Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bertens, K. [Kees]
Jakarta: Gramedia, 2006
371.38 BER m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Bertens, K. [Kees]
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005
371.3 BER m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yeni Rustina
"Lulusan merupakan hasil dari proses pendidikan. Utilisasi, distribusi lulusan dan reievansi antara pekerjaan yang ditekuni dengan pengetahuan yang didapat selama pendidikan dapat memberi masukan terhadap sistem pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk rnengidentifikasi distribusi, utilisasi lulusan dan relevansi pekerjaan vang ditekuni dengan pendidikan yang didapat. Metodologi yang digunakan adalah berupa survey dengan menyebarkan angket kepada seluruh lulusan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia melalui pos. Pengolahan data dilakukan secara elektrik dengan menggunakan program SPSS. Analisa data dibantu dengan uji statistik univariat. Dari 461 angket yang disebarkan, terkumpul kembali 200 angket (43%). Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa lulusan Fakultas llmu Keperawatan Universiias Indonesia tersebar di 18 propinsi di Indonesia dengan tugas utama bidang pendidikan (70%) dan mayoritas bekerja sebagai dosen {52%). Waktu tunggu untuk mendapalkan pekerjaan pertama lulusan yang berasal dari Program A mayoritas (61%) kurang dari 1 bulan. Dan penelitian ini Fakultas Ilmu Keperawatan mendapatkan beberapa masukan yaitu metoda pembelajaran yang dirasakan paling menunjang keberhasilan proses belajar mengajar adalah praktek klinik (23,5%); dan diskusi kelompok (19,2%) dan perlu lebih memngkatkan mata ajar Pendidikan dalam Keperawatan, Manajemen Keperawatan, dan Riset Keperawatan.

Graduate is an output of an education process Graduates utilization, distribution and its relevance between their current position and the gained knowledge during education am provide inputs to the whole education systems. This study was aimed at identifying graduates distributor, utilization and its relevance between the alumni current position a gained knowledge The methodology in this study was a survey. Data were collected by sending mailed questioner to all graduates of the Faculty of Nursing University of Indonesia throughout the country. The data was analyzed by SPSS program. Univariate statistical tests were employed to analyze the data, four hundred sixty one mailed questionnaires were sent to alumni of Program A & B, and 200 questionnaires were returned (43%). The findings indict graduates of the Faculty of Nursing University of Indonesia who spread out in IK provinces in Indonesia have I working in the field of education (70%) and the majority position as faculty members (52%). The waiting period first job for those who were graduated from Program A (f>]%) was less than f month. Through this study, the Faculty obtained several inputs related to teaching learning processes implemented at the Faculty of Nursing UI. The inputs identified the methods of learning process which were assumed at very encouraging ways for successful teacher processes There were clinical practice (23,5%) and group discussion (19,2%), mean while the courses which were significantly needed to he improved were Leadership & Management in Nursing and Nursing Research."
1999
JJKI-II-6-Mei1999-195
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Lalu M. Safrizal Kurnia Ramdhoni
"Latar Belakang: Dokter anestesiologi dituntut untuk memiliki kompetensi sesuai dengan perkembangan keilmuan. Pengetahuan akan gas anestetik inhalasi merupakan pengetahuan dasar yang wajib dikuasai oleh dokter spesialis anestesiologi. Kurangnya kompetensi tersebut dapat mengakibatkan peningkatan jumlah morbiditas dan mortalitas dalam praktik anestesiologi. Metode pemelajaran yang selama ini dilakukan antara lain diskusi dan pemberian kuliah. Di era pesatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini, sudah memungkinkan digunakannya screen based simulation (SBS) dalam bentuk aplikasi untuk pemelajaran anestetik inhalasi bagi residen Anestesiologi, seperti aplikasi Gas Man®. Aplikasi Gas Man® bertujuan untuk membantu peserta didik memahami fisiologi dan patofisiologi obat anestetik inhalasi.
Metode: Penelitian ini merupakan Randomized Controlled Trial. Subjek penelitian merupakan residen Anestesiologi dan Terapi Intensif FK UI tahun akademik 2022–2023 dengan status aktif Tahap Pembekalan dan Tahap Magang yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak termasuk dalam kriteria eksklusi. Sampel dilakukan randomisasi menggunakan halaman web www.randomizer.org, dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok simulasi dan diskusi. Sampel diberikan pre test dan post test, serta mengisi survei kepuasan di akhir kegiatan.
Hasil: Kelompok simulasi mendapat nilai median (IQR) post test 80 (76,67-83,33) sedangkan kelompok diskusi 50 (40-66,67) dengan nilai P=0,000<0,05. Masing-masing kelompok memiliki tingkat kepuasan "Puas" 63,2% dan 68,4% (secara berurutan).
Kesimpulan: Metode pemelajaran berbasis simulasi dengan menggunakan aplikasi Gas Man® lebih baik jika dibandingkan berbasis diskusi dalam peningkatan pengetahuan ambilan dan distribusi anestetik inhalasi residen Anestesi."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Agusasi Pramesti
"Studi terbaru mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis di kalangan pelajar Indonesia berada dalam situasi yang memprihatinkan terkhusus pada pembelajaran fisika, hal ini dikarenakan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Untuk menghadapi tantangan tersebut, pendidik memilih dan menggunakan metode pembelajaran berbasis permainan, agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan bekerja sama peserta didik. Penelitian ini menjelaskan pengembangan metode pembelajaran ‘Puzzle Game-based Learning’ untuk menciptakan pembelajaran fisika yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta menjadikan pembelajaran fisika berpusat pada keaktifan peserta didik sehingga menjadikan pembelajaran yang menyenangkan. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Al-Wildan Islamic School 1 Gading Serpong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest dan posttest. Metode yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Berdasarkan hasil pretest dan posttest didapatkan nilai Mean pada pretest sebesar 0,4436 kurang dari nilai posttest 0,8521, dan nilai correlation sebesar 0,671 atau 67,1% hubungan antara kedua tes tersebut, serta nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005, dengan nilai Sig (2-tailed) bernilai 0,000 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis puzzle pada materi getaran dan gelombang di tingkat SMA.

Recent studies reveal that critical thinking skills among Indonesian students are in a concerning situation, especially in physics learning, this is because learning still uses conventional methods such as lectures and teacher-centered learning. To face these challenges, educators choose and use game-based learning methods, to improve students’ critical thinking skills, creativity, and ability to work together. This research describes the development of the ‘Puzzle Game-based Learning’ method to create physics learning that can develop students’ critical thinking skills, increase interest and motivation to learn, and make physics learning centered on students’ activeness to make learning fun. In this study, sample used was all students at class 11th grade Senior High School Al-Wildan Islamic School 1 Gading Serpong. This research is experimental research with pretest and posttest. The methods used were tests and questionnaires. Based on the results of the pretest and posttest, the Mean value on the pretest was 0.4436 less than the posttest value of 0.8521, and the correlation value was 0.671 or 67.1% of the relationship between the two tests, and the Sig (2-tailed) value of 0.000 < 0.005, with a Sig (2-tailed) value of 0.000, it can be concluded that there is an effect of using puzzle-based learning methods on vibration and wave material at the high school level."
Depok: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This book highlights the state of the art and recent advances in Big Data clustering methods and their innovative applications in contemporary AI-driven systems. The book chapters discuss Deep Learning for Clustering, Blockchain data clustering, Cybersecurity applications such as insider threat detection, scalable distributed clustering methods for massive volumes of data; clustering Big Data Streams such as streams generated by the confluence of Internet of Things, digital and mobile health, human-robot interaction, and social networks; Spark-based Big Data clustering using Particle Swarm Optimization; and Tensor-based clustering for Web graphs, sensor streams, and social networks. The chapters in the book include a balanced coverage of big data clustering theory, methods, tools, frameworks, applications, representation, visualization, and clustering validation. "
Switzerland: Springer Nature, 2019
e20507207
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Putri Nadhifa
"Latar Belakang: Pembelajaran berbasis masalah (PBM) adalah metode pembelajaran baru yang digunakan saat ini, dimana pembelajaran mengenai gigi tiruan cekat (GTC) juga dipelajari dengan metode ini pada tahap akademik. Mahasiswa yang saat tahap akademik memiliki hasil pembelajaran yang baik, tidak menjamin akan memiliki performa yang baik pula pada tahap profesi. Penyebab akan hal tersebut berhubungan dengan metode pembelajaran yang digunakan. Meski pada banyak studi, metode PBM terbukti memiliki dampak yang baik bagi peserta didik, namun efektivitas PBM juga masih diperdebatkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penilaian terhadap efektivitas metode PBM mengenai perawatan GTC. Tujuan: Mengetahui distribusi frekuensi efektivitas metode PBM mengenai perawatan GTC oleh mahasiswa profesi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) Metode: Studi deskriptif dengan desain potong lintang. Subjek penelitian merupakan mahasiswa profesi FKG UI yang telah menyelesaikan ketiga perawatan GTC hingga salah satu perawatan tersebut mencapai tahap kontrol. Pengambilan data dilakukan melalui Google Form, dengan pilihan jawaban pada kuesioner menggunakan skala Likert. Hasil: Distribusi frekuensi efektivitas pembelajaran untuk komponen pertanyaan sebesar 76%, komponen kedua sebesar 74%, dan komponen ketiga sebesar 75.3%. Kesimpulan: Dari data yang didapat menunjukkan bahwa efektivitas PBM mengenai perawatan GTC cukup efektif. Persentase efektivitas pembelajaran tertinggi terdapat pada komponen pertanyaan pertama, yaitu mengenai diagnosis dan rencana perawatan GTC; sedangkan komponen dengan persentase terendah terdapat pada komponen kedua, yaitu mengenai penatalaksanaan perawatan GTC.

Background: Problem-based learning (PBL) is a recent learning method, which fixed dental prosthesis (FDP) is also learned using that methods in preclinical program. Students who perform well in preclinical program does not guarantee will perform well in clinical program too. It is related to the type of learning methods in the dental school. Although PBL methods have proven to give good impacts on dental students, but in some studies the effectivity of that methods is still debated. Therefore, it is necessary to assess the effectiveness of PBL methods in FDP learning. Objective: The aim of this study was to find out the frequency distribution of the effectivity of PBL methods in FDP learning process among the clinical students in FKG UI. Methods: A descriptive study with cross-sectional design. The samples of this study are the clinical students of FKG UI who have completed their fixed prosthodontics requirements, until one of those requirements reaches the control phase. The data were collected through Google Form, with each items of the questionnaire rated on a Likert scale. Results: The frequency distribution of the effectiveness of PBL methods for the first component was 76%, the second component was 74%, and the third component was 75.3%. Conclusion: The findings of this study shows that the effectiveness of PBL methods about FDP learning process is quite effective. The highest percentage of the effectiveness of PBL methods is in the first question component, which is about diagnosis and treatment planning; while the component with the lowest percentage is the second component, which is about technical skills on execution of treatment."
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library