Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Rts. Tiara Hilda Safitri
"Penelitian ini dilakukan di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh layanan perpustakaan digital melalui website terhadap flow experience pemustaka di Perpustakaan UNSRI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif inferensial. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, 388 kuesioner online yang valid. Teknik penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling. Adapun metode pengukuran instrument menggunakan skala likert dan pengolahan data menggunakan SPSS (Statistical Product and Solution) versi 25. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan perpustakaan digital melalui website berpengaruh positif dan signifikan terhadap flow experience. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis korelasi dan dibuktikan dengan analisis regresi linier sederhana menghasilkan t hitung sebesar 25,336. Pengujian hipotesis taraf signifikansi (a) ditetapkan 0,05 (5%) dan menggunakan uji dua pihak (sig. 2-tailed), serta didasarkan pada derajat kebebasan (degree of freedom) dk =n-2, yaitu 388-2 = 386, sehingga diperoleh nilai t tabel = -1,64881. Maka nilai t hitung > t tabel (25,336 > -1,64881), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang bermakna flow experience dapat dipengaruhi oleh layanan perpustakaan digital melalui website.
This research was conducted at UPT Sriwijaya University Library (UNSRI) Palembang. The purpose of this study was to analyze the effect of digital library services through websites on the user experience flow in the UNSRI Library. This study uses quantitative inferential methods. Data collection methods used in this study used a questionnaire, 388 valid online questionnaires. The technique of determining the sample using a simple random sampling method. The instrument measurement method uses a Likert scale and data processing uses SPSS (Statistical Product and Solution) version 25. Hypothesis testing techniques using correlation coefficient analysis, coefficient of determination, and simple linear regression analysis. The results of this study indicate that digital library services through the website have a positive and significant effect on flow experience. Based on the results obtained from the correlation analysis and proved by simple linear regression analysis produces a count of 25.336. Hypothesis testing significance level (a) is set at 0.05 (5%) and uses a two-part test (sig. 2-tailed), and is based on the degree of freedom dk = n-2, which is 388-2 = 386, so we get the value of t table = -1,64881. Then the value of t count> t table (25.336> -1.664881), so that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that the flow experience can be influenced by digital library services through the website."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Savira Taryani
"Perpustakaan sebagai penyedia informasi bagi masyarakat merupakan organisasi pendukung pendidikan yang terkena dampak perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Perpustakaan telah berkembang dari konvensional menjadi digital, dan dapat diakses kapanpun dan dimana pun. Salah satu perpustakaan digital yang sering digunakan adalah aplikasi iPusnas. Jika sebuah aplikasi dapat berguna untuk kegiatan sehari-hari, maka pengguna akan merasa puas. Oleh sebab itu, pengukuran kualitas layanan aplikasi iPusnas sebagai salah satu aplikasi perpustakaan digital diperlukan untuk mengetahui baik atau tidaknya aplikasi tersebut menurut pengguna. Dalam penelitian ini, metode WebQual 4.0 dengan tiga variabel digunakan untuk mengidentifikasi kualitas layanan dan kepuasan pengguna aplikasi iPusnas. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan data yang didapat, rata-rata kualitas layanan aplikasi iPusnas menurut pengguna sebesar 84,7%, sedangkan kepuasan pengguna aplikasi iPusnas sebesar 86,1%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan aplikasi iPusnas sangat baik dan pengguna merasa sangat puas dalam menggunakan aplikasi tersebut.
Libraries as information providers for the public are supporting education affected by the development of Science and Technology. Libraries have evolved from conventional to digital and can be accessed anytime and anywhere. One of the digital libraries that people often use in Indonesia is the iPusnas application. When an application can be helpful in daily activities, users will feel satisfied and vice versa. Therefore, measuring the service quality of the iPusnas application as one of the digital library applications is needed to determine whether the application is good or not according to the user. This study identifies service quality and user satisfaction of the iPusnas application using the WebQual 4.0 method, which consists of three variables, namely usability, information quality, and service interaction. The data was obtained through the distribution of questionnaires and processed using descriptive analysis techniques. Based on the data obtained, the average service quality of the iPusnas application according to users is 84.7%, while the satisfaction of iPusnas application users is 86.1%. These results indicate that the iPusnas application service is excellent, and users feel very satisfied with iPusnas."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library