Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rochdi Tyas Wibowo
Abstrak :
Pada bulan Maret 2003 , PT KTB mendapatkan klaim dari pelanggan berupa Water Leakage pada pintu depan sebelah kanan kendaraan model Mitsubishi Colt Diesel . Dari klaim tersebut KTB melakukan penelusuran data masalah yang terjadi di area produksi pada bulan terakhir, apakah masalah yang sama ditemukan di area produksi . Dari hasil evaluasi bulanan didapatkan bahwa masalah water leakage merupakan masalah yang paling banyak dikaternukan di line proses, sehingga hal tersebut diputuskan sebagai prioritas utama masalah yang harus dilanggulangi dengan segera . Metoda yang digunakan untuk menyelidiki permasalahan tersebut adalah 8 step for improvement, diagram PDCA , dan QC 7 tools . Hasil dari penyelidikan didapatkan bahwa penyebab dominan dari perrnasalahan tersebut adalah ala! produksi dimaoa diketemukan bahwa pin dan locator pada jig yang dipakai untuk proses pengelasan dalam kondisi tidak normal. Setelah didapatkan faktor dominan penyebab permasalahan maka tindakan selanjutnya adalah menentukan tindakan perbaikan , dan pencegahan agar permasalahan tersebut tidak terjadi lagi . Dari hasil pengetesan seperti shower test & pengecekan akurasi pintu , penghitungan kemampuan proses ,dan re-evaluasi data bulanan didapatkan bahwa perbaikan Ieiah effektif dan dapat merecuksi prosentasi rejek yang terkait dengan water leakage.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37622
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library