Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Oriza Sativa
"Sebagai program peningkatan penyediaan energi bersih secara berkelanjutan dan upaya mengurangi impor solar di tengah situasi global yang terancam krisis energi, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengeluarkan mandatori Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2006 Tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (biofuel) Sebagai Bahan Bakar Altarnatif. Karena jumlah bahan bakar fosil terbatas maka pemerintah membuat instruksi untuk mencampurkan bahan bakar fosil dengan minyak nabati. Biodiesel adalah bahan bakar nabati untuk aplikasi mesin/motor diesel berupa ester metil asam lemak (fatty acid methyl ester/FAME) yang terbuat dari minyak nabati atau lemak hewani melalui proses esterifikasi/transesterifikasi. Untuk saat ini, di Indonesia bahan baku biodiesel berasal dari Minyak Sawit (CPO). Biodiesel siap digunakan oleh mesin diesel biasa dengan sedikit atau tanpa penyesuaian. Penyesuaian dibutuhkan jika penyimpanan atau wadah biodiesel terbuat dari bahan yang sensitif dengan biodiesel seperti seal, gasket, dan perekat terutama mobil lama dan yang terbuat dari karet alam dan karet nitril. Biodiesel tidak berbahaya, tetapi biodiesel yang terdegradasi dapat menjadi sangat berbahaya bagi kumponen rubber dan metal yang berhubungan langsung dengan bahan bakar. Oleh sebab itu saya melakukan praktek keinsinyuran untuk mengurangi dampak biodiesel terhadap mesin diesel. Pekerjaan telah diselesaikan secara professional dengan menjalankan prinsip dasar kode etik insinyur dan senantiasa memperhatikan Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, Lingkungan Hidup (K3L) menggunakan standar–standar keamanan yang harus terus dijaga oleh setiap produsen mesin diesel.

As a program to increase the provision of clean energy sustainably and an effort to reduce diesel imports amidst a global situation threatened by an energy crisis, the President of the Republic of Indonesia, Joko Widodo issued a mandatory Presidential Instruction Number 1 of 2006 concerning the Provision and Utilization of Biofuels (biofuel) as Alternative Fuels. Because the amount of fossil fuels is limited, the government has issued instructions to mix fossil fuels with vegetable oil. Biodiesel is a vegetable fuel for diesel engine/motor applications in the form of fatty acid methyl ester (FAME) made from vegetable oil or animal fat through an esterification/transesterification process. Currently, in Indonesia, the raw material for biodiesel comes from Palm Oil (CPO). Biodiesel is ready to be used by ordinary diesel engines with little or no adjustment. Adjustments are needed if the biodiesel storage or container is made of materials that are sensitive to biodiesel such as seals, gaskets, and adhesives, especially old cars and those made of natural rubber and nitrile rubber. Biodiesel is not harmful, but degraded biodiesel can be very harmful to rubber and metal components that are in direct contact with the fuel. Therefore, I practice engineering to reduce the impact of biodiesel on diesel engines. The work has been completed professionally by implementing the basic principles of the engineer's code of ethics and always paying attention to Security, Safety, Health, Environment (K3L) using safety standards that must be maintained by every diesel engine manufacturer. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Febriana Djuningsih
"Suksesnya Program Konversi Minyak Tanah ke LPG yang dimulai sejak tahun 2007 menyebabkan meningkatnya kebutuhan LPG nasional. Namun kapasitas produksi LPG nasional tidak dapat mengikuti peningkatan kebutuhan LPG nasional. Dimetil Eter (DME) dapat dimanfaatkan sebagai bahan pencampur LPG. Untuk mendorong pemanfaatan campuran LPG-DME di sektor rumah tangga perlu didorong melalui mandatori Pemerintah.
Keekonomian pemanfaatan DME yang diproduksi dari batubara sebagai bahan bakar pencampur LPG di sektor rumah tangga di Indonesia melalui mandatory Pemerintah ditinjau untuk 2 skenario, yaitu pemanfaaran LD20 (campuran LPG-DME dengan komposisi 80%-20%) dan LD50 (campuran LPGDME dengan komposisi 50%-50%). Keekonomian pemanfaatan DME dievaluasi dengan menghitung penghematan Pemerintah selama 5 tahun anggaran dari selisish biaya LPG yang dapat tersubstitusi oleh DME di titik distribusi Depot serta biaya pembagian paket perdana 3 Kg (kompor khusus dan tabung) yang merupakan bagian dari kebijakan mandatori. Selanjutnya dilakukan analisis sensitivitas untuk parameter komposisi campuran LPG-DME, Harga Indeks Pasar (HIP) LPG, harga batubara, rasio efisiensi bahan baku, total investasi, dan IRR.
Dari hasil perhitungan, didapatkan penghematan Pemerintah selama 5 tahun anggaran untuk pemanfaatan LD20 bernilai negatif yaitu sebesar USD -1,34 milyar, dan pemanfaatan LD50 bernilai positif yaitu USD 796 juta. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa minimal komposisi LPG-DME adalah 60%-40% untuk memperoleh penghematan Pemerintah bernilai positif. Perubahan HIP LPG sangat sensitif terhadap nilai penghematan Pemerintah untuk pemanfataan LD20 dan LD50. Sedangkan perubahan harga batubara, rasio efisiensi bahan baku, total investasi, dan IRR tidak sensitif terhadap nilai penghematan Pemerintah untuk pemanfaatan LD20.
Untuk mandatori pemanfaatan LD50, penghematan akan mencapai negatif apabila HIP LPG mencapai kurang dari 375 USD/ton dengan resiko sebesar 5% dan harga batubara mencapai lebih dari 70 USD/ton dengan resiko sebesar 45%. Sedangkan untuk LD20, penghematan akan mencapai positif apabila HIP LPG mencapai lebih dari 600 USD/ton dengan potensi sebesar 70%.

The Success of Switching Kerosene to LPG Programme in Indonesia started from 2007 has been causing the increasing of LPG demand. But, LPG production capacity is not equal with the increasing of LPG demand. Dimethyl ether (DME) can be used as mixing component of LPG. To encourage utilization DME for LPG-DME mixture in household sector need Government mandatory.
The economic of DME -coal derived- utilization as mixing fuel of LPG in Indonesia through Government mandatory can be reviewed for 2 scenarios: utilization LD20 (LPG-DME mixture with 80%-20% composition) and LD50 (LPG-DME mixture with 50%-50% composition). The economic of DME utilization can be evaluated with calculate government?s saving during 5 fiscal years from difference of LPG cost which can be substituted by DME in Depot distribution point and distribution of starter packet cost (special stove and 3 Kg bottle). Then sensitivity analysis used to evaluate the influence of parameters changing to Government saving. The parameters are composition of LPG-DME mixture, market index price of LPG, coal price, ratio of raw material efficiency, total investment, and IRR.
The results are the savings from LD20 utilization is USD -1,34 billions and the savings from LD50 utilization is USD 796 millions during 5 fiscal years. The results of sensitivity analysis shows the minimum composition of LPG-DME mixture is 60-40% to reach positive government?s savings. The change of market index price of LPG very sensitive towards the amount of government's savings between LD20 and LD50 utilization. While the change of coal price, total investment, and IRR is not sensitive towards the amount of government?s savings for LD20 utilization.
For mandatory of LD50 utilization, the government?s savings can be negative if market index price of LPG reach less than USD 375/ton with risks as big as 5% and coal price reach more than USD 70/ton with risks as big as 45%. While for mandatory of LD20 utilization the government?s savings can be positive if market index price of LPG reach more than USD 600/ton with potency as big as 70%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45174
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Limbong, Nency Febrina Asima
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan harga minyak mentah Indonesia (ICP) dan harga minyak sawit mentah (CPO) pada berbagai periode kebijakan mandatori biodiesel di Indonesia. Dengan menggunakan metode analisis Ordinary Least Square (OLS) data deret waktu (time series) sejak Januari 2001 sampai dengan Desember 2021, penelitian ini menunjukkan secara umum ICP dan CPO berkorelasi positif dan signifikan, tetapi secara khusus hubungannya sangat bergantung pada jenis kebijakan biodiesel yang dijalankan. ICP dan CPO berkorelasi positif dan signifikan pada periode mandatori biodiesel subsidi terbatas (2006-2015) dan mandatori biodiesel insentif selisih harga yang dikombinasikan dengan tarif pungutan ekspor progresif (2020-2021). ICP dan CPO tidak berkorelasi pada saat mandatori insentif selisih harga dengan tarif pungutan ekspor tetap (2016-2019). Pada saat harga ICP dan harga CPO berkorelasi kuat dan signifikan, kenaikan stok tidak diasosiasikan dengan penurunan harga CPO. Namun, saat ICP dan harga CPO tidak berkorelasi, kenaikan stok diikuti penurunan harga CPO. Stabilisasi harga CPO hanya terjadi pada periode mandatori biodiesel insentif selisih harga yang dikombinasikan dengan tarif pungutan ekspor CPO tetap.

The main objective of this study is to provide the empirical study of the linked between Indonesian crude oil prices (ICP) and crude palm oil (CPO) prices in various periods of biodiesel mandatory policy in Indonesia. Using Ordinary Least Square (OLS) method for time series data from 2001 to 2021, this study shows that although ICP and CPO are positively and significantly correlated in general, the correlation varies depending on the biodiesel policy that being implemented. ICP and CPO are significantly correlated in the periode of biodiesel mandatory with limited subsidies (2006-2015) and in the biodiesel mandatory with incentives that is combined progressive CPO export levy tariff (2020-2021). ICP and CPO are not correlated during the biodiesel mandatory with incentives that combined of fixed CPO export levy (2016-2019). When the ICP and CPO price are strongly and significantly correlated, the increase in stock is not associated with a decrease in the CPO price. However, when ICP and CPO prices are not significantly correlated, the stock increase is followed by a decrease in CPO prices. CPO price stabilization only occurred during the biodiesel mandatory that is combined with incentives and a fixed CPO export levy tariff."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library