"Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan pedoman pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan dan perawatan pada bangunan sekolah berbasis Near Zero Energy Building (NZEB). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menyusun pedoman yang mampu meningkatkan kinerja pemeliharaan dan perawatan bangunan dengan pendekatan Work Breakdown Structure (WBS) dan Building Information Modeling (BIM). Kebutuhan akan efisiensi energi, efektivitas pelaksanaan, dan standar tata kelola teknis pemeliharaan yang aplikatif di lapangan menjadi dasar utama pengembangan pedoman ini. Objek studi yang digunakan adalah SMAN 96 Jakarta sebagai bangunan sekolah yang memenuhi karakteristik NZEB. Metodologi penelitian menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang meliputi studi literatur, observasi lapangan, validasi pakar, serta analisis data kuantitatif berupa uji regresi linear. Pengumpulan data dilakukan melalui penyusunan WBS, pemetaan kebijakan yang berlaku, penentuan spesifikasi material, syarat pelaksanaan, dan struktur format pedoman yang dianalisis secara integratif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pedoman yang dikembangkan mampu memetakan pekerjaan pemeliharaan hingga lima level dalam WBS, dan integrasi BIM memperkuat akurasi data serta visualisasi elemen pekerjaan. Temuan juga memperlihatkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara komponen-komponen pedoman (kebijakan, WBS, BIM) terhadap kinerja pemeliharaan dan perawatan yang diukur melalui indikator kesehatan, keselamatan, kenyamanan, dan kemudahan. Format pedoman yang dihasilkan juga telah divalidasi oleh pakar untuk memastikan kesesuaian struktur dan substansi teknis.
Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menyediakan panduan teknis operasional pemeliharaan gedung sekolah NZEB yang aplikatif, efisien, dan berkelanjutan. Pedoman ini dapat dijadikan acuan dalam manajemen aset bangunan pendidikan menuju penerapan konsep NZEB di Indonesia.
This study was conducted to develop a guideline for the implementation of maintenance and repair work on school buildings based on the Near Zero Energy Building (NZEB) concept. The objective of this research is to identify and formulate a guideline that can enhance maintenance and repair performance by employing the Work Breakdown Structure (WBS) and Building Information Modeling (BIM) approaches. The growing demand for energy efficiency, implementation effectiveness, and standardized, practical technical management in the field serves as the main foundation for this guideline development. The object of the study is SMAN 96 Jakarta, a school building that meets NZEB characteristics. The research methodology integrates both qualitative and quantitative approaches, including literature studies, field observations, expert validation, and quantitative data analysis through linear regression testing. Data collection involved the formulation of WBS, mapping of existing policies, specification of materials, execution requirements, and guideline structure, all of which were analyzed in an integrative manner. The research findings show that the developed guideline successfully maps maintenance activities up to five levels in WBS, while BIM integration enhances data accuracy and visualization of building components. The findings also reveal a significant relationship between the guideline components (policy, WBS, BIM) and maintenance and repair performance, as measured by indicators of health, safety, comfort, and accessibility. The guideline format has also been validated by experts to ensure its structural and technical suitability.Therefore, the results of this study are expected to contribute to providing an applicable, efficient, and sustainable technical guideline for the operational maintenance of NZEB school buildings. This guideline can serve as a reference in the asset management of educational facilities toward the implementation of the NZEB concept in Indonesia."