Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ganda Jeremy Christopher
Abstrak :
ABSTRAK
Artikel ini membahas konstruksi habitus dan pergeseran posisi sosial tokoh Driss dalam film Intouchables oleh Olivier Nakache. Intouchables adalah film yang didasarkan pada kisah nyata seorang pria kaya yang cacat fisik dengan perawat pribadinya bernama Driss. Kedatangan Driss di rumah majikannya mengubah ruang sosialnya dan sedikit demi sedikit membentuk habitus baru di dalam dirinya. Menggunakan metode kajian sinema, analisis dimulai dengan memaparkan strategi naratif film yang mencakup elemen alur , penokohan , dan latar ruang-waktu. Alur film ini digerakkan oleh perkembangan hubungan Driss dan Philippe yang melibatkan dua latar belakang budaya yang berbeda. Dengan menggunakan konsep habitus dan kapital Pierre Bourdieu, hasil pembacaan lebih dalam menunjukkan konstruksi habitus baru Driss dalam relasinya dengan tokoh-tokoh lain di lingkungan sosial yang baru. Terlihat bahwa pembentukan habitus baru tidak dapat dipisahkan dari akumulasi kapital baru yang diperoleh Driss, dan kemampuannya untuk mengelola kapital ini, terutama kapital budaya. Peningkatan akumulasi kapital ini membuat posisi sosial Driss bergeser lebih tinggi.
ABSTRACT
This article discusses the construction of habitus and the shift in the social position of the figure Driss in the film Intouchables by Olivier Nakache. Intouchables is a film based on the true story of a rich man with a physical disability and his personal nurse named Driss. Driss' arrival at his employers house changed his social space and gradually formed a new habitus within him. Using the cinema study method, the analysis begins by presenting a film narrative strategy that includes flow elements, characterizations, and space-time settings. The flow of the film is driven by the development of the relationship between Driss and Phillipe which involves two different cultural backgrounds. By using Pierre Bourdieus concept of habitus and capital, the results of reading more deeply show the construction of Driss new habitus in relation to other figures in the new social environment. It is seen that the formation of a new habitus cannot be separated from the new capital accumulation obtained by Driss, and its ability to manage this capital, especially cultural capital. This increase in capital accumulation made Driss' social position shift higher.
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Shintya
Abstrak :
Artikel ini membahas konstruksi habitus tokoh Yanis yang berperan sebagai kritik terhadap pendidikan di Prancis dalam film La Vie Scolaire (2019) karya Grand Corps Malade dan Mehdi Idir. Film ini mengangkat isu sosial dan pendidikan yang dialami siswa tingkat menengah pertama di Saint-Denis, wilayah suburban Paris. Kehidupan yang tangguh di wilayah tersebut menghadirkan tantangan bagi guru dan siswa untuk berintegrasi dalam sistem pendidikan yang konservatif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana konstruksi habitus tokoh Yanis terbentuk melalui konsep praktik sosial dan menjadi kritik terhadap sistem pendidikan di Prancis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep film dari Boggs & Petrie (2022), teori naratologi oleh A.J. Greimas (1982), dan teori praktik sosial dari Pierre Bourdieu (1979). Melalui analisis yang telah dilakukan, struktur naratif film menunjukkan bahwa terdapat perkembangan karakter tokoh Yanis menjadi lebih optimis untuk melanjutkan pendidikannya berkat bantuan Madame Samia selaku guru pembimbing. Selanjutnya, analisis praktik sosial Pierre Bourdieu memiliki signifikansi bahwa kapital budaya Yanis yang buruk dan kapital ekonomi yang terbatas sebagai penduduk suburban memengaruhi habitus Yanis yang pesimis terhadap pendidikan. Penelitian ini menemukan bahwa habitus tokoh Yanis yang pesimis dalam menempuh pendidikan merupakan kritik untuk menghadirkan sistem pendidikan yang lebih adaptif di wilayah suburban agar dapat mendukung para siswa dalam meningkatkan kapitalnya, terutama kapital budaya dan sosial. ......This article aims to criticize the French education system by analyzing the construction of habitus imbued in the figure Yanis from the film La Vie Scolaire (2019) produced by Grand Corps Malade and Mehdi Idir. This film depicts how socio-economic issues faced among middle school students in Saint-Denis, a Parisian suburb, are impacting their education experience. The competitive nature of the area hinders the teachers and students from integrating in a classic education system. This research employs qualitative research methods emphasizing the use of concepts and theories such as film concept from Boggs & Petrie (2022), narratology theory of A.J. Greimas (1982), and the theory of social practice from Pierre Bourdieu (1979). Findings derived from the structural analysis suggest that the narrative of the film shows a character development of the figure Yanis who is becoming more optimist in continuing his education, with the help of Madame Samia as a student counselor. Meanwhile, the thematic analysis reveals that Bourdieu’s theory of social practice signifies that the lack of cultural capital and the limited economical capital of Yanis as a suburban teenager negatively impacts his habitus in which he became pessimistic towards his education. This research explains that the pessimistic habitus of Yanis in school, as an arena, constitutes a critique to a more adaptive and supportive education system in the suburban area allowing students conducive arena to accumulate capitals, especially their social and cultural capitals. 
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library