Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yoga Bagus Prayogo
Yogyakarta: Jogja Bangkit, 2017
385.598 YOG k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
I Ketut Biomantara
Abstrak :
ABSTRAK
Transportasi merupakan sarana guna melakukan pergerakan, perpindahan berupa orang dan ataupun dengan barang dari suatu tempat menuju ke tempat lain yang didukung bersama prasarananya. Kondisi transportasi yang baik dapat meningkatkan aksesbilitas antar wilayah sekitarnya. Penggunaan transportasi yang tidak tertata dan terkendali seiring pertumbuhan penduduk serta pola hidup telah menyebabkan volume kendaraan bermotor tak sebanding dengan daya tampung kapasitas jalan raya sehingga permasalahan kemacetan di jalan raya terjadi. Kemacetan yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya telah menjadi permasalahan akut dan perlu dicarikan penyelesaian yang tepat sehingga kerugian yang diakibatkannya dapat ditekan. Berbagai cara telah diterapkan untuk mengatasi kemacetan diantaranya penerapan three in one, pembatasan parkir, kawasan larangan sepeda motor, rekayasa lalu lintas, sistem angkutan umum massal (trans jakarta, Kereta Api Rangkaian Listrik (KRL)), jaringan jalan tol dan non tol, fly over dan under pass, serta yang akan diterapkan Elektronik Road Pricing (ERP), Mass Rapid Transit (MRT). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran angkutan umum massal kereta api yaitu PT.KAI wilayah kerja Daop 1 dan Jabodetabek dalam mengurai kemacetan yang terjadi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi diskriptif kualitatif, dimana akan menjelaskan peran KAI wilayah kerja Daop 01 dan Jabodetabek dengan strategi kemampuan kinerjanya untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum publik agar masyarakat pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan kereta api sehingga kemacetan dapat dikurangi serta aksesbilitas wilayah dapat diwujudkan dan ditingkatkan. Pengumpulan data didapat dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi pada beberapa sumber (sekunder dan primer). Kesimpulan didapat bahwa PT.KAI wilayah kerja Daop 1 dan Jabodetabek untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dilakukan peningkatan sarana dengan menambah gerbong untuk menambah kapasitas angkutnya. Prasarana dengan perbaikan-perbaikan stasiun, jalur rel ganda atau double track (rencana doubledouble track), perpanjangan peron pemberhentian kereta. Daya dukung lainnya yaitu waktu keberangkatan sesuai jadwal, menempatkan petugas keamanan khusus kereta (Polsuska) pada setiap perjalanan kereta, kemudahan mencari dan pembelian tiket berupa pembelian tiket on line di berbagai lokasi, pemberlakuan one ticket one seat, pemesanan dan pembelian tiket H-90 dari hari keberangkatan, pemberian tiket subsidi melalui pola PSO (Public Service Obligasi) untuk kereta ekonomi. Penggunaan kereta api terus meningkat dimana sekitar 3% perhari dari 21 juta orang penduduk yang beraktifitas di sekitaran Jakarta (asumsi berdasar BPS DKI Jakarta). Khusus dalam wilayah DKI Jakarta saja sekitar 9,8% dari jumlah 3,6 juta orang yang beraktifitas, sebanyak 390 ribu orang menggunakan KRL. Target 1,2 juta orang perhari sampai tahun 2019. Pruduk hukum dan kebijakan yang mendukung pelaksanaan kinerja transportasi kereta juga telah banyak dikeluarkan
ABSTRACT
Transport is the means to perform the movement , displacement or the form of people and goods from one place to get to other places that are supported along with infrastructure. Good transportation condition can improve accessibility between the surrounding region . Use of transportation is not organized and countroled as population growth and lifestyle has caused the volume of motor vehicles is not proportional to the capacity of the highway so that the problem of congestion on the highway occurred . Jams that occur in Jakarta and surrounding areas has become an acute problem and needed to find the right solution so that the resulting loss can be suppressed . Various methods have been applied to overcome bottlenecks include the application of three in one , parking restrictions , the region ban on motorcycles , traffic engineering , mass transportation systems ( trans jakarta , Railway Electric Circuits ( KRL ) ) , a network of toll roads and non-toll , fly over and underpasses , as well as to be applied Electronic Road Pricing ( ERP ) , Mass Rapid Transit (MRT). This study aims to analyze the role of mass transit train that PT.KAI working area Daop 1 and Jabodetabek in breaking down the congestion that occurs . The method used is the methodology of qualitative descriptive , which will clarify the role KAI working area Daop 01 and Jabodetabek with strategy abilities performance to meet the transportation needs of the general public so that the public private vehicle users to switch to using the train so that congestion can be reduced as well as the accessibility of the region can be realized and improved , The collection of data obtained by observation , interviews , documentation on several sources ( primary and secondary ) . The conclusion obtained that PT.KAI working area Daop 1 and Jabodetabek to meet the transportation needs of society to improve the means by adding carriages to increase payload capacity . Infrastructure improvements to the station , double track (plan double-double track) , the extension of the platform the train stops . The thing of the other supports is the departure time schedule, putting special security officer train ( Polsuska ) on every train journey , easiness of finding and purchasing tickets in the form of ticket purchase on line at various locations , the implementation of one ticket one seat , reservations and ticket purchases H - 90 from the day of departure , ticket granting subsidies through a pattern PSO (Public Service Bonds ) for economy-class train. The use of rail continues to increase where about 3 % per day of the 21 million people who activity in surrounding Jakarta ( Jakarta BPS unfounded assumption ) . Specialized in the Jakarta area is about 9.8 % of the 3.6 million people who activity , as many as 390 thousand people use the KRL . Getting target of 1.2 million people per day until 2019. Producted laws and policies that support the implementation of the performance of rail transport has also been widely released .
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Btari Diannisa
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaporan keberlanjutan dilakukan pada PT KAI (Persero) melalui penjabaran proses pengelolaan prinsip-prinsip pelaporan serta proses pengidentifikasian pengungkapan standar dari laporan keberlanjutan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa secara garis besar PT KAI (Persero) masih kesulitan dalam melaksanakan pengelolaan prinsip pelaporan yang sesuai dengan Pedoman GRI, serta masih tidak merata nya jumlah konten pengungkapan standar umum dengan pengungkapan standar khusus dalam laporan keberlanjutan walaupun telah menggunakan jasa konsultan eksternal. ......This study aims to analyze how sustainability reporting in PT KAI (Persero) by elaborating the company‟s way on managing the reporting principles and the identification process on standard disclosures. This study finds that, PT KAI (Persero) is still contrained in managing the reporting principle in accordance to GRI Guidelines and there is uneven content of general standard disclosure and specific standard disclosure despite the engagement with external consultant
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63322
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Rezzki Putri Utami
Abstrak :
Penelitian ini mengenai proses penyusutan arsip di unit record center PT Kereta Api Indonesia (Persero). Tujuan dar. Hasil penelitian ini menunjukkan proses penyusutan arsip di unit record center PT Kereta Api Indonesia (Persero) berjalan sesuai dengan peraturan dan kebijakan organisasi. Namun, terdapat sedikit hambatan yang terjadi saat pelaksanaan proses penyusutan untuk arsip yang retensinya diatas 10 tahun dan tidak memiliki JRA, yaitu keterlambatan proses persetujuan oleh lembaga kearsipan (ANRI) dikarenakan tidak dapat dilakukannya verifikasi arsip secara fisik akibat kebijakan pemerintah mengenai pembatasan jadwal kerja saat kondisi pandemi. Oleh karena itu, pimpinan organisasi dan pemerintah dalam hal ini ANRI sebagai regulator perlu membuat starategi dan metode kerja agar persetujuan dapat diberikan lebih cepat. Salah satunya dengan melakukan pembatasan pegawai untuk pengecekan arsip secara fisik guna mematuhi protokol kesehatan yang ada. Untuk arsip yang tidak memiliki JRA agar pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) dapat memenuhi standarisasi sesuai dengan instrumen penyusutan yaitu JRA. ......This research is about the archive retention process in the record center unit of PT Kereta Api Indonesia (Persero). The purpose of this study is to describe the archive retention process carried out by the record center unit of PT Kereta Api Indonesia (Persero) in accordance with standard work procedures involving related parties, namely creators, record center managers, and central leaders. This research uses a qualitative approach with a case study method with 5 respondents who fall into the category of people involved in archive retention. The results of this study indicate that the archive retention process in the record center unit of PT Kereta Api Indonesia (Persero) is running in accordance with organizational regulations and policies. However, there were a few obstacles that occurred during the retention process for archives whose retention was more than 10 years and did not have a JRA, which is the delay in the approval process by the archival institution (ANRI) because of not being able to verify the archives physically, due to government policies regarding limiting work schedules while pandemic conditions. Therefore, organizational and government leaders, in this case ANRI as a regulator, need to develop strategies and work methods so that approval can be given more quickly such as pointing an employee in order to physically verify archives with health protocols. For archives that do not have a JRA so that PT Kereta Api Indonesia (Persero) should meet the standardization according to the retention instrument, namely the JRA.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Satrio Faishal
Abstrak :
Tesis ini membahas mengenai kewenangan pelaksana tugas Direksi anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia Persero yaitu PT Kereta Api Logistik, yang mana penunjukkannya berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham yang tercantum dalam Risalah Sirkuler. Risalah Sirkuler tersebut kemudian dinyatakan ke dalam akta notaris oleh Direksi PT Kereta Api Logistik walaupun dalam Risalah Sirkuler tidak terdapat pemberian kuasa dari Rapat Umum Pemegang Saham kepada Direksi PT Kereta Api Logistik untuk menyatakan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham ke dalam akta notaris. Metode penulisan dalam tesis ini berbentuk yuridis normatif sehingga didasarkan pada sumber kepustakaan dan dilakukan dengan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait. Kewenangan pelaksana tugas Direksi PT Kereta Api Logistik sama dengan kewenangan jabatan Direksi yang ditempatinya sesuai dengan anggaran dasar PT Kereta Api Logistik. Tidak adanya pemberian kuasa dari Rapat Umum Pemegang Saham, maka akta notaris yang dibuat menjadi cacat hukum dan terdegradasi menjadi akta dibawah tangan. Konsekuensi hukum ini tidak menyebabkan batalnya penunjukkan pelaksana tugas anggota Direksi PT Kereta Api Logistik, karena pelaksana tugas anggota Direksi PT Kereta Api Logistik ditunjuk oleh Rapat Umum Pemegang Saham dan mempunyai kewenangan yang sama dengan kewenangan jabatan Direksi yang ditempatinya, hal ini sesuai dengan anggaran dasar PT Kereta Api Logistik.
This thesis discusses the authority of the acting official of the Board of Directors of the subsidiary of PT Kereta Api Indonesia Persero , PT Kereta Api Logistik, whose appointment is based on the decree of the General Meeting of Shareholders stated in the Circular Resolution. The Circular Resolution is subsequently stated in notarial deed by one of the Board of Directors of PT Kereta Api Logistik although there is no authorization from the General Meeting of Shareholders to the Board of Directors of PT Kereta Api Logistik to declare the decree of the General Meeting of Shareholders into notarial deed. The method of writing in this thesis is in the form of normative juridical so that it is based on bibliography source and conducted by interview with related parties. The authority of the acting official of the Board of Directors of PT Kereta Api Logistik has the same authority with the authority of the Board of Directors in accordance with the Articles of Association of PT Kereta Api Logistik. In the absence of authorization from the General Meeting of Shareholders, the notarial deeds are made legally defective and degraded into a deed under the hand. This legal consequence does not result in the cancellation of the acting official of the Board of Directors of PT Kereta Api Logistik, as the acting official of the Board of Directors of PT Kereta Api Logistik is appointed by the General Meeting of Shareholders and has the same authority with the authority of the Board of Directors of PT Kereta Api Logistik, this is based on the Articles of Association of PT Kereta Api Logistik.
Depok: Universitas Indonesia, 2018
T49553
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Ismail
Abstrak :
ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana implementasi electronic document management system dalam penataan dokumen PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta menggunakan Rail Document System. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa implementasi electronic document management system dalam penataan dokumen PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta menggunakan Rail Document System berfungsi memotong waktu dalam proses birokrasi; hemat sumber daya; serta akses yang lebih efisien dan efektif. Komponen-komponen tersebut telah diimplementasikan dalam kegiatan pengolahan dokumen elektronik, walaupun dalam praktiknya masih ada hal yang perlu diperbaiki guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem.


ABSTRACT


The purpose of this research is to explain how the implementation of electronic document management system in structuring documents of PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta uses the Rail Document System. This research uses a qualitative approach with descriptive case study research method. The research data was obtained through observation, interviews and document studies. The results of this study indicate that the implementation of electronic document management system in structuring documents of PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta using the Rail Document System serves to cut time in the bureaucratic process; saving resources; and more efficient and effective access. These components have been implemented in electronic document processing activities, although in practice there are still things that need to be improved to improve the effectiveness and efficiency of the system.

2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, Boyke B. A.
Abstrak :
PT. Kereta Api (Persero) adalah suatu Perusahaan Persero jasa transportasi yang mengatur sistem transportasi Kereta api di Indon!~sja, dimana perusahaan ini merupakan sarana dan prasarana penting dalam mengatasi sebagian sistem transportasi di negara kits. Saat ini sistem angkutan Kereta Api merupakan saran angkutan massa yang dianggap paling cepat dan murah serta dapat melayani pergerakan orang 1 penumpang dalam jumlah cukup besar tanpa mengalami suatu hambatan 1 kemacetan dalam perjalanannya. Penulisan ini dilakukan untuk membahas bagaimana PT. Kereta Api Indonesia mengatasi anus penumpang untuk jalur jurusan Jakarta - Bandung. Perkembangan kota Bandung mempunyai dampak yang sangat berpengaruh sekali pada sistem transportasi antara Jakarta - Bandung. Dimana untuk kegiatan bisnis,pendidikan, rekreasi dan fain-Iain pada kondisi saat ini jika menggunakan mobil pribadi dan kendaraan umum, sudah sering mengalami kemacetan pada ruas jalan yang dilalui. Pandangan masyarakat umum terhadap PT. Kereta Api, dalam melayani arus Penumpang Jakarta - Bandung selalu kurang puas . Dimana masyarakat selalu berpandangan bahwa masih banyak talon - talon penumpang yang tidak kebagian ticket atau nomor tempat duduk, atau sering juga akibat terlambatnya jadwal pemberangkatan. Tetapi walaupun masih begitu pelayanannya, masih banyak yang mernilih moda angkutan kereta api sebagai saran angkutan umum yang saat ini tergolong paling ekonoinis. Dalam hal ini, PenuIis akan men evaluasi an membahas Pelayanan PT Kereta Api Indonesia dengan data-data survey dan teori-teori yang ada sehingga pelayanan dapat maximal memenuhi apa yang diinginkan dari calon penumpang.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S35609
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library