Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anisa Farah Tresnaherdiarti
"Latar Belakang: Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Aktivitas fisik merupakan gerakan pada tubuh manusia yang melibatkan kerja rangka dan otot sehingga terjadi pengeluaran energi. Aktivitas fisik dikatakan memiliki efek dalam penurunan stress yang sering terjadi pada mahasiswa kedokteran sehingga aktivitas fisik dapat berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang. Aktivitas fisik dikatakan juga mempengaruhi performa akademis seseorang karena dapat meningkatkan faktor neurotropik pada otak, meningkatkan aliran darah kortikal otak, serta meningkatkan pertumbuhan saraf pada hippocampus yang berhubungan dengan memori dan pembelajaran.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan aktivitas fisik dengan Quality of Life dan performa akademis Mahasiswa Kedokteran Tingkat 3 FKUI Tahun Akademik 2019/2020.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional dengan pendekatan total sampling dari mahasiswa kedokteran tingkat 3 FKUI Tahun Akademik 2019/2020. Responden mengisi kuesioner GPAQ dan WHOQOL-BREF secara sukarela.
Hasil: Jumlah responden yang mengisi kuesioner 126 responden (response rate= 98%). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara aktivitas fisik dengan quality of life (P>0,05). Untuk aktivitas fisik dengan performa akademis tidak ditemukan juga hubungan yang bermakna (P=0,688).
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan quality of life dan performa akademis.

Background: Physical activity has many benefits for human body. Physical activity is any bodily movement produced by skeletal muscles resulted in energy expenditure. Physical activity known to play role in reducing stress levels that are generally developed among medical students which could affect their quality of life. In addition to that, it is also known to affect their academic performance due to the increase of neurotrophic factors in the brain, cerebral cortical blood flow, nerve growth in the hippocampus which is associated with memory and learning.
Aims: To identify the relationship between physical activity with quality of life and academic performance among the 3rd-grade Medical Students of FKUI during the Academic Year 2019/2020.
Methods: Cross-sectional study was conducted with a total sample taken from 3rd-grade Medical Students of FKUI during the Academic Year 2019/2020. GPAQ and WHOQOL-BREF questionnaire was filled voluntarily.
Results: Total of 126 respondents has filled out the questionnaire (response rate = 98%). Statistical analysis shows that there is no significant relationship between physical activity with quality of life (P>0,05) as well as academic performance (P=0,688).
Conclusions: This study shows that physical activity has no significant relationship with quality of life and academic performance.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Laksmi Maharani
"Latar Belakang Pandemi COVID-19 telah membawa dampak signifikan di seluruh dunia, termasuk sistem pendidikan di Indonesia yang mengadopsi sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Mahasiswa kedokteran tingkat preklinik, kelompok yang rentan mengalami masalah kesehatan mental, juga terdampak. Meskipun terdapat perubahan akibat pandemi COVID-19, institusi pendidikan perlahan mulai kembali ke pembelajaran tatap muka. Hal ini menciptakan kemungkinan alterasi kualitas tidur mahasiswa kedokteran tingkat preklinik pada dua fase tersebut. Dengan demikian, kualitas tidur mahasiswa kedokteran tingkat preklinik di fase puncak dan pascapuncak pandemi COVID-19 perlu diselidiki. Metode Desain penelitian yang digunakan adalah potong lintang. Kuesioner PSQI yang sudah diterjemahkan dan divalidasi disebarkan pada dua periode, yaitu bulan Juli—Oktober 2021 untuk data puncak dan April 2022—Maret 2023 untuk data pascapuncak. Sebanyak 246 mahasiswa kedokteran diikutsertakan dalam penelitian ini yang kemudian akan diuji menggunakan Mann-Whitney untuk mengetahui perbedaan kualitas tidur saat puncak dengan pascapuncak pandemi. Faktor yang dianalisis antara lain jenis kelamin, usia, dan tingkat preklinik. Hasil Uji Mann-Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan kualitas tidur yang signifikan antara fase puncak dengan pascapuncak pandemi (p > 0,05). Dalam aspek komponen PSQI, ada perbedaan yang signifikan antara durasi tidur dan gangguan tidur saat puncak dengan pascapuncak (p < 0,05). Rata-rata durasi tidur adalah 6—7 jam. Kesimpulan Tidak terdapat perbedaan kualitas tidur yang signifikan antara saat puncak dengan pascapuncak pandemi pada mahasiswa kedokteran tingkat preklinik.

Introduction The COVID-19 pandemic has had a significant impact worldwide, including on the educational system in Indonesia, which adopted remote learning (PJJ). Pre-clinical medical students, a group vulnerable to mental health issues, were also affected. Despite the changes brought about by the COVID-19 pandemic, educational institutions are gradually returning to in-person learning. This presents the risk of alterations in the quality of sleep of pre-clinical medical students during these two phases. Therefore, the sleep quality of pre-clinical medical students during the peak and post-peak phases of the COVID-19 pandemic needs to be examined. Method The research design used was cross-sectional. The PSQI questionnaire, which had been translated and validated, was administered during two periods: July to October 2021 for peak data and April 2022 to March 2023 for post-peak data. A total of 246 medical students participated in this study and were tested using the Mann-Whitney test to determine differences in sleep quality during the peak and post-peak phases of the pandemic. Factors analysed included gender, age, and pre-clinical level. Results Mann-Whitney test revealed no significant difference in sleep quality between the peak and post-peak phases of the pandemic (p > 0,05). In terms of PSQI componentes, there were significant differences in sleep duration and sleep disturbances between the peak and post-peak phases (p < 0,05). The average sleep duration was 6—7 hours. Conclusion There was no significant difference in sleep quality between the peak and post-peak phases of the pandemic among pre-clinical medical students."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library