"
ABSTRAKStrategi belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, telah menjadi sebuah pembahasan yang penting di kalangan para peneliti dan pengajar Bahasa Inggris. Akan tetapi, penelitian mengenai strategi belajar bahasa masih sedikit jumlahnya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara penerapan strategi belajar bahasa dengan hasil belajar pada 107 siswa kelas 11 SMA Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan kuisioner ELLSI English Language Learning Strategy Inventory yang diadaptasi dari Oxford SILL Student Inventory Language Learning . Kemudian, data yang diperoleh dianalisis menggunakan Korelasi Pearson. Dalam proses analisis, peserta dibagi menjadi dua kelompok kategori, yaitu kelompok berprestasi high achiever group dan kelompok berprestasi rendah low achiever group . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi mengingat memory strategies adalah strategi yang balik banyak digunakan. Terkait korelasi, pada low achiever group menunjukkan adanya korelasi yang sedikit signifikan, sedangkan pada high achiever group menunjukkan korelasi negatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan strategi belajar bahasa tidak sepenuhnya bertujuan untuk mencapai nilai yang tinggi, melainkan juga berkaitan dengan motivasi dan instruksi belajar yang disampaikan oleh guru di kelas.
ABSTRACTForeign language learning strategies have become a crucial issue among researchers and ELT enthusiasts. However, learning strategies research in high school learners is still minimum. This study attempts to fill the gap by investigating the correlation between language learning strategies and students rsquo mid test score among 107 eleventh grade students of SMAN 8 Jakarta. The study is done using ELLSI English Language Learning Strategy Inventory questionnaire adapted from Oxford SILL Student Inventory Language Learning , and the data is calculated using Pearson Correlation. The participants are divided into low achiever group and high achiever group. The research finds that memory strategies are used most often than other types of strategies. It is also found that there is marginally significant correlation in low achiever group and negative correlation in high achiever group. It indicates that the use of learning strategies does not only aim to achieve high scores, but it could also be affected by external factors, such as motivation and teachers rsquo learning instruction."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017