Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Tulisan ini membahas peran pendidikan dalam era globalisasi. Analisis mengenai
bagaimana pendidikan telah berubah menjadi produk komersial dan dampaknya terhadap
mahasiswa dipaparkan dalam bagian pemhahasan. Selain itu, makalah ini memberikan
usulan terhadap peran yang perlu dibawakan oleh mahasiswa maupun pihak akademik
untuk pengembangan industri pendidikan di masa yang akan datang. Kasus-kasus yang
teijadi di lnggris Raya dan Indonesia menjadi bahan analisis dalam tulisan ini.
"
Jurnal Kajian Wilayah Eropa Vol. 4 No. 3 2008: 32-40, 2008
JKWE-4-3-2008-32
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mufid Fadhilah Anggitasari
"ABSTRAK
Artikel ini membahas Les Petits Enfants du Si cle sebagai sebuah karya sastra yang tidak hanya memiliki fungsi estetik saja, tetapi juga berfungsi sebagai cerminan realitas sosial dan media penyampai kritik. Les Petits Enfants du Si cle karya Christiane Rochefort adalah roman yang diterbitkan pasca Perang Dunia II. Karya ini menceritakan kehidupan Josyane dan keluarganya yang memanfaatkan tunjangan keluarga untuk bertahan hidup di era Les trente glorieuses masa kejayaan Prancis . Fokus tulisan ini adalah memperlihatkan realitas masyarakat konsumeris Prancis pasca Perang Dunia II yang cerminkan pada keluarga Josyane. Metode kualitatif digunakan untuk membahas fokus kajian secara deskriptif dan mendalam. Paham yang menjadi acuan dalam melihat gagasan konsumeris dalam karya ini adalah pemikiran Jean Beaudrillard mengenai masyarakat konsumeris Prancis pasca Perang Dunia II. Pendekatan struktural digunakan untuk melihat kesejajaran antara kedua gagasan konsumeris, yaitu gagasan yang ditunjukkan pada Les Petits Enfants du Si cle dengan gagasan Jean Beaudrillard.

ABSTRACT
This article discusses Les Petits Enfants du Si cle as a literary work that not only has an esthetic function, but is also used as a mirror reflection of social reality and a means to convey criticism. Les Petits Enfants du Si cle by Christiane Rocheforts is a novel published post World War II. It tells of the life of Josyane and her family who use their family rsquo s financial support to survive during Les trente glorieuses the French golden era . The focus of this article is to show the reality of the consumerist French society post World War II which is represented by Josyane rsquo s family. A qualitative method is used to discuss the focus of analysis which is descriptive and in depth. The idea used as a reference in observing the consumerist idea in this novel is the one expressed by Jean Baudrillard regarding the French consumerist society post World War II. A structural approach is used to observe the parallelism between these two consumerist ideas the idea expressed in Les Petits Enfants du Si cle and the idea expressed by Jean Baudrillard."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Qoriroh Annisa Tartillah Firdausy
"ABSTRACT
Topik yang dibahas dalam penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif ini adalah pengaruh dari fenomena belanja online terhadap budaya konsumerisme di Rusia pada tahun 2013-2017 dan bertujuan untuk mengetahui masyarakat Rusia dalam menyikapi hidup hemat sebagai dampak dari krisis ekonomi pada tahun 2009 dan pengaruh tren belanja online terhadap pola konsumsi masyarakat Rusia di tahun 2013-2017. Permasalahan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori masyarakat konsumsi dari Jean Baudrillard 1998 dan pendekatan teori budaya populer oleh John Storey 2003. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa belanja online menjadi gaya hidup masyarakat Rusia sebagai masyarakat dunia yang berusaha untuk mengikuti tren masa kini. Terjadinya krisis ekonomi pada tahun 2009 dan 2015 serta faktor teknologi dengan adanya penetrasi internet berdampak pada berubahnya pola konsumsi dari offline ke online, akan tetapi tidak merubah perilaku konsumtif dari konsumen Rusia. Hal tersebut dibuktikan dengan melonjaknya nilai penjualan ritel online yang sejalan dengan naiknya angka omset penjualan ritel, banyaknya jumlah ritel online dan meningkatnya jumlah konsumen belanja online di Rusia.
ABSTRACT
The topic is discussed in descriptive analyze research on qualitative approachment is the effect of online shopping phenomenon towards Russias consumerism culture in 2013 2017 and aims to identified Russians society in addressing the frugal life seems as the effect of the economic crisis in 2009 and the influenced of online shopping trends on consumption patterns of Russians society in 2013 2017. The problems in the researches were analyzed using the theory of consumer society by Jean Baudrillard 1998 and the popular cultural theory approached by John Storey 2003. The results of the research indicates that online shopping is becoming a lifestyle of Russian society as a world society that strives to follow the present trend. The economic crisis in 2009 and 2015, and technological factors with internet penetration have an impact on changing the consumption pattern from offline to online, but not to change the frugal behavior of Russian consumers. This is evidenced by the surge in the value of online retail sales in line with the rise in retail sales turnover, the number of online retails and the increasing number of online shopping consumers in Russia. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Rudy Fardiyan
"Tesis ini membahas nilai-tanda BlackBerry yang merupakan bagian dari komodifikasi yang muncul pada era masyarakat konsumen menggantikan nilaiguna suatu objek konsumsi. Penelitian ini adalah penelitian kritis dengan desain kualitatif yang menggunakan metode semiotika. Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu dilakukan lebih banyak penelitian kritis terhadap objek-objek konsumsi, mengingat objek-objek ini merupakan artifak dari suatu peradaban sehingga pada objek-objek tersebut terdapat unsur-unsur ideologis dari sebuah wacana yang berkembang dalam peradaban dimana objek tersebut diproduksi, diditribusi dan dikonsumsi.

The focus of this study is about the sign-value of BlackBerry which is a part of commodification that emerge on consumer society's era replacing function-value of object consumption. The purpose of this study is to understand what are these BlackBerry sign-value looks a like. Knowing this will allow us to identify the grand narrative behind the existence of objects which is could help us to become more selective on consuming objects. This research is a critical semiotic. The data were collected by analysing technologies that built the object. The researcher suggest that we need more critical study toward objects whereas the objects are a very common thing around us that could be hiding the power of ideology on our civilization."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30649
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Ayienda Dinanti
"Tesis ini membahas hasrat seksual perempuan yang dikomodifikasi melalui perspektif konsumerisme dalam novel Beautiful You (2014) karya Chuck Palahniuk. Teks dianalisis dengan pendekatan struktural Roland Barthes, teori feminisme eksistensialis Simone de Beauvoir dan konsep konsumerisme Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana konsumerisme berpengaruh terhadap dominasi gender yang dihasilkan komodifikasi hasrat seksual perempuan. Analisis struktur dan strategi naratif teks membuktikan kehadiran seksualitas perempuan yang terkungkung dan dikomodifikasi tokoh laki-laki. Selanjutnya, posisi tokoh perempuan dikaji lebih lanjut menggunakan analisis semiotik mainan seks dan penafsiran kutipan teks terkait tubuh serta hasrat seksual yang diobjektifikasi. Walaupun terdapat resistensi yang dilakukan tokoh utama, gagasan dominasi laki-laki tetap bertahan untuk menguasai perempuan. Namun, kesuksesan tersebut tidak semata-mata terjadi akibat tokoh laki-laki. Wacana konsumerisme terbukti bekerja dan mengukuhkan kehadiran dominasi gender terhadap perempuan. Tesis ini diharapkan menjadi sebuah refleksi masyarakat dalam menghadapi permasalahan sosial. Hasil penelitian dapat digunakan untuk mempelajari korelasi antara fenomena komodifikasi hasrat seksual perempuan dengan wacana konsumerisme yang muncul di peradaban modern.
This thesis discusses the sexual desires of women which are commodified through the perspective of consumerism in the novel Beautiful You (2014) by Chuck Palahniuk. Text is analyzed through Roland Barthess structural approach, Simone de Beauvoirs theory on existentialist feminism, and Jean Baudrillards concept on consumerism. The result of the study shows that consumerism has an influence on gender domination which is caused through the commodification of womens sexual desires. Analysis on the structure and narrative text is carried out to prove the presence of female sexuality that is confined and commodified by male character. Furthermore, the position of female characters are further examined through semiotic analysis on sex toys and interpretation of texts quotations on objectified body and sexual desires. Despite the resistance of the main character, the idea of male domination persisted in dominating women. However, the success was not solely caused by male character. The discourse of consumerism is proven to work in the text to confirm the presence of gender dominance over women. This thesis is expected to be a reflection to the community in dealing with social problems. The results of the study can be used to learn the correlation of commodified womens sexual desire phenomenon with consumerism which is appeared in modern civilization"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Ayienda Dinanti
"Tesis ini membahas hasrat seksual perempuan yang dikomodifikasi melalui perspektif konsumerisme dalam novel Beautiful You (2014) karya Chuck Palahniuk. Teks dianalisis dengan pendekatan struktural Roland Barthes, teori feminisme eksistensialis Simone de Beauvoir dan konsep konsumerisme Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana konsumerisme berpengaruh terhadap dominasi gender yang dihasilkan komodifikasi hasrat seksual perempuan. Analisis struktur dan strategi naratif teks membuktikan kehadiran seksualitas perempuan yang terkungkung dan dikomodifikasi tokoh laki-laki. Selanjutnya, posisi tokoh perempuan dikaji lebih lanjut menggunakan analisis semiotik mainan seks dan penafsiran kutipan teks terkait tubuh serta hasrat seksual yang diobjektifikasi. Walaupun terdapat resistensi yang dilakukan tokoh utama, gagasan dominasi laki-laki tetap bertahan untuk menguasai perempuan. Namun, kesuksesan tersebut tidak semata-mata terjadi akibat tokoh laki-laki. Wacana konsumerisme terbukti bekerja dan mengukuhkan kehadiran dominasi gender terhadap perempuan. Tesis ini diharapkan menjadi sebuah refleksi masyarakat dalam menghadapi permasalahan sosial. Hasil penelitian dapat digunakan untuk mempelajari korelasi antara fenomena komodifikasi hasrat seksual perempuan dengan wacana konsumerisme yang muncul di peradaban modern

This thesis discusses the sexual desires of women which are commodified through the perspective of consumerism in the novel Beautiful You (2014) by Chuck Palahniuk. Text is analyzed through Roland Barthess structural approach, Simone de Beauvoirs theory on existentialist feminism, and Jean Baudrillards concept on consumerism. The result of the study shows that consumerism has an influence on gender domination which is caused through the commodification of womens sexual desires. Analysis on the structure and narrative text is carried out to prove the presence of female sexuality that is confined and commodified by male character. Furthermore, the position of female characters are further examined through semiotic analysis on sex toys and interpretation of text‟s quotations on objectified body and sexual desires. Despite the resistance of the main character, the idea of male domination persisted in dominating women. However, the success was not solely caused by male character. The discourse of consumerism is proven to work in the text to confirm the presence of gender dominance over women. This thesis is expected to be a reflection to the community in dealing with social problems. The results of the study can be used to learn the correlation of commodified womens sexual desire phenomenon with consumerism which is appeared in modern civilization."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Humaira
"Konsumen Inggris memiliki kesadaran tinggi bahwa konsumerisme pakaian dan perusahaan fast fashion multinasional memiliki dampak buruk kepada lingkungan maupun kesejahteraan buruh. Namun di sisi lain, konsumerisme pakaian tetap meningkat tiap waktu dan perusahaan fast fashion multinasional diduga memiliki peran besar dalam melestarikan konsumerisme pakaian ini. Kontradiksi tersebut membawa penulis kepada pertanyaan penelitian mengapa konsumerisme pakaian di Inggris kian tinggi tiap tahunnya saat masyarakatnya memiliki kesadaran tentang dampak negatif dari perilaku tersebut. Dalam mencari jawaban dari pertanyaan penelitian, penulis menggunakan paradigma pos-strukturalisme dengan konsep Libidinal Economy dan Consumer Society untuk mengetahui bagaimana konsumerisme tercipta dan langgeng di Inggris. Sementara untuk mengetahui bagaimana sistem kapitalisme global memanfaatkannya, penulis menggunakan konsep Blok Historis dari konsep Neo-Gramscian. Penelitian ini menemukan bahwa konsumerisme pakaian sudah menjadi fenomena sosioekonomi dalam masyarakat Inggris sejak abad 18. Sementara di abad 21, konsumerisme diakselerasi dengan kehadiran perusahaan fast fashion multinasional yang memiliki kapabilitas untuk menciptakan hiperrealitas konsumen Inggris melalui eksposur produk-produk mereka secara masif menggunakan teknologi informasi serta strategi pemasaran yang terintegrasi. Penelitian ini juga menemukan adanya tanggung jawab yang digantungkan oleh konsumen Inggris kepada perusahaan fast fashion multinasional untuk menyelesaikan dampak yang sudah diperbuat. Penelitian ini bertujuan untuk membahas lebih lanjut tentang diskursus konsumerisme dalam masyarakat yang disebabkan oleh perusahaan multinasional dan diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada Studi Hubungan Internasional terutama dalam konsep relasi kuasa.

have negative impacts to the environment and garment workers' welfare. Yet on the other hand, fashion consumerism continues to increase over the time while multinational fast fashion companies are presumed to have big roles in preserving this consumerism. This contradiction leads the author to the research question of why British fashion consumerism is getting higher every year while Brittons have high awareness of the negative impacts from this behavior. In seeking answers to research questions, authors applied post-structuralism paradigm of the Libidinal Economy and Consumer Society concepts to find out how consumerism was created and lasted in the UK. Meanwhile, to find out how the global capitalist system took advantage of it, the authors applied the Historical Bloc concept from the Neo-Gramscian concept. This research finds that fashion consumerism has been a socioeconomic phenomenon in British society since the 18th century. Meanwhile in the 21st century, this phenomenon accelerated by the presence of multinational fast fashion companies that had capabilities to massively indoctrinate British consumers through the exposure of their products using information technology and integrated marketing strategies. This study aims to further discuss the discourse of consumerism in society caused by multinational companies and is expected to contribute to International Relations study, especially in the concept of power relations."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulhasril Nasir
Jakarta: UI-Press, 2008
PGB 0311
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Fania Roseliza
"ABSTRACT
Pola konsumsi masyarakat pasca keruntuhan Uni Soviet berubah menjadi lebih konsumtif karena masuknya produk-produk asing yang menawarkan berbagai macam pilihan produk yang belum pernah mereka rasakan pada masa Uni Soviet. Skripsi ini membahas, mengeksplorasi dan memahami perilaku konsumerisme masyarakat pasca-Uni Soviet dengan menggunakan metode studi kasus di negara Federasi Rusia pada tahun 2010 sampai 2016. Guna membahas perubahan pola konsumsi masyarakat pada masa Uni Soviet dan setelahnya, penelitian ini melibatkan teori konsumerisme dan konsep-konsep konsumsi yang berkaitan dengan transisi dan perubahan sistem ekonomi yang dialami masyarakat. Hasil skripsi ini menggambarkan bahwa terdapat faktor objektif dan faktor subjektif yang membentuk pola konsumsi masyarakat untuk menjadi lebih konsumtif. Faktor objektif berasal dari pihak di luar masyarakat yang sifatnya memaksa, sedangkan faktor subjektif berasal dari keinginan masyarakat baik secara individu maupun kelompok.

ABSTRACT
The pattern of public consumption after the collapse of the Soviet Union became more consumptive because of the influx of foreign products offering a wide range of products they had never tasted in the Soviet times. This thesis discusses, explores and understands the behavior of post Soviet society consumerism using case study method in the country of Russian Federation from 2010 to 2016. In order to discuss the changing of society consumption pattern during Soviet period and afterwards, this research involves consumerism theory and concepts of consumption associated with transitions and changes in the economic system experienced by the society. The results of this thesis illustrate that there are objective factors and subjective factors that shape the pattern of public consumption to become more consumptive. The objective factor comes from outside the community that is forced, while the subjective factor comes from the desire of the community both individually and in groups. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Revi Novkaputri
"ABSTRAK
Dalam masyarakat konsumen, merek adalah sesuatu yang sangat penting dan memiliki pengaruh besar pada produk yang dikonsumsi; termasuk produk fashion. Fashion streetwear adalah salah satu produk pakaian yang digandrungi berbagai merek dengan harga tinggi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa dalam mengonsumsi, merek memiliki makna sendiri dan ada nilai-nilai yang mendasari seseorang untuk membelinya. Sejumlah penelitian lain telah menemukan bahwa perilaku konsumsi dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Dalam masyarakat postmodern, konsumsi dapat menentukan hubungan sosial antar individu dalam masyarakat. Oleh karena itu, orang dapat diklasifikasikan ke dalam hierarki budaya melalui pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki untuk barang-barang konsumen. Pengetahuan ini dapat ditunjukkan dengan orientasi merek yang kuat. Dengan demikian, penelitian ini berpendapat bahwa orientasi merek di antara karyawan rekan penjualan ritel fesyen diperkuat oleh lingkungan kerja. Namun dalam praktik konsumsi yang dilakukan oleh Sales Associates, ada akses yang membuatnya lebih mudah bagi mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memperkuat orientasi merek dan memberikan individu akses ke konsumsi, lingkungan membantu individu untuk mendapatkan posisi tertentu dalam klasifikasi kelas berdasarkan hierarki budaya.

ABSTRACT
In a consumer society, a brand is something that is very important and has a big influence on the products consumed; including fashion products. Streetwear fashion is one of the clothing products that are loved by various brands at high prices. Numerous studies show that in consuming, a brand has its own meaning and there are values ​​that underlie a person to buy it. A number of other studies have found that consumption behavior is influenced by the social environment. In postmodern society, consumption can determine social relations between individuals in society. Therefore, people can be classified into cultural hierarchies through the knowledge and skills they have for consumer goods. This knowledge can be demonstrated by strong brand orientation. Thus, this study argues that brand orientation among employees of fashion retail sales associates is reinforced by the work environment. But in the consumption practices practiced by Sales Associates, there is access that makes it easier for them. The method used in this study is a qualitative method with in-depth interview data collection techniques. The results show that by strengthening brand orientation and giving individuals access to consumption, the environment helps individuals to get certain positions in class classifications based on cultural hierarchy."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>