Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nahdah Naurah Liztya Ningrum
Abstrak :
Saat ini banyak negara berlomba-lomba untuk berinovasi pada produknya, khususnya untuk produk otomotif, salah satu contohnya adalah kendaraan matic. Amerika dan Jepang telah menggunakan inovasi ini untuk mobilisasi jarak dekat dan jauh. Namun, Indonesia belum menggunakan kendaraan matic ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara variabel perilaku mengemudi, persepsi pengetahuan tentang kendaraan non matic, persepsi pengetahuan tentang kendaraan matic, teknologi yang diharapkan, kebiasaan menggunakan teknologi, dan kepedulian terhadap lingkungan dengan minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan matic yang terlihat baru. Dengan dilakukannya penelitian ini, peneliti berharap kedepannya dapat meningkatkan pasar penjualan kendaraan matic di Indonesia. Penelitian ini melakukan survei terhadap 215 orang dengan menggunakan metode SEM dan dianalisis dengan menggunakan SPSS v.26 dan SmartPLS 3.2.9. Secara keseluruhan, 56,9% menyatakan bersedia menggunakan mobil matic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi antara lain persepsi pengetahuan tentang kendaraan otomatis, teknologi yang diharapkan, dan kepedulian seseorang terhadap lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan seseorang untuk menggunakan kendaraan otomatis. ......Currently, many countries are competing to innovate on their product, especially for automotive products, one of the examples is automatic vehicles. America and Japan have used this innovation for short and long distance mobilization. However, Indonesia has not yet used this automatic vehicle. This study aims to see at the relationship between driving behavior variables, perceived knowledge of non-automatic vehicles, perceived knowledge of automatic vehicles, expected technology, habit of using technology, and concern for the environment with the public's interest in using automatic vehicles that seem new. By doing this research, the researcher hopes that in the future it will increase the automatic vehicle sales market in Indonesia. This study conducted a survey of 215 people using the SEM method and analyzed using SPSS v.26 and SmartPLS 3.2.9. Overall, 56.9% said they were willing to use an automatic car. The results of the study show that the influencing variables include perceived knowledge about automatic vehicles, expected technology, and one's concern for the environment which have a significant effect on one's readiness to use an automated vehicle.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Baskoro Mardjuki
Abstrak :
ABSTRAK
Sekarang ini kemacetan lalu-lintas merupakan salah satu masalah utama dalam kehidupan masyarakat perkotaan, khususnya Jakarta. Padamya lalu-lintas menimbulkan kecelakaan di jalan raya yang tidak hanya menyebabkan kerugian material, tetapi juga jumlah korban kecelakaan lalu-lintas yang semakin tinggi. Kebanyakan kecelakaan terjadi akibat kurang disiplinnya pengemudi dalam berkendaraan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keamanan demi mengurangi kecelakaan di jalan raya dan memperbaiki kondisi berkendaraan diciptakanlah Sistem Jalan Raya Otomatis (S.TRO). Sistem ini menggabungkan komunikasi, kontrol kendaraan bermotor dan teknik manajemen lalu-lintas untuk memberikan keamanan, kecepatan dan efisiensi dalam berkendaraan.

Dalam skripsi ini diperkenalkan suatu teknik kecerdasan buatan yang dinamakan learning automata digunakan untuk mengendalikan jalur kendaraan secara cerdas. Dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sensor dan modul komunikasi lokal, dua automata (lateral dan longitudinal) mempelajari kemungkinan tindakan yang tepat untuk menghindari tabrakan. Simulasi bersama antara lateral dan longitudinal pengendali kendaraan otomatis menggunakan program Matiab 5.3 yang subrutinnya diperoleh dari Internet [Shift 97]. Meskipun pendekatan belajar yang digunakan mampu memberikan keputusan yang aman, optimisasi anus lalu-lintas juga diperlukan dengan mempelajari interaksi antar kendaraan.

Perancangan rencana jalur kendaraan yang adaptif berdasarkan informasi lokal diperluas dengan penambahan struktur keputusan. Struktur keputusan ini diperoleh dengan menganalisa situasi yang terdiri dari konflik keinginan jalur kendaraan. Analisa situasi dan perancangan struktur ini dibuat berdasarkan interaksi mekanisme reward-penalty pada individu kendaraan.
2000
S39812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library