Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmatunnisa Nur Salikha
"Air bekas wudu merupakan salah satu limbah domestik utama dari masjid sebagai rumah ibadah. Penggunaannya yang minim kontaminasi sangat potensial dijadikan sebagai sumber air alternatif untuk memenuhi kebutuhan air di masjid dan mengurangi konsumsi air bersih. Riset ini dilakukan dengan studi literatur dan studi kasus pada Masjid Istiqlal yang bertujuan untuk mengembangkan skema pemanfaatan air bekas wudu di masjid berdasarkan kategori kebutuhan  dan peringkat kualitas dari masing-masing kebutuhan air di masjid. Potensi air bekas wudu yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai sumber air alternatif di di masjid mencapai 72,57 m3/hari dengan penghematan pemakaian air bersih hingga 22,15 %. Potensi penghematan dari segi biaya perlu ditinjau kembali karena masih lebih besar dari biaya pembebanan air per m3 dari PAM untuk tarif golongan tempat ibadah. Namun dapat mencapai penghematan sebesar Rp 16.500.000 per tahun untuk tarif golongan rumah tangga sederhana. Pengaplikasian skema pemanfaatan air bekas wudu dapat mengurangi konsumsi air bersih dan memberikan dampak terhadap keberlangsungan ketersediaan air di masjid.

Ablution water is one of the main domestic wastes of the mosque as a place of worship. Its minimal use of contamination has the potential to be used as an alternative water source to meet water needs in mosques and reduce consumption of clean water. This research was conducted with a literature study and case study at the Istiqlal Mosque which aims to develop the scheme of utilizing ablution water in mosques based on the category of needs and the quality rating of each water consuption in the mosque. The potential of ablution water that can be reused as an alternative water source in the mosque reaches 72.57 m3/day with savings of clean water usage up to 22.15%. The savings potential in terms of costs needs to be reviewed because it is still greater than the cost from drinking water company per m3 for religious place. Saving can be achieved when compared to low level households tariff, IDR 16,500,000 per year. The application of the scheme of utilization of ablution water can reduce consumption of clean water and have impact on sustainability of water availability in the mosque."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T54108
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rinaldo Hermawan
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh antaseden pembentukan komitmen seorang individu terhadap suatu kelompok sosial didalam mendorong perilaku penciptaan konten di jejaring sosial. Didalam penelitian ini, dikemukakan bahwa perilaku penciptaan konten ddidalam jejaring sosial dipengaruhi oleh affective commitment, continuance commitment dan normative commitment, dimana pembentukan masing-masing dimensi komitmen dipengaruhi oleh
antesedennya masing-masing, antara lain dukungan sosial, sunk cost, kualitas alternatif, dan dorongan sosial. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat single cross-sectional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam jejaring sosial Instagram sebagai bentuk jejaring sosial yang lebih menekankan fungsi "inspirasional", affective commitmen dan, continuance commitment dibuktikan memiliki pengaruh didalam mendorong perilaku penciptaan konten, sementara normative commitment tidak dapat dibuktikan
memiliki pengaruh yang signifikan. Pada hasil penelitian ini, dikemukakan pula bahwa didalam jejaring sosial seperti instagram, relational capital dan perceived critical mass tidak dapat dibuktikan memiliki pengaruh yang signifikan didalam mendorong pembentukan dimensi komitmen.

ABSTRACT
, This research is conducted to examine the influence of commitment’s antecedents on content-creation behaviour in social networking sites (SNSs). Previous research shows that content-creation on SNSs is affected by dimensions of commitment, whereas each dimension acts as mediating variabel for its antecedents. The results found that affective commitment and continuance had significant positive influence on content-creation behaviour on Instagram, where normative commitment was found to be insignificantly influencing contentcreation
behaviour. Slightly different with previous study, results on this research shows that on Instagram, relational capital and perceived critical mass had insignificant effects on influencing its commitment dimension.]"
2015
S58319
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library