Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bianca Syailendra
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Job Demand, Job Resource, Job Satisfaction terhadap Work Engagement pada operator SPBU di DKI Jakarta. Manfaatnya adalah sebagai kontribusi job demand, job resource, job satisfaction, dan work engagement karyawan terhadap organisasi bidang ilmu manajemen, khususnya manajemen sumber daya manusia MSDM . Memberi masukan bagi peneliti lain yang berminat untuk melakukan penelitian lanjutan mengenai job demand, job resource, job satisfaction dan work engegement karywana pada organisasi, juga mendorong dikembangkannya penelitian yang berhubungan dengan hal tersebut. Bagi perusahaan memberikan informasi kepada pengawas SPBU, untuk mempertimbangkan juga job demand dalam perekrutan, seleksi, training dan konseling operator SPBU agar lebih optimal dalam memberikan program. Memberikan informasi kepada pihak outsourcing SPBU dan pengawas SPBU mengenai hal-hal yang mempengaruhi work engagement karyawan terhadap organisasi pada operator SPBU.Pengolahan data menggunakan Lisrel, dengan hasil job demand berpengaruh positif terhadap job satisfaction, job satisfaction juga berpengaruh positif terhadap work engagement, job resource memberikan pengaruh positif terhadap work engagement, job demand berpengaruh positif terhadap work engagement, dan job resource berpengaruh negatif terhadap job satisfaction. Hasil penelitian mayoritas berbeda dengan penemuan penelitian sebelumnya. Kesimpulan beberapa faktor dan responden penelitian adalah operator SPBU sehingga memberikan penemuan penelitian yang berbeda dari penelitian sebelumnya. Penelitian sebelumnya tentang job demand, job resource, job satisfaction, dan work engagement di Indonesia belum ada yang menggunakan operator SPBU sehingga ini salah satu hal baru.
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of Job Demand, Job Resource, Job Satisfaction to Work Engagement at gas stations operator in Jakarta. The benefit is a contribution of job demand, job resources, job satisfaction, employee engagement and work towards the organization of management sciences, in particular human resource management HRM . Provide input for other researchers who are interested in doing further research on job demand, job resources, job satisfaction and work engagement of the employee on the organization, also led to the development of research related to it. For the company to provide information to the gas stations supervisor, to consider also the job demand in recruitment, selection, training and counseling in order to optimize the gas station operator in delivering the program. Provide information to the outsourcing of retail outlets and petrol stations supervisors on matters which affect the work engagement of employees of the organization at the gas station operator. Data processing using lisrel, with the results of job demand positive effect on job satisfaction, job satisfaction is also a positive influence on work engagement, job resource a positive influence on work engagement, job demand positive effect on work engagement, and job resource negative effect on job satisfaction. The majority of research results differ from previous research findings. Conclusions multiple factors and survey respondents are operators of gas stations that provide different research findings from previous studies. Previous research on job demand, job resources, job satisfaction, and work engagement in Indonesia that use no gas station operators so that this one new research.
2017
T47438
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erviana Ghifanti
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran harmonious passion sebagai mediator antara job resource dan OCB. Pengambilan data pada penelitian ini mengikutsertakan 240 responden yang bekerja di Bank Pembangunan Daerah BPD . Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah OCB Scale 2002 untuk mengukur OCB; Questionnaire on The Experience and Evaluation of the Work QEEW Scale 2017 untuk mengukur otonomi, umpan balik performa kerja, dan technology resource; dan Passion Scale 2003 untuk mengukur harmonious passion. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji peran mediator adalah dengan menggunakan Process Macro for SPSS and SAS 3.0. Konsisten dengan teori job demand-resource, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa ketersediaan job resource di lingkungan kerja memberi motivasi dan dapat membantu karyawan mengembangkan OCB dan asosiasi ini di mediasi secara parsial oleh harmonious passion. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang pentingnya perilaku extra-role di organisasi dan bagaimana menghasilkan perilaku tersebut.
The purpose of this research is to examine the role of harmonious passion as a mediator on the relationship between job resource and OCB. The data collection in this study included 240 employee respondents who work in Bank Pembangunan Daerah BPD . The measurements used in this study are OCB Scale 2002 to measure OCB Questionnaire on The Experience and Evaluation of the Work QEEW Scale 2017 to measure job autonomy, performance feedback, and technology resource and Passion Scale 2003 to measure harmonious passion. The analysis statistic method of Process Macro for SPSS and SAS 3.0 were used to examined the mediational hypotheses. Consistent with job demand resource theory, result shows that when job resource exist in working environment, it can motivates and encourages employee to develop OCB and this association is partially mediated by harmonious passion. This study provides a deeper understanding about the importance of extra role behavior in organization and how to generate this behavior in future.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T51425
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library