Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Luthfi Shidqi
"Beban emisi di Universitas Indonesia, dengan data populasi sebesar 44.113 jiwa terdiri dari 85,11 mahasiswa dan 14,89 dosen serta pegawai ialah sebesar 30.864 ton CO2/tahun, dimana tingkat emisivitas tertinggi dihasilkan oleh sektor kelistrikan sebesar 25.564 ton CO2/tahun dan sektor transportasi publik 582.000 ton CO2/tahun. Studi dilakukan terhadap tiga skema pengadaan moda transportasi dalam kampus untuk menekan beban emisi CO2 yang dihasilkan oleh sektor transportasi publik, yaitu dengan pengadaan bis berbahan bakar gas dengan teknologi CNG Compressed Natural Gas, bis bertenaga listrik hybrid PHEV, dan trem listrik Light Rail Transit. Perhitungan dilakukan dengan basis data primer dan data sekunder dengan tujuan memperoleh beban emisi aktual yang dihasilkan dan studi ekonomi. Hasil perhitungan terhadap beban emisi untuk setiap moda transportasi secara urut yaitu; LRT sebesar 0,000071 tCO2e/tahun, PHEV sebesar 0,00028 tCO2e/tahun dan CNG sebesar 0,012958 tCO2e/tahun. Beban emisi CO2 yang dihasilkan oleh generator berbasis gas engine sebagai fasilitas feeder listrik skenario 2 PHEV yaitu 2,030995 tCO2e/MWh. Nilai pembangunan dan biaya operasional untuk pengadaan PLTMG dikampus Universitas Indonesia yaitu, nilai investasi senilai Rp. 3.093.964.326 dan nilai O M yaitu Rp. 1.605.847.762, sedangkan untuk pengadaan bis PHEV dan fasilitas yaitu, nilai investasi senilai Rp 19.900.074.854 dan nilai operasional yaitu Rp 73,886,650.04 untuk pemakaian per tahun.
The emission load at the University of Indonesia, with a population data of 44,113 people, consists of 85.11 of students and 14.89 of lecturers and employees of 30,864 tons CO2 year, where the highest emissivity rate is generated by the electricity sector of 25,564 tons CO2 year and public transportation 582,000 tons CO2 year. The assessment was carried out on various indoor facilities for CO2 emissions generated by the public transportation sector, namely gas procurement with CNG Compressed Natural Gas technology, hybrid electric powered bus PHEV, and electric tram Transit Light Rail. Calculation is done with primary data base and secondary data with purpose. The calculation results of emission load for each mode of transportation in sequence namely LRT of 0,000071 tCO2e year, PHEV of 0.00028 tCO2e year and CNG of 0.012958 tCO2e year. CO2 emission load generated by a gas engine as a scenario 2 PHEV electricity feeder facility is 2.030995 tCO2e MWh. Development value and operational cost for procurement of PLTMG campus of University of Indonesia that is, investment value Rp. 3.093.964.326 and the value of O M is Rp. 1,605,847,762, while for the procurement of PHEV bus and facilities, the investment value is Rp 19,900,074,854 and the operational value is Rp 73,886,650.04 for annual use."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Azhari Ridha Darmawan
"IPB University merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang saat ini sangat fokus dalam pembangunan dan penerapan kampus hijau. RTH di IPB University saat ini belum diketahui efektivitas fungsi ekologisnya dalam hal ini memberikan kenyaman termal dan juga fungsi sosial yakni meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis komposisi dan struktur vegetasi, menelaah kenyamanan termal, menganalisis hubungan keberadaan RTH dan motivasi belajar mahasiswa, dan merekomendasikan konsep ruang terbuka hijau (RTH) untuk mewujudkan kampus hijau. Metode yang digunakan adalah metode campuran dengan pendekatan sequential explanatory designs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan RTH di kampus IPB Dramaga masih dilakukan berdasarkan standar dan kebutuhan umum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah RTH Kampus IPB Dramaga harus memiliki struktur dan komposisi vegetasi ideal yang ditunjukkan dengan keberagaman tingkat pertumbuhan dan jenis tumbuhan hal ini kemudian akan berimplikasi terhadap peningkatan kualitas kenyamanan termal, hal ini kemudian akan semakin meningkatkan performa akademik mahasiswa.
IPB University is one of the universities in Indonesia currently dedicated to the development and implementation of a green campus. The effectiveness of the ecological functions of Green Open Spaces (RTH) at IPB University, particularly in providing thermal comfort and enhancing students' learning motivation, is not well understood. This research aims to analyze the composition and structure of vegetation, examine thermal comfort, analyze the relationship between the need for RTH and students' learning motivation, and recommend green open space (RTH) concepts to realize a green campus. The method used is a mixed-method with a sequential explanatory design approach. The results indicate that the development of RTH at IPB Dramaga campus aligns with standards and general needs. The conclusion emphasizes that the RTH of IPB Dramaga campus should possess an ideal vegetation structure and composition, demonstrated by diverse plant growth rates and types. This, in turn, will positively impact thermal comfort, thereby enhancing students' academic performance."
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library