Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aurora Dhea Vanessa
"Latar belakang: Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan gastrointestinal yang memiliki manifestasi klinis paling umum berupa heartburn dan regurgitasi, dengan prevalensi sejumlah 57,6% di Indonesia. Stres, salah satu faktor risiko GERD, dapat terjadi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dengan prevalensi yang mencapai 88,9%. Selain itu, mahasiswa kedokteran umumnya mengalami perubahan tingkat kesehatan seiring dengan berjalannya tingkat perkuliahan. Adanya pandemi COVID-19 yang menyebabkan munculnya metode perkuliahan dalam jaringan (online) juga dapat memengaruhi tingkat kesehatan mahasiswa Fakultas Kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara tingkat stres, tingkat perkuliahan, dan metode perkuliahan terhadap kejadian GERD pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di masa pandemi COVID-19.
Metode: Penelitian ini memiliki desain potong lintang dengan menggunakan data primer melalui kuesioner dalam jaringan. Sejumlah 224 responden kemudian dikelompokkan berdasarkan tingkat stres, tingkat perkuliahan, metode perkuliahan, dan kejadian GERD. Data kemudian dianalisis menggunakan chi square.
Hasil: Prevalensi GERD pada mahasiswa FKUI adalah sejumlah 12,1%. Ditemukan bahwa faktor-faktor tingkat stres (p=0,531), tingkat perkuliahan (p=0,202), dan metode perkuliahan (p=0,544) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian GERD.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres, tingkat perkuliahan, dan metode perkuliahan dengan kejadian GERD pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di masa pandemi COVID-19.

Introduction: Gastroesophageal reflux disease (GERD) is a gastrointestinal disorder with its most prominent clinical manifestations being heartburn and regurgitation, and the prevalence of 57.6% in Indonesia. Stress, one of the risk factors of GERD, can happen to medical students with the prevalence of 88.6%. Aside from that, medical students are prone to having health degree changes as they go through medical school. The online learning method due to the COVID-19 pandemic may have an impact on medical students' health. This research's purpose is to determine the relationship between stress levels, academic year, and learning methods to the incidence of GERD in medical students of Universitas Indonesia during the COVID-19 pandemic.
Method: This research was conducted with cross-sectional design using primary data collected through online questionnaires. The amount of respondents gathered was 224, which was further classified by stress levels, academic year, learning method, and incidence of GERD. The data was then further analysed using chi-square.
Result: The prevalence of GERD in medical students of Universitas Indonesia is 12.1%. It was found that the factors stress level (p=0.531), academic year (p=0.202), and learning method (p=0.544) have no significant relationship with the incidence of GERD.
Conclusion: There is no significant relationship between stress level, academic year, and learning method with the incidence of GERD in medical students of Universitas Indonesia during the COVID-19 pandemic.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alisha Damara Praditya
"Latar Belakang
World Health Organization (WHO) menyatakan COVID-19 sebagai pandemi dan menyebabkan diterapkannya beberapa kebijakan untuk mengurangi penyebaran virus. Kebijakan-kebijakan tersebut, seperti pembatasan fisik, diketahui dapat memengaruhi tingkat aktivitas fisik seseorang yang penting bagi kesehatan. Dengan demikian, penting untuk mengevaluasi pandemi COVID-19 terhadap aktivitas fisik, terutama pada mahasiswa kedokteran.
Metode
Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik cross-sectional yang menggunakan data primer dari survei kuesioner daring yang disebarkan kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada bulan Februari hingga Juni 2023. Tingkat aktivitas fisik diukur dengan menit MET per minggu atau waktu yang dihabiskan dalam aktivitas fisik. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS), khususnya dengan menggunakan uji Wilcoxon, Mann-Whitney, dan Kruskal-Wallis.
Hasil
Sebanyak 119 mahasiswa mengisi kuesioner penelitian ini secara lengkap. Studi ini menemukan bahwa tingkat aktivitas fisik sebelum pandemi COVID-19 berkisar antara 0 hingga 15120 MET dengan nilai median sebesar 1020 MET, sedangkat tingkat aktivitas fisik setelah pandemi berkisar antara 0 hingga 13744 MET dengan nilai median sebesar 1120 MET. Terlebih, tidak ada pengaruh yang signifikan antara Pandemi COVID-19 terhadap perubahan tingkat aktivitas fisik (p = 0,725). Studi ini juga menemukan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan pada tingkat aktivitas fisik sebelum dan sesudah Pandemi COVID-19, serta tidak ada pengaruh yang signifikan antara karakteristik demografi dan tingkat aktivitas fisik.
Kesimpulan
Tidak ada perubahan tingkat aktivitas fisik yang pada seseorang mahasiswa fakultas kedokteran sebelum dan setelah pandemi COVID-19.

Introduction
The World Health Organization declared COVID-19 as a pandemic and resulted in the implementation of policies to reduce the spread of the virus. The policies, such as physical distancing, were known to affect the physical activity level among individuals, which is also important for one’s health. Thus, it is important to evaluate the COVID-19 pandemic on physical activities, especially among medical students.
Method
This study was an analytical observational cross-sectional study that used primary data from the online questionnaire survey that was distributed from February until June 2023. The physical activity level was measured with MET minutes per week or time spent in physical activity. The data were analyzed using the Statistical Package for Social Sciences (SPSS), specifically using the Wilcoxon, Mann-Whitney, and Kruskal-Wallis tests. Results
A total of 119 students filled in the questionnaire completely. This study has found that the physical activity level before the COVID-19 pandemic ranges between 0 to 15120 MET with a median of 1020 MET, while the physical activity level after the pandemic ranges between 0 to 13744 MET with a median of 1120 MET. Moreover, there is no significant effect between the COVID-19 pandemic and the changes in the level of physical activity (p = 0.725). This study has also found that there are no significant changes in the level of physical activity before and after the COVID-19 pandemic, as well as no significant effect between the demographic characteristics and the level of physical activity.
Conclusion
There are no significant changes in the physical activity level of medical students before and after the COVID-19 pandemic.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrew Pratama Kurniawan
"Latar Belakang: Stres dialami semua orang tidak terkecuali mahasiswa. Namun, mahasiswa fakultas kedokteran memiliki tingkat stres yang lebih tinggi daripada mahasiswa di fakultas lainnya. Stres dikhawatirkan dapat berdampak negatif seperti gangguan kesehatan, penurunan kemampuan kognitif, kecemasan, dan burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan kaitannya dengan performa akademik.
Metode: Penelitian cross-sectional ini menggunakan instrumen PSS-10 yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia untuk mengukur tingkat stres mahasiswa dan performa akademik berupa nilai modul terakhir mahasiswa. Nilai dikelompokkan menjadi 3 yaitu nilai sangat memuaskan (A- dan A), memuaskan (B-, B dan B+), dan kurang memuaskan (
Hasil: Skor stres mahasiswa tingkat 1 paling tinggi dengan skor median 21,00±(6,721), tingkat 2 dengan skor median 18,50±(6,013), dan tingkat 3 dengan skor median 19,00±(6,543). Pada semua tingkat ditemukan kelompok mahasiswa dengan nilai sangat memuaskan memiliki median dan mean tingkat stres paling rendah dibanding dengan tingkat lainnya. Analisis tingkat stres antar kelompok nilai hanya bermakna secara statistik pada mahasiswa tingkat 3 (p<0,05).
Simpulan: Tidak ditemukan pengaruh yang pasti antara stres dengan performa akademik dikarenakan hubungan bermakna hanya ditemukan pada mahasiswa tingkat 3 fakultas kedokteran (nilai p <0,05).

Introduction: Everyone definitely has experienced stress in their daily life regardless. However, medical students experience a higher level of stress than other college students in other faculty. Stress could induce some negative impacts such as declining health, lowering cognitive skills, anxiety, and burnout. Therefore, this study aims to measure the stress level of preclinical medical students in University of Indonesia and its correlation with academic performance.
Method: This cross-sectional study used PSS-10 questionnaire that has been translated to Indonesia language as an instrument to measure stress level. Their academic performance is measured by students’ final grade in the last module. Final grades are divided to three groups, highly satisfactory with grades of A- and A, satisfactory with grades from B- to B+, and less satisfactory with grade below B-. Kruskal-wallis or ANOVA test is used to find a statistical significance between stress levels in groups.
Results: The result is first year students have the highest stress level with the median score of 21,00±(6.754), second year students with median score of 19,00±(6.029), and the third year students have the median score of 19,00±(6.543). In every year, the very satisfactory group has the lowest mean score and median stress score compared to other groups in the same year, with a statistical difference only appear in third year students (p<0.05).
Conclusion: There are not enough evidence to conclude a significance correlation between stress level and academic performance, since the statistical difference is only found in the third year medical students (p<0.05).
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library