Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irgahayu Madhina
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara tanggung jawab dan peran defender (pembela korban) dalam bullying pada siswa SD. Pengukuran tanggung jawab menggunakan alat ukur yang dikonstruksi oleh Sukiat (1993) dan pengukuran peran defender menggunakan alat ukur peran defender yang dikonstruksi oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian mengenai reaksi bystander oleh Rigby (2008), hasil penelitian mengenai alasan menjadi defender oleh Beane (2008), dan kriteria defender yang dikemukakan oleh Beane (2008). Partisipan berjumlah 135 siswa yang berasal dari dua sekolah dasar di kota Cilegon, dengan karakterisitik usia 10-12 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara tanggung jawab dan peran defender dalam bullying pada siswa SD sebesar 0,532 yang signifikan pada l.o.s. 0,01 (nilai p = 0,000). Artinya, semakin tinggi tanggung jawab yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi tingkat peran defender yang dimiliki.

This study was conducted to examine the relationship between responsibility and the role of defender in bullying incidence among elementary school students. The measurement of responsibility was conducted using measuring instruments constructed by Sukiat (1993). The measurement of the role of defender was conducted using measuring instrument constructed by the researcher based on bystander reaction study result by Rigby (2008); reasons being defender study result by Beane (2008); and defender criteria set out by Beane (2008). Total participants of this study was 135 students from two elementary schools in Cilegon with age characteristic of 10-12 years. The results of this study indicate that there is a significant positive relations between responsibility and the role of defender in bullying incidence among elementary school students with 0.532 which is significant at l.o.s. 0.01 (p value = 0.000). It means that the higher the responsibility held by the students, the higher their level of defending roles."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47768
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Trianawati
"Tujuan penulisan ini untuk mengetahui dan menjelaskan strategi coping yang digunakan oleh anak sebagai korban bullying di sekolah. Selain itu, penulisan ini ingin menjelaskan penerapan strategi coping dikarenakan persepsi kerentanan dirinya sebagai korban bullying dan perasaan stress selama ia di sekolah. Penulisan ini menggunakan metode penulisan unobtrusive melalui pendekatan analisis isi. Jumlah keseluruhan artikel media massa online mencapai 105 kasus. Berdasarkan hasil tinjauan penulis, strategi coping yang digunakan yaitu diam, menghindari sekolah, mencari pertolongan, membalas, membawa senjata ke sekolah dan mengikuti kegiatan di sekolah. Dukungan sosial dan penjagaan di sekolah mampu mempengaruhi penggunaan coping oleh korban bullying.

The purpose of writing is to explain the coping strategies used by the child as a victim of bullying at school. In addition, this paper wants to explain the application of coping strategies due to the perception of vulnerability itself as the victim of bullying and feelings of stress for his/her at school. This writing used unobtrusive research through content analysis approach. The total number of mass media articles online reached 105 cases. Based on the results of the review authors, coping strategies used are silent, avoiding school, seeking help, revenge, bring weapons to school and attending activities at school. Social support and capable guardianship in schools can affect the use of coping by victims of bullying."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library