Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Salman Alfarizi
"Dalam tulisan ini akan membahas sifat sadisme dan masokisme dalam novel Utsukushisa to Kanashimi toyang dikarang oleh Kawabata Yasunari.Penulis akan melihat sifat masokisme dan sadisme dalam berbagai aspek. Yang menjadi Objek analisis dalam tulisan ini adalah tokoh Keiko. Penulis akan menjabarkan kecenderungan sifat sadisme dan masokisme yang terjadi dalam setiap interaksi tokoh Keiko dengan Tokoh lain.

In this paper will discuss the nature of sadism and masochism in Utsukushisa to Kanashimi to novel written by Yasunari Kawabata. I see the nature of masochism and sadism in various aspects. Which becomes object of analysis in this paper is a character Keiko. The author will describe sadism and masochism tendencies that occur in every interaction Keiko figure with other figures.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kirana Chandra Mumpuni Budiana
"ABSTRAK
Topik yang diangkat dalam penelitian ini adalah makna kehilangan dalam film Zerkalo Cermin, sebuah film karya penulis naskah dan sutradara, Andrej Tarkovskij. Tulisan ini dibuat bertujuan untuk menganalisis makna kehilangan yang ditampilkan melalui tokoh Maria dan latar tempat yang terdapat film. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotik Roland Barthes. Teori ini menjadi dasar dilakukannya dua tahap pemaknaan, yaitu denotasi dan konotasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekspositori, deskriptif, dan kritik. Hasil penelitian ini yaitu kehilangan dalam film Zerkalo dimaknai sebagai suatu bentuk penderitaan yang harus dinikmati dan merupakan bentuk ekspresi ketidaksadaran dari rasa bersalah yang dirasakan tokoh Maria. Jika dikaitkan dengan teori masokisme moral Freud, tokoh Maria merupakan sosok yang masokis karena ia menikmati penderitaan akibat peristiwa kehilangan suami yang dialaminya. Kecintaan pada penderitaan tersebut didasari oleh rasa bersalah Maria yang tidak bisa mempertahankan rumah tangganya. Bentuk masokisme ini telah mengakar dalam kesusastraan Rusia. Selain itu, latar belakang penulis naskah dan sutradara, Andrej Tarkovskij, sebagai pengagum Dostoevskij juga menjadi alasan adanya unsur masokisme dalam film ini, seperti dalam karya-karya Dostoyevskij.

ABSTRACT
The topic discussed in this research is the meaning of loss in Zerkalo Mirror, a movie by screenwriter and director, Andrej Tarkovskij. This paper is intended to analyze the meaning of loss that is displayed through the character of Maria and the background of the place in the movie. The main theory used in this research is Roland Barthes semiotic theory. This theory became the basis for the implementation of two stages of meaning, namely denotation and connotation. The methods that being used in this research are expository, descriptive, and criticism. The outcome from this research is the loss in Zerkalo ndash Mirror is interpreted as a form of suffering that must be enjoyed and a form of unconsciousness of the guilt felt by the character of Maria. When it comes to Freud theory of moral masochism, the character of Maria is considered as a masochistic figure because she enjoys the suffering of the events that occur behind it. The love of suffering is based on the guilt of Maria who can not maintain her marriage. This form of masochism rooted in Russian literature. In addition, the background of scriptwriter and director, Andrej Tarkovskij, as an admirer of Dostoevskij has also been the reason for an element of masochism in the movie, as in the works of Dostoyevskij. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hindhazah Nimauly
"Karya ini membahas tentang penggambaran kata toska yang ada dalam puisi-puisi Aleksander Blok yang berjudul На Смерть Деда - 1902 Na Smertʹ Deda (Kematian Kakek), Не Бойся Умереть в Пути… - 1902 Ne Bojsja Umeretʹ v Puti… (Jangan Takut Mati Sepanjang Jalan), Ночу, Улица, Фонарь, Аптека - 1912 Nočʹ, Ulica, Fonarʹ, Apteka (Malam, Jalan, Lentera, Apotek), dan Поксоронят, Зароят Глубоко - 1915 Poxoronjat, Zarojut Gluboko (Dikiburkan, Dikubur Dalam-Dalam). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana puisi-puisi tersebut dapat menggambarkan perasaan toska dalam tiga tingkatan yang berbeda agar mempermudah pemahaman atas perasaan tersebut dengan metode deskriptif analisis dan teori hermeneutika sebagai pisau bedah analisis tersebut. Hasil analisis membuktikan bahwa Aleksander Blok dapat memperlihatkan perasaan toska dalam tiga tingkatan dalam karya-karya yang diteliti.

This work discusses the description of the word turquoise in Aleksander Blok's poems entitled а е еда - 1902 Na Smertʹ Deda (Death of Grandpa), е ойся ереть … - 1902 Ne Bojsja Umeretʹ v Puti… (Don't Be Afraid to Die Along the Way) ), очу, а, онарь, ека - 1912 Nočʹ, Ulica, Fonarʹ, Apteka (Night, Street, Lantern, Pharmacy), and оксоронят, ароятоко - 1915 Poxoronjat, Zarojut Gluboko (Buried, Buried Deeply). The purpose of this study is to analyze how these poems can describe toska in three different levels so that it is easy to understand these feelings using analytical methods and hermeneutic theory as the analysis surgery. The results of the analysis prove that Aleksander Blok can enjoy feelings of gratitude in three levels in the work under study."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library