Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Enno Dwi Hayuning Parasati Putri
Abstrak :
Penyebaran hallyu (한류) melalui media webtoon atau webcomics merupakan metode baru yang dilakukan oleh Korea Selatan dalam menyebarkan kebudayaan, khususnya di bidang kuliner. Hal ini didukung dengan perkembangan teknologi dan juga meningkatnya pembaca manhwa (만화) atau komik buatan Korea Selatan melalui aplikasi Line Webtoon. Mukbang Life merupakan webtoon asal Korea Selatan yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Mengangkat tema tentang kuliner Korea Selatan, Mukbang Life menjadi salah satu webtoon yang turut menyebarkan budaya kuliner Korea Selatan. Fokus permasalahan yang dibahas adalah peran webtoon berjudul Mukbang Life dalam membentuk persepsi pembacanya terhadap budaya kuliner Korea Selatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi pembaca Mukbang Life terhadap penggambaran budaya kuliner yang ditampilkan dalam webtoon tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dalam menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan faktor tema dan teknis berperan dalam membangun persepsi pembaca webtoon Mukbang Life. Pembaca memersepsikan penggambaran kuliner Korea dalam Mukbang Life sebagai sumber informasi yang menambah pengetahuan terkait kuliner Korea. Dengan demikian, webtoon dinilai memiliki potensi sebagai media yang mengenalkan budaya kuliner Korea secara global. ......The spread of Hallyu (한류) through webtoon or webcomics is a new method used by South Korea in spreading culture, especially in the culinary field. The use of this medium is supported by technological developments and the increasing number of readers of manhwa (만화) or comics made in South Korea through the Line Webtoon application. Mukbang Life is a webtoon from South Korea that has been translated into Indonesian. With the theme of South Korean cuisine, Mukbang Life is one of the webtoons that helps spread South Korean culinary culture. The problem focused on this study is the role of the webtoon Mukbang Life in shaping its readers' perception of South Korean culinary culture. This study aims to determine the perception of Mukbang Life readers on the depiction of culinary culture displayed in the webtoon. This study uses descriptive survey method to answer research questions. The results showed that the theme and technical factors played a role in building the perception of Mukbang Life webtoon readers. Readers perceive the depiction of Korean cuisine in Mukbang Life as a source of information that increases knowledge related to Korean cuisine. Thus, webtoon is considered to have potential as a medium that introduces Korean culinary culture globally.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Safira
Abstrak :
Peningkatan ketertarikan masyarakat Indonesia, khususnya dewasa muda, terhadap budaya pop Korea membuat mereka ikut tertarik dengan kuliner negeri ginseng ini. Namun sayangnya, belum ada media di Indonesia yang menyajikan informasi memadai dan lengkap seputar kuliner Korea. Padahal saat ini di Indonesia, kian bermunculan tempat makan, produk makanan dan acara berkaitan dengan Korea. Manfaat dari pengembangan prototype ini adalah memberi informasi mengenai kuliner Korea secara mendalam dan meningkatkan apresiasi terhadap budaya dan kuliner negara lain, khususnya Korea. Tujuannya adalah untuk memberikan alternatif kuliner baru dan memenuhi kebutuhan akan informasi seputar kuliner Korea dengan format media online yang populer di masyarakat. Situs YŏrŏYori merupakan situs kuliner Korea berbahasa Indonesia. Target khalayak dari situs YŏrŏYori adalah pria dan wanita yang memahami bahasa Indonesia dan berusia 20-34 tahun. YŏrŏYori dapat diakses melalui www.yoroyori.com. Situs ini hadir dengan tampilan menarik, konten bervariasi, dan akses yang mudah. Situs YŏrŏYori menyajikan bermacam artikel dan resep dalam lamannya. Penggunaan gambar, slide, dan video menjadi pelengkap konten situs. Pre-test media: menggunakan kuesioner online untuk mengetahui respon khalayak dan mendapat masukan untuk perbaikan situs. Evaluasi: (1) Evaluasi khalayak dengan kuesioner online untuk mengetahui kesesuaian situs YŏrŏYori dengan keinginan khalayak. (2) Evaluasi produk (input, output, outcome) dilakukan dengan analisis progress report dalam rapat redaksi serta kuesioner online untuk khalayak tiap enam bulan. ......Young adults in Indonesia are getting interested with Korean pop culture. From this basis, they become interested with Korean culinary also. New Korean restaurants, Korean food products, and events related to Korea are increased in Indonesia. Unfortunately, there is no media in Indonesia provides complete information about Korean cuisine. The benefits from developing this prototype are to provide depth information about Korean cuisine and to increase appreciation for food of other countries, especially Korea. The goals are to give an alternative culinary in Indonesia and also to fulfill the need of Korean cuisine information with the use of online media format. YŏrŏYori is an Indonesian-language website about Korean cuisine. Target audiences of the site are men and women who understand Indonesian language and aged 20-34 years. YŏrŏYori can be accessed through www.yoroyori.com. This site comes with an attractive design, and varied content. The use of pictures, slides and videos to complement its content. Media Pre-test: using an online questionnaire to obtain input for website improvements. Evaluation: (1) Audience evaluation with an online questionnaire to find whether YŏrŏYori website is in accordance with the request of audience. (2) Evaluation of product (input, output, and outcome) is done by analyzing the progress report during editorial meeting and spreading an online questionnaire for audience every six months.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lamis Yasyfiafiyah
Abstrak :
Skripsi ini membahas kimchi sebagai salah satu bentuk budaya kuliner pada masyarakat Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kimchi sebagai bentuk budaya kuliner di Korea dan mendeskripsikan perubahan yang dialami kimchi sebagai identitas kuliner Korea. Dalam penelitian ini diketahui bahwa kimchi yang sebelumnya hanya sebagai hidangan pendamping di setiap waktu makan orang Korea, berubah menjadi suatu identitas kuliner Korea. Perubahan tersebut terjadi dikarenakan arus globalisasi dan industrialisasi di Korea. ......This study focused on kimchi as one of culinary culture from Korean society. The purpose of this study is to analyze kimchi as a form of culinary culture in Korea and also to descript shifting in kimchi as Korea’s culinary culture identity. In this study, it was known that kimchi, that were previously known only as a side dish at every Korean people’s mealtime, turned into Korea’s culinary identity. This changes occurred due to globalization and industrialization in Korea.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library