Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Alif Rivansyah
"Fasilitas layanan kesehatan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, laboratorium kalibrasi peralatan kesehatan yang berkualitas tinggi sangat diperlukan sebagai sarana pendukung dari fasilitas layanan kesehatan. Seiring dengan meningkatnya standar kualitas fasilitas kesehatan di Indonesia, peningkatan kualitas pelayanan dari laboratorium kalibrasi perlu dilakukan guna pemenuhan standar kualitas sarana pelayanan kesehatan dan agar tetap kompetitif. Pengetahuan tentang kualitas pelayanan pada laboratorium kalibrasi alat kesehatan sangatlah diperlukan untuk hal ini, namun faktor kualitas pelayanan dan pengaruhnya pada kepuasan pelanggan hingga loyalitas pelanggan belum banyak di teliti. Oleh karena itu penelitian ini dibuat untuk menguji pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada laboratorium kalibrasi alat kesehatan. Studi ini akan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengevaluasi faktor kualitas layanan yang telah diidentifikasi. Hasil dari analisis PLS-SEM kemudian diterapkan pada analisis peta prioritas (IPMA). Hasil dari analis yang dilakukan menggunakan metode PLS-SEM menunjukan bahwa faktor kualitas pelayanan yang terdiri dari proses administrasi, waktu pelayanan, petugas, fasilitas, dan hasil pelayanan terbukti berpengaruh secara signifikan pada kepuasan pelanggan, dimana kepuasan pelanggan juga mempengaruhi loyalitas pelanggan. Dengan faktor “petugas” memiliki nilai kepentingan tertinggi dengan nilai 0.362 berdasarkan hasil analisis IPMA.
Healthcare facilities have an important role in human life, a high-quality medical equipment calibration laboratory is very necessary to support the healthcare facilities. Along with increasing quality standards for healthcare facilities in Indonesia, improving the service quality of medical devices calibration laboratories is needed to meet the quality standards of healthcare facilities and to remain competitive. Knowledge about service quality in this field is very necessary for this, however service quality factors and their influence on customer satisfaction and customer loyalty have not been studied futher. Therefore, this research was created to examine the effect of service quality on customer satisfaction and loyalty in the context of medical device calibration laboratories. The Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method is conducted to evaluate the service quality factors that have been identified. The PLS-SEM results then applied to importance-performance map analysis (IPMA). The results showed that service quality factors consisting of administrative processes, service time, Calibration staffs, facilities and service results are proven to have a significant influence on customer satisfaction, where customer satisfaction also influences customer loyalty. The "calibration staff" factor has the highest importance with a value of 0.362 based on the results of the IPMA analysis."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nur Aeni
"Jumlah laboratorium kalibrasi alat kesehatan yang terakreditasi berdasarkan ISO/IEC 17025 masih terbatas dan dengan persebaran yang tidak merata menjadi masalah utama dalam pelaksanaan kalibrasi pelayanan kesehatan di Indonesia. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, Badan Standardisasi Nasional bertugas dalam mengelola akreditasi laboratorium alat kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat kesediaan laboratorium kalibrasi alat kesehatan untuk diakreditasi serta merumuskan usulan strategi untuk meningkatkan minat akreditasi laboratorium kalibrasi alat kesehatan. Dari hasil uji korelasi spearman diperoleh sembilan dari 14 faktor penghambat yang memiliki hubungan signifikan dengan kesediaan laboratorium untuk diakreditasi. Sedangkan untuk faktor pendorong dari hasil uji korelasi spearman diperoleh bahwa semua faktor memiliki hubungan signifikan dengan kesediaan laboratorium kalibrasi alat kesehatan untuk mendapatkan akreditasi. Faktor penghambat dan pendorong yang memiliki hubungan signifikan menjadi masukan dalam mengidentifikasi faktor SWOT. Selanjutnya dengan metode AHP ditentukan prioritas dari hasil alternatif strategi yang diperoleh dari matriks SWOT. Strategi mendayagunakan media informasi alur pelayanan dan persyaratan akreditasi serta menambah ketersediaan jumlah dana fasilitasi bimbingan untuk meningkatkan kesiapan personel laboratorium kalibrasi alat kesehatan merupakan strategi prioritas utama yang harus dilakukan.
The number of accredited medical device calibration laboratories based on ISO/IEC 17025 is still limited and becomes the main obstacle in the implementation of medical device calibration service activities in Indonesia. This study aims to determine the driving and inhibiting factors for the readiness of medical device calibration laboratories to be accredited and to formulate proposed strategies to increase interest in the accreditation of medical device calibration laboratories. The results of the Spearman correlation test showed that nine of the 14 inhibiting factors had a significant relationship with the willingness of laboratories to be accredited, while all the driving factors had a significant relationship with the willingness of laboratories to be accredited. Inhibiting and driving factors that have a significant relationship are input in identifying internal and external factors to make a SWOT analysis. The AHP method is used to determine the priority of the alternative strategy results obtained from the SWOT matrix. The strategy of utilizing service flow information media and accreditation requirements as well as increasing the availability of the amount of funding for facilitation guidance to increase the readiness of laboratory personnel for medical device calibration is the main priority strategy that must be carried out. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library