Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Avecienna
Abstrak :
ABSTRAK
Rendahnya mutu dan prestasi belajar matematika, yang mempakan mata pelajaian yang sangat penting untuk masa depan siswa terutama siswa sekolah dasar, merupakan raasalah yang dihadapi berbagai pihak, karena matematika berperan untuk melatih aspek-aspek beipikir yang juga digunakan dalam berbagai mata pelajaran lainnya. Penelitian yang dilakukan Miller dkk. (1996) pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah matematika menemukan beberapa jenis orientasi tujuan akademik (OTA) yang mempunyai hubungan dengan prestasi belajai- matematika. Menmnt mereka pengadopsian jenis OTA tertentu memungkinkan teijadi tidaknya proses belajar matematika yang optimal. Penelitian ini mencoba mengembangkan penelitian Miller ini pada budaya dan sampel yang berbeda yaitu pada murid-murid sekolah dasar di Indonesia. Penelitian dilakukan pada 109 siswa SD I dan SD 11 Yasporbi Jakaita Selatan untuk menguji kembali hubungan antara pengadopsian jenis-jenis OTA dengan prestasi belajar matematika mereka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. InstTumen yang digunakan pada penelitian ini kiiesioner OTA yang mempakan hasil modifikasi dari alat Survey toward Mathemaiic dari Miller dkk. (1996).sedangkan untuk pengukuran prestasi matematika digunakan nilai rapor siswa tiga caturwulan terakhir yang dijadikan skor skala {standarl score). Untuk pengolahan data digunakan teknik statistik pariial correlation dengan kovarian rctw score Raven's Standard Progressive Matrices untuk mengontrol intelegensi. Penelitian ini tidak mendapatkan hasil yang sama dengan penelitian Miller dkk. (1996) yang menyatakan bahwa jenis OTA future consequences, OTA learning goals dan OTA performance goals mempunyai hubungan bermakna positif dengan prestasi belajar maatematika siswa. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil bahwa jenis OTA future consequences goals, learning goals, dan pleasing the family goals tidak mempunyai hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar matematika. Sedangkan jenis OTA performance goals dan OTA pleasing the teacher mempunyai hubungan yang bermakna secaia berlawanan (negatif) dengan prestasi belajar matematika.
1999
S2586
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library