Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wanda Amyra Mayshara
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perasaan teridentifikasi pada kemalasan sosial dalam menghasilkan topik tesis. Melalui desain kelompok independen 2x2, 60 mahasiswa psikologi tahun ketiga dari tiga universitas di Queensland secara sukarela meluangkan waktu dan secara acak ditugaskan pada kondisi koaktif atau kondisi kolektif, dan pada kondisi yang dapat diidentifikasi atau tidak dapat diidentifikasi. Jumlah topik tesis yang dihasilkan per orang dihitung sebagai indikasi kemalasan sosial (variabel terikat). Berlawanan dengan hipotesis kami, t-test kelompok independen mengungkapkan bahwa peserta yang bekerja secara koaktif tidak menghasilkan topik tesis lebih banyak daripada peserta yang bekerja secara kolektif, dan peserta dalam kondisi yang dapat diidentifikasi secara kolektif tidak menghasilkan lebih banya topik tesis daripada peserta dalam kondisi yang dapat diidentifikasi secara koaktif. Ada beberapa penjelasan untuk masalah ini dan perbaikan metodologi telah disarankan. Penelitian di masa depan harus menggunakan ukuran sampel yang lebih besar, mencoba mengadopsi within-subject design, dan mempelajari kemalasan sosial pada kelompok yang sudah lama terbentuk. 

This study aimed to examine the effect of identifiability in social loafing in a thought-generating task (generating thesis topics). Via a 2x2 independent-groups design, 60 third-year psychology students from three universities in Queensland volunteered their time and were randomly assigned to coactive conditions or collective conditions (in a group of three), and to identifiable or unidentifiable conditions. In the identifiable conditions, participants were told to put their names next to the topics they produce. The number of generated thesis topics per person was calculated as an indication of social loafing (dependent variable). Contrary to our hypotheses, independentgroups t-tests revealed that participants working coactively generated no more thesis topics than participants working collectively, and participant['ome explanations for this issue and methodological improvements have been suggested. Future research should use a larger sample size, try to adopt a within-subject design, and examine long-established groups."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Raras Putri
"Efek persepsi kompetensi dari anggota-anggota yang saling tidak mengenali dalam satu kelompok akan social loafing diuji melalui skor-skor dari suatu lembar permasalahan matematika. Kompetensi yang lebih tinggi diantara anggota grup telah dilaporkan untuk mendorong terjadinya social loafing (Comer, 1995). Empat puluh lima mahasiswa menjadi partisipan dalam desain eksperimen 3-level independent groups, dimana mereka dialokasikan untuk bekerja secara mandiri (coactive), bersama orang lain yang memberi aba-aba kompetensi negative (collective-low competency), atau dengan orang yang memberi aba-aba kompetensi positif (collective-high competency). Respons yang benar dalam tugas matematika dihitung sebagai variabel dependen. Ditemukan bahwa tidak ada perbedaan signifikan akan respons di tiap kondisi. Hal ini diduga karena ketidaksuksesan manipulasi kondisi social loafing. Mengintegrasi dan melakukan riset lebih lanjut the sucker effect dan efek keasingan telah disarankan.

The effects of competency perception of unfamiliar group members on social loafing were examined through scores of a mathematical worksheet. Higher competency among group members were previously reported to prompt social loafing (Comer, 1995). Forty-five university students participated in a 3-level independent groups experiment design, where they were either instructed to work individually (coactive), with a partner that gave negative competency cues (collective-low competency), or with a partner that gave positive competency cues (collective-high competency). Correct responses in the task were analyzed as the dependent variable. There were no significant differences of responses throughout each condition, possibly due to the unsuccessful manipulation of social loafing conditions. Integrating and conducting further research on the sucker effect and unfamiliarity levels were suggested."
Depok: Fakultas Psikologi. Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library