang dilihat dari beberapa dimensi pengukuran intergroup sensitivity effect.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan respons penerimaan kritik berdasarkan sumber kritik pada dimensi likeability, agreement, dan jarak sosial. Dan, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap respons penerimaan kritik berdasarkan stereotip etnis target pada dimensi likeability, constructiveness, dan negativity.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kritik yang berasal dari outgroup mendapat respon lebih sensitif dari kritik yang diberikan oleh ingroup untuk dimensi likeability, constructiveness, agreement, need for reform, dan jarak sosial. Dan, kritik yang ditujukan kepada kelompok mendapat respons yang lebih sensitif dibandingkan dengan kritik yang ditujukan kepada individu yang merupakan bagian dari kelompok pada dimensi likeability dan jarak sosial.

This study examined the differences in the effect of sources of criticism to the response in accepting criticism when the criticism comes from ingroup than when it derived from outgroup. This study would also like to know the differences in the effect of ethnic stereotypes to the response against the target of criticism, when the criticism were addresed directly to the intended group, compared when it was addressed to an individual who was part of the group which is seen from several dimensions of measurement of intergroup sensitivity effect.
These findings show that, there is a significant difference of main effect on the response acceptance of criticism based on the sources of criticism on likeability, agreement, and social distance dimension. And, there is a significant difference of main effect on the response acceptance of criticism based on the target ethnic stereotype on likeability, constructiveness, and negativity dimension.
The results also show that criticism from outgroup received more sensitive response from criticisms given by ingroups for likeability, constructiveness, agreement, need for reform, and social distance dimensions. And, critics addressed to the group received more sensitive response compared when it was addressed to an individual who was part of the group on likeability and social distances dimension.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T47980
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cahyaning Widhyastuti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran audience dan kompetisi antar kelompok sebagai variabel moderator dalam memengaruhi hubungan antara identifikasi kolektif dan ingroup criticism. Partisipan penelitian berjumlah 182 anggota Aremania (159 laki-laki), kelompok suporter klub sepak bola Arema, dengan rentang usia 14-42 tahun. Analisis data untuk menguji pengaruh moderasi menggunakan Process MACRO model 2 yang dikembangkan oleh Hayes dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi identifikasi kolektif baik dengan audience maupun dengan kompetisi antar kelompok, sehingga dapat dikatakan bahwa audience dan kompetisi antar kelompok dalam penelitian ini tidak mempengaruhi hubungan antara identifikasi kolektif dengan ingroup criticism. Namun ketika audience dan kompetisi antar kelompok  muncul bersamaan ditemukan hasil yang signifikan pada kondisi audience outgroup dan terdapat kompetisi antar kelompok, artinya partisipan dengan identifikasi kolektif tinggi akan semakin banyak menuliskan kritik terhadap ingroup ketika mengetahui bahwa kritik yang ditulis akan dibaca oleh outgroup dan kondisi ada kompetisi antar kelompok yang muncul.

The purpose of this study is to determine the moderating role of audience and intergroup competition in the relationship between collective identification and ingroup criticism. The participants of this study were 182 Aremanias (159 men), Arema fans club, with ages between 14-42 years. The data analysis used to test the moderation effect using Hayes’ PROCESS Macro model 2 on SPSS program. The results revealed that there was no interaction between collective identification with the audience and intergroup competition, it can be said that the audience and intergroup competition in this study did not affect the relationship between collective identification and ingroup criticism. However, when audience and intergroup competition appear together, significant results are found in the outgroup audience conditions and there is intergroup competition. It means that participants with high collective identification will write more ingroup criticism when they know that the criticism will be read by outgroup and there is intergroup competition."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T52007
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risna Febriani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keanggotaan kelompok dan konten kritik terhadap intergroup sensitivity effect (ISE) yang dimoderatori oleh status sosial sumber kritik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 (keanggotaan kelompok: ingroup vs outgroup) × 2 (konten kritik: fakta vs opini) × 2 (status sosial: status sosial tinggi vs status sosial rendah) dengan between subjects design. Target kritik adalah mahasiswa Universitas Indonesia. Isi kritik berkaitan dengan kurangnya fasilitas yang terdapat di Universitas Indonesia. Sumber kritik ingroup adalah pimpinan eksekutif dan staf Universitas Indonesia, sementara sumber kritik outgroup adalah pimpinan eksekutif dan staf Universitas Gadjah Mada. Status sosial sebagai moderator divariasi berdasarkan jabatan di universitas. ISE diukur melalui evaluasi kritik dan persepsi ancaman. Alat ukur yang digunakan untuk evaluasi terhadap kritik adalah adaptasi kuesioner dari Hornsey, Oppes, dan Imani (2002) dengan Khoo dan See (2014) (a = 0,917), sementara alat ukur untuk persepsi ancaman diadaptasi dari Khoo dan See (2014) (a = 0,776). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 400 orang. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) karena penelitian ini memiliki dua variabel dependen. Berdasarkan hasil perhitungan MANOVA, hanya keanggotaan kelompok yang terkonfirmasi menjadi prediktor dalam menimbulkan perbedaan respons pada ISE, baik evaluasi terhadap kritik maupun persepsi ancaman; sementara konten kritik dan status sosial serta interaksi ketiganya tidak menimbulkan perbedaan pada evaluasi terhadap kritik maupun persepsi ancaman pada masing-masing kelompok penelitian.

This study aims to determine the effect of group membership and critical content on the intergroup sensitivity effect (ISE) which is moderated by the social status of the source of criticism. This research is an experimental research with factorial design 2 (group membership: ingroup vs. outgroup) × 2 (critical content: fact vs. opinion) × 2 (social status: high social status vs. low social status) with between subjects design. The target of criticism was students at the University of Indonesia. The contents of the criticism about the lack of facilities at the University of Indonesia. The source of ingroup criticism was the chief executive and staff of the University of Indonesia, while the source of outgroup criticism was the chief executive and staff of Gadjah Mada University. Social status as a moderator is varied based on position at the university. ISE is measured with critic evaluation and perceived threat. The measuring instrument used for critic evaluation was an adaptation of a questionnaire from Hornsey, Oppes, and Imani (2002) and Khoo and See (2014) (a = 0.917), while a measure for perceived threat was adapted from Khoo and See (2014) (a = 0.776). The participants in this study is 400 people. The data analysis used is Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) because this study has two dependent variables. Based on the results of the MANOVA calculation, only group membership confirmed to be a predictor in causing differences in response to the ISE, both critic evaluation and perceived threat; while the critical content and social status and interaction of the three variable did not cause a difference in the critic evluation and perceived threat in each research group."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53407
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cambridge: Cambridge University Press, 2016
302.3 COM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Whinda Yustisia
"Past studies indicate that the effect of intergroup contact on outgroup attitude is not isolated to contextual factors. One of the contextual factors that has begun to be studied is group norm. However, group norm in these studies is still merely conceptualized as the perception of how ingroup members evaluate outgroup members. In fact, according to norm focus theory, in a given context, individuals are influenced, at least, by two types of group norms, namely injunctive norms (i.e., what most people morally accept to do) and descriptive norms (i.e., what most people do). To fill the gap, present studies attempt to answer the question of how two types of group norms might have different effects on the relationship of intergroup contact and outgroup attitude. Built on past studies, it was hypothesized that both quality (H1) and quantity (H2) of cross-group friendship would positively affect outgroup attitude. Further, built on the fact that the nature of attitude in present studies is more utilitarian than hedonic, it was predicted that injunctive norms would be more likely to function as moderator in the effect of cross-group friendship on outgroup attitude, either in dimensions of quality (H3) or quantity (H4). 110 Muslim students were recruited as participants and asked to fill in a self-report questionnaire regarding their interactions with Christians. The findings partly support the hypotheses.

Studi terdahulu menunjukkan bahwa efek kontak antarkelompok pada sikap terhadap outgroup tidak terisolasi faktor kontekstual. Salah satu faktor kontesktual yang mendapatkan perhatian cukup luas pada penelitian sebelumnya adalah norma kelompok. Namun, norma kelompok pada penelitian terdahulu masih semata-mata dikonseptualisasikan sebagai persepsi bagaimana anggota ingroup mengevaluasi anggota outgroup. Padahal, menurut teori norm focus, dalam konteks tertentu, individu dipengaruhi setidaknya oleh dua jenis norma kelompok, yaitu norma injunktif (apa yang kebanyakan orang secara moral terima untuk dilakukan) dan norma deskriptif (apa yang kebanyakan orang benar-benar lakukan). Untuk mengisi kesenjangan pemahaman tentang efek dua jenis norma kelompok tersebut dalam hubungan kontak antar kelompok dan sikap pada outgroup, penelitian ini dilakukan. Hipotesis penelitian ini adalah baik kualitas (H1) dan kuantitas (H2) kontak pertemanan antar kelompok akan mempengaruhi sikap outgroup. Lebih jauh, bergerak dari karakteristik sikap dalam penelitian ini lebih bersifat utilitarian daripada hedonis, diprediksi bahwa norma injunktif akan lebih cenderung berfungsi sebagai moderator dalam efek kontak pertemanan antar kelompok terhadap sikap pada outgroup, baik dalam dimensi kualitas (H3) atau kuantitas (H4). Seratus sepuluh mahasiswa Muslim direkrut sebagai peserta dan diminta untuk mengisi kuesioner laporan diri mengenai interaksi mereka dengan orang-orang Kristen. Temuan sebagian mendukung hipotesis."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Amarina Ashar Ariyanto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena persepsi antar kelompok, khususnya fenomena bias antar kelompok pada pengguna jalan di Jakarta. Bias antar kelompok adalah kecenderungan untuk mempersepsi, mengutamakan dan memperlakukan kelompok sendiri (ingroup) secara lebih baik dibandingkan kelompok lain (outgroup). Partisipan penelitian ini adalah 360 pengguna jalan, terdiri dari pengemudi kendaraan pribadi (N= 45), pengemudi motor (N= 51), pengemudi kendaraan umum (N= 50), polisi lalu lintas (N= 54), pejalan kaki (N= 49), pedagang kaki lima (N= 58) dan satuan pengaman pasar atau satpol PP (N= 58). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (tujuh versi kuesioner), dan bias antar kelompok yang terjadi digali melalui tiga macam cara, yaitu bias persepsi antar kelompok, bias atribusi, dan alokasi sumber daya antar kelompok. Temuan studi menunjukkan adanya kecenderungan bias persepsi yang bervariasi antar kelompok pengguna jalan raya, baik dalam bentuk bias persepsi, bias atribusi maupun alokasi sumber daya. Bias yang sangat kuat untuk atribusi terhadap tingkah laku yang positif terlihat pada pengendara motor, pengendara kendaraan umum, dan pedagang kaki lima. Untuk tingkah laku negatif terdapat bias pada semua kelompok penelitian. Bias persepsi juga terdapat pada semua kelompok penelitian, demikian pula dengan alokasi sumber daya.

The goal of this study is to examine intergroup bias among people who use roads in Jakarta. Intergroup bias refers to the tendency to prioritize, treat and perceive in-group members more favorable than out-groups. Three different groups of road users participated in this study: private drivers, motor riders, and public transportation drivers. Intergroup bias is measured as perception bias and attribution bias. The findings show that both forms of bias occur among the road users. Intergroup attribution bias that is found among the three groups are more in-group than out-group attribution bias. The private car drivers, motor riders, and public transportation drivers tend to attribute positive behavior of in-group to internal factor and negative behavior of in-group to external factors. Index of effect size in perception bias indicates substantive levels and represents large effect in the population."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2011
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>