Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Fashila Desfianti
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh penerapan membaca kritis dalam proses pembelajaran kemahiran membaca bahasa Jepang pada tingkat universitas. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimental yang melibatkan dua kelompok pemelajar yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan eksplanasi tentang penerapan kegiatan membaca kritis dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemelajar dalam proses pembelajaran kemahiran membaca TBJ. Populasi penelitian ini adalah pemelajar Indonesia jurusan bahasa Jepang sebagai bahasa asing (JFL) yang telah menerima pemelajaran bahasa Jepang selama dua tahun di universitas. Pemelajar di kelas eksperimen menerima pembelajaran kemahiran membaca dengan kegiatan membaca kritis, sedangkan pemelajar di kelas kontrol menerima pembelajaran kemahiran membaca dengan strategi membaca cepat dan latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan membaca kritis tidak dapat meningkatkan kemampuan pemelajar secara signifikan. Namun, hasil kuesioner dan wawancara menunjukkan bahwa respon pemelajar terhadap penerapan kegiatan membaca kritis cukup positif. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan tes terbuka lebih tepat diberikan kepada kelompok pemelajar yang mendapatkan kegiatan membaca kritis dibandingkan dengan tes pilihan ganda. Kendala yang dialami oleh pemelajar ketika mengikuti pembelajaran kemahiran membaca dengan kegiatan membaca kritis yaitu kesulitan dalam pemahaman kosakata dan struktur kalimat yang digunakan dalam teks berbahasa Jepang.
This thesis discusses the implementation of critical reading in the learning process of Japanese language reading skills on undergraduate level. This study is a pre-experimental study involving two groups of learners, which are divided into control and experimental classes. It aims to explain the effect of critical reading implementation on learners ability to comprehend Japanese texts in Japanese reading class. The study population was Indonesian learners majoring in Japanese as a foreign language (JFL) who have been studying Japanese for two years in university. In the experimental class, students received reading skills learning with critical reading activities, while students in the control class received reading skills learning with speed reading strategies and exercises. The result showed that the implementation of critical reading could not significantly improve learners reading abilities. However, the result of the questionnaire and interviews indicate that the students response to the implementation of critical reading activities was quite positive. In addition, the result showed that the use of open-ended questions is more appropriate to assess critical reading rather than multiple choice test. The constraints which were experienced by students when they took part in this course is understanding vocabulary and sentence structures which are used in Japanese texts.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T54465
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fauziatul Husna, authoor
Abstrak :
ABSTRAK
Penggunaan bahan ajar yang tepat akan memudahkan proses belajar
sehingga tujuan pemelajaran dapat dicapai. Penggunaan bahan ajar harus melalui
proses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar. Tesis ini melaporkan hasil studi
kasus terhadap dua kelas pengajaran bahasa Inggris dan bertujuan untuk
menyelidiki proses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar yang dilakukan oleh
pengajar serta persepsi pelajar terhadap penggunaan bahan ajar oleh pengajar,
khususnya dalam pengajaran kemahiran membaca. Selain itu, faktor pengalaman
mengajar pengajar juga dijadikan sebagai salah satu variabel dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa dalam pemilihan bahan ajar,
pengajar pemula dan pengajar berpengalaman menjadikan faktor kesesuaian
dengan materi pokok dan kemahiran bahasa pelajar sebagai kriteria utama dalam
memilih bahan ajar untuk pengajaran kemahiran membaca. Dalam penyesuaian
bahan ajar, kedua pengajar mengaku bahwa kemahiran bahasa pelajar juga
menjadi faktor yang paling sering menyebabkan diperlukannya penyesuaian
bahan ajar. Dalam penelitian itu terlihat bahwa pengalaman mengajar memberikan
kematangan emosional kepada pengajar sehingga mereka menjadi ahli dalam
mengelola kelas. Sementara itu, ditemukan juga bahwa secara umum pelajar di
kedua kelas yang menjadi objek penelitian memiliki persepsi positif terhadap
penggunaan bahan ajar oleh pengajar pemula dan pengajar berpengalaman.
ABSTRACT
Decent use of materials will lead to a successful learning process and vice
versa. Thus, teachers are required to first select the best material and then adapt it
based on the learners’ specific needs and learning context. This thesis reports on a
case study that investigates the process of selecting and adapting learning
materials by both novice and experienced teachers in the teaching of reading, as
well as learners’ perception toward teachers’ use of learning materials. The
findings show that in the materials selection process, novice and experienced
teacher concluded that the compatibality to the curriculum and learners’ language
proficiency are the most important criteria in selecting reading materials. In the
materials adaptation process, both teachers agreed that learners’ language
poficiency was the factor that most often make an adaptation process required.
The findings show that in this research, teaching experience affects teachers’
performance in the way that it give teachers emotional intelligence to manage and
control the class well. Furthermore, the data from learners show that generally all
learners in both classes have positive perception toward teachers’ use of reading
materials.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T42069
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library