Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Gemala Citra
Abstrak :
Proses interaksi komunikasi dua pihak (diadik) yang terjadi dalam transaksi pembelian di usaha ritel menarik untuk dikaji. Proses komunikasi yang diteliti
adalah yang terjadi antara salesperson dan konsumen di Central Department Store. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara lima orang responden dari Department Store Manager dan salesperson. Hasil observasi lapangan menunjukkan bahwa ada salesperson yang melakukan interaksi diadik order-takers dan tidak menerapkan Adaptive Selling Behavior maupun teknik Personal Selling khususnya untuk salesperson dari non consignment brands, namun sebaliknya pada salesperson dari consignment brands. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi, teknik Adaptive Selling Behavior, dan personal selling dimiliki oleh salesperson dari non-consigment dan consigment brand. Dari perbandingan ini disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi diadik salesperson di Central Department Store perlu ditingkatkan agar dimiliki secara merata oleh setiap salesperson.
......A communication interaction between two people (dyadic) during a transaction on a retail industry is interesting to be explored more. This thesis discusses a communication process between salespersons and customers at Central Department Store. This qualitative research used several methods direct observation & interview five respondents (salesperson and Department Store Manager). The observation shows that there are still few salespersons that interact as order-takers and do not apply adaptive selling behavior & personal selling technic, especially for a salesperson handling non-consignment brand. This conversely happens on a salesperson handling consignment brand. The interview
shows that salespersons apply adaptive selling behavior & personal selling technic, both for non-consignment and consignment brand salesperson. From this comparison, it is concluded that the salespersons- dyadic communication skill has to be developed, thus the quality of the salesperson is evenly within every
salespersons in Central.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45640
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library