Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Carlson, Karen J.
London : Harvard University Press, 1997
616.89 CAR w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Zakiah Daradjat
Jakarta: Gunung Agung, 1983
297 ZAK i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Zakiah Daradjat
Jakarta: Haji Mas Agung , 1991
131.3 ZAK i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sadatu Darwin
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan jelas tentang pelaksanaan psiko-religius dengan pertaubatan dan mengetahui pengaruh dalam membina mental pasien pecandu narkotik dan zat adiktif di Pesantren Nurul Jannah Cikarang Bekasi. Konsep taubat digunakan sebagai terapi yaitu dengan meakkukan pendidikan terpadu untuk meningkatlcin kesadaran dan kesungguhan meninggalkan penggunaan napza, sehingga dapat sembula secara fisik dan mental.
Taubat sebagai psiko-religius memiliki tiga indikator umum yaitu: pertama An-Nadamu (penyesalan) yang memiliki ciri-ciri Bari penyesalan antara lain: menagis, takutlkhawtir/cemas {khauf), merenung, mengaharap-harap camas (raja ), mengutarakan kepada orang lain. Kedua keinginan berhenti (berjanji untuk tidak mengulangi doss) dan yang ketiga adalah pembuktian.
Bari penelitian terhadap proses pertaubatan di Pesantren Nurul Jannah Cikarang Bekasi diketahui bahwa proses pertaubatan yang dilakukan adalah sesuai dengan konsep-konsep taubat. Serta dari basil wawancara kepada enam pecandu napza yang telah bertaubat dengan proses pertaubatan di Pesantren Nurul Jannah Cikarang Bekasi diketahui adanya pengaruh dalam upaya membina mental pecandu napza Sehingga dapat dikatsakan dalam studi kasus ini bahwa proses peratubatan yang dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Jannah telah sesuai dengan konsep taubat dan sangat berpengaruh terhadap upaya membina mental pecandu napza.

ABSTRACT
The goal of this research is to know well and analyte about the work of psycho-religy by doing forswear method (Konsep Taubat) and to know the influence factor to recover the user of drug and narcotic in Pesantren Nurul Jannah Cikarang Bekasi. Religy therapy which is being an alternative wa to cure the users. And it is more success than others method there are many concepts in Islam to recover the users, One of them is forswear ( Taubat ) method.. This method is using particular education or Islamic curriculum to recover the users from eddicted drug ang get a way from Cher community in order to cure both psycho or mentality.
Forswear method as one of the psycho-religy which are involved into three general indicators, they are: An-Nadamu (Regreting) which has specific indicates such as they are crying, scared, frighteny, anxious (Khan ),they are restless in hoping something, (raja') , they will try to express their feeling to some one else. The second, they really want to quite and promise not to do it again (they will promise not to repeat their sin) and the finally they will prove their promise).
From the research we know that the forswear method which is done in Nurul Jannah is suitable with forswear concept it self. From the interview of six users who has already recovered, they proved that The influences of this method is reality successful to cure the users event psycho or mentality.
"
2007
T20785
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stevanus
"Teknologi adalah salah satu simbol keberhasilan manusia dalam eksistensinya di alam ini; dengan teknologi, manusia berhasil mengambil jarak, bahkan membedakan dirinya dari alam dan makhluk lainnya. Teknologi menjadi "alat" untuk menjelaskan keberadaan manusia sebagai makhluk yang menjelaskan realitas di alam ini. Oleh karena itu, teknologi tidak hanya digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan manusia dan pengetahuan, akan tetapi lebih daripada itu, teknologi menjadikan manusia seperti "tuhan". Teknologi di abad ke-21 merupakan "jalan" agar manusia dapat menampilkan kekuatannya, yang seolah-olah kekuatan itu hanya bisa dibandingkan dengan kekuatan Tuhan yang umumnya digambarkan sebagai Sumber dari segala sesuatu atau Ada Yang Tertinggi. Itulah sebabnya, motif manusia dalam memperkembangkan teknologi di abad ke-21 ini adalah motif untuk menjadi seperti"tuhan".

Technology is one of the symbols of success in human existence in this nature; with technology, people have been successful in taking the distance, even to distinguish himself from nature and other beings. Technology become a "tool" to explain human existence as beings, which explains this reality on the nature. Therefore, technology is not only used as a tool of human needs satisfaction and knowledge, but more than that, technology makes the man as "god". Technology in the 21st century is a "way" to showing the human power. The power seems that it can only be compared with the power of God that is generally described as a Source of all things or It"s the Top. That is why, the motive in development of human technology is to be as "gods"."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S16036
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Amania Afra
"Pasca penerapan LAPOR sebagai aplikasi umum dalam Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), setiap instansi pemerintah pusat dan daerah harus mengintegrasikan sistem pengaduannya dengan LAPOR. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia sebagai salah satu lembaga mengalami kendala dalam proses integrasi karena memiliki banyak sistem pengaduan internal. Proses integrasi telah dilakukan sejak tahun 2016. Namun proses integrasi tersebut hingga saat ini belum berhasil mencapai tujuannya. Salah satu penyebab yang ditemukan adalah gejala mentalitas silo dalam proses integrasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan faktor penyebab silo mentalitas dalam integrasi sistem pengaduan pelayanan publik di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor utama penyebab silo mentalitas dalam integrasi sistem pengaduan di KLHK. Kedua faktor tersebut adalah belum adanya sebaran visi dan misi serta belum adanya kejelasan peran dan tanggung jawab para pelaku terkait integrasi sistem pengaduan pelayanan publik di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sedangkan karakteristik yang dominan adalah perilaku yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan unit itu sendiri serta mempertimbangkan unit lain yang memberi beban tambahan. Analisis faktor dan karakteristik tersebut menggunakan teori Unsur Budaya Schein (2010) yang dipadukan dengan teori Penyebab Silo Schutz dan Bloch (2006).
......After the implementation of LAPOR as a general application in the National Public Service Complaint System (SP4N), every central and local government agency must integrate its complaint system with LAPOR. The Ministry of Environment and Forestry of the Republic of Indonesia, as one of the institutions, is experiencing difficulties in the integration process because it has many internal complaint systems. The integration process has been carried out since 2016. However, the integration process has yet to achieve its goals. One of the causes found was a symptom of the silo mentality in the integration process. Therefore, this study aims to determine the characteristics and factors that cause mental silos in the integration of the public service complaint system at the Ministry of Environment and Forestry. This study uses a post-positivist approach. The data used in this study came from in-depth interviews, observations, and literature studies. The results showed that there were two main factors causing the silo mentality in the integration of the complaint system at the Ministry of Environment and Forestry. These two factors are the absence of the distribution of the vision and mission and the lack of clarity on the roles and responsibilities of actors related to the integration of the public service complaint system in the Ministry of Environment and Forestry. Meanwhile, the dominant characteristic is behavior that prioritizes the safety and comfort of the unit itself and considers other units that give additional burden. Analysis of these factors and characteristics uses Schein's Cultural Elements theory (2010) combined with the theory of the Cause of Silo Schutz and Bloch (2006)."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia , 2019;
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Amania Afra
"

Pasca diterapkannya LAPOR sebagai aplikasi umum dalam Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), setiap institusi pemerintah pusat maupun daerah harus mengintegrasikan sistem pengaduannya dengan LAPOR. KLHK RI sebagai salah satu institusi yang ternyata mengalami hambatan dalam proses integrasi tersebut karena memiliki banyak sistem pengaduan internal. Proses integrasi telah dilakukan sejak tahun 2016. Namun, proses integrasi belum berhasil mencapai tujuannya hingga saat ini. Salah satu penyebab yang ditemui adalah adanya gejala mentalitas silo dalam proses integrasi tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan faktor penyebab mentalitas silo dalam integrasi sistem pengaduan pelayanan publik di KLHK. Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivist. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor utama yang menjadi penyebab mentalitas silo dalam integrasi sistem pengaduan di KLHK. Dua faktor tersebut adalah minimnya pendistribusian visi dan misi dan tidak adanya kejelasan peran dan tanggung jawab aktor terkait integrasi sistem pengaduan pelayanan publik di KLHK. Sedangkan karakteristik yang dominan adalah perilaku mengutamakan keamanan dan kenyamanan unitnya sendiri dan menganggap unit lain memberikan beban tambahan. Analisis faktor dan karakteristik tersebut menggunakan teori Elemen Budaya Schein (2010) yang dikombinasikan dengan teori Faktor Penyebab Silo Schutz dan Bloch (2006).


LAPOR as a general application of National Public Service Complaint Management System (SP4N), makes every central and regional government institution must integrate its complaints management system with LAPOR. But apparently, one of the institutions that experienced obstacles in its integration process was the Ministry of Environment and Forestry, which has many complaints systems. The integration process has been tried since 2016. However, the integration process has not been fully successful yet in achieving its objectives. One of the causes encountered was symptoms of the silo mentality in the integration process. Therefore, this study aims to determine the characteristics and causative factors of silo mentality in the integration of the complaints management system in the Ministry of Environment and Forestry. This research is conducted using a post-positivist approach. The data are collected from in-depth interviews, observations, and literature studies. The results of the research showed that there were two main factors that led to the silo mentality in the integration of the complaints system in the Ministry of Environment and Forestry. These two factors are a lack of distribution of vision and mission and a lack of clarity on the roles and responsibilities of actors related to the integration of public service complaints systems in the Ministry of Environment and Forestry. While the dominant characteristic that shows the silo mentality is that each unit still prioritizes the safety and comfort of its unit and considers other units to provide additional burdens. Analysis of these factors and characteristics uses the theory of Schein's Cultural Elements (2010) which is combined with the theory of the Causes of Silo Schutz and Bloch (2006).

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia , 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tegas Ananda Affair
"Sejak hadirnya pandemi Covid-19, terjadi berbagai perubahan yang berdampak terhadap bagaimana sebuah bisnis dijalankan. Pandemi Covid-19 menyebabkan penyusutan ekonomi global sebesar 5%. Dampaknya, 47,4% dari 1.105 perusahaan di Indonesia merugi secara ekonomi dan 52% pekerja global harus bekerjad dari rumah selama pandemi Covid-19. Bahkan, lebih dari 6,40 juta karyawan harus terdampak pemutusan hubungan kerja. Sehingga, 54,8% pekerja di Indonesia merasa khawatir terkait dengan kondisi keuangan mereka selama pandemi Covid- 19. Namun, dengan segala tekanan yang hadir selama pandemi Covid-19, para atasan atau supervisor banyak memanfaatkan Supervisor Bottom-Line Mentality guna meningkatkan keuntungan perusahaan. Bidang pemasaran kerap dijadikan ujung tombak perusahaan untuk mendatangkan keuntungan selama masa pandemi Covid-19. Akan tetapi, berfokus pada hasil akhir dapat menciptakan iklmu kompetitif dalam perusahaan yang akan meningkatkan Perceived Competitive Climate. Di tengah segala ketidakpastian kondisi, karyawan akan melakukan segala cara untuk tetap bertahan di perusahaan, bahkan dapat melakukan tindakan tidak etis, namun menguntungkan perusahaan atau dikenal dengan Unethical Pro- Organizational Behavior. Kemudian, pelepasan moral atau Moral Disengagement dianggap sebagai pemoderasi lahirnya tindakan Unethical Pro-Organizational Behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei berdasarkan purposive sampling. Data dari 135 responden yang bekerja di dibidang marketing diolah menggunakan SPSS dan SmartPLS melalui analisis statistik deskriptif dan SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan Supervisor Bottom-Line Mentality dan Perceived Competitive Climate terhadap Unethical Pro-Organizational Behavior dimoderasi oleh Moral Disengagement tidak berpengaruh positif secara sigifikan.
......Since the presence of the Covid-19 pandemic, there have been various changes that have an impact on how a business is run. The Covid-19 pandemic caused the global economy to shrink by 5%. As a result, 47.4% of 1,105 companies in Indonesia lost economically and 52% of global workers had to work from home during the Covid- 19 pandemic. In fact, more than 6.40 million employees have been affected by layoffs. Thus, 54.8% of workers in Indonesia are worried about their financial condition during the Covid-19 pandemic. However, with all the pressure that was present during the Covid-19 pandemic, supervisors or supervisors used the Supervisor Bottom-Line Mentality a lot to increase company profits. The marketing sector is often used as the spearhead of companies to bring in profits during the Covid-19 pandemic. However, focusing on the end result can create a competitive climate within the company that will enhance the Perceived Competitive Climate. In the midst of all uncertain conditions, employees will do everything they can to stay in the company, even taking unethical actions that benefit the company or known as Unethical Pro-Organizational Behavior. Then, moral disengagement or Moral Disengagement is considered as a moderator of the birth of Unethical Pro- Organizational Behavior. This research uses a quantitative approach through a survey method based on purposive sampling. Data from 135 respondents who work in the field of marketing were processed using SPSS and SmartPLS through descriptive statistical analysis and SEM. The results of this study indicate that the relationship between Supervisor Bottom-Line Mentality and Perceived Competitive Climate on Unethical Pro-Organizational Behavior was moderated by Moral Disengagement has no significant positive effect."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library