Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Budi Septiawan
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor yang terkait dengan penerimaan dan penggunaan teknologi terhadap behavioural intention dan use behaviour layanan mobile banking. Pada penelitian ini digunakan modifikasi dari Theory of Acceptance and Use of Technology (meta-UTAUT) dengan variabel utama berupa performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions dan attitude, serta memasukkan variabel personal innovativeness, anxiety, trust, dan grievance redressal, dan juga menambahkan perceived risk sebagai faktor eksternal.
Metode sampling yang digunakan adalah convenience sampling dari pendekatan nonprobability sampling dengan survei yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap 258 responden, yang merupakan nasabah bank, memiliki aplikasi mobile banking pada smartphone, dan sudah biasa menggunakan aplikasi tersebut. Pengolahan data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan melakukan tahapan pengukuran dan pengujian hipotesis yang diajukan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa performance expectancy memiliki pengaruh positif pada use behaviour dan pada pembentukan sikap pengguna bersama-sama dengan trust. Social influence, facilitating conditions, dan attitude terbukti memiliki pengaruh positif secara signifikan pada
behavioural intention. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa niat perilaku dan perilaku penggunaan terkait layanan mobile banking dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terkait dengan pengaruh sosial, kondisi internal dan kebutuhan pengguna, serta sangat didukung oleh ekspektasi kinerja dan kondisi yang memfasilitasi layanan mobilebanking.

This study aims to analyse the influence of factors related to the acceptance and use of
technology on the behavioural intention and use behaviour of mobile banking services.
This study used a modification of the Theory of Acceptance and Use of Technology
(meta-UTAUT) with the main variables in the form of performance expectancy, effort
expectancy, social influence, facilitating conditions and attitude, as well as including
personal innovativeness, anxiety, trust, and grievance redressal variables, and also added
perceived risk as an external factor. The sampling method used was convenience
sampling from a non-probability sampling approach with a survey conducted by
distributing questionnaires to 258 respondents, who are bank customers, have a mobile
banking application on their smartphone, and are used to using the application. Processing
of data using Structural Equation Modeling (SEM) by measuring and testing the proposed
hypothesis. Based on the results of the analysis, it was found that performance expectancy
has a positive influence on use behaviour and on the formation of user attitude together
with trust. Social influence, facilitating conditions, and attitude are proven to have a
significant positive effect on behavioural intention. From the results of the study, it can
be concluded that behavioural intentions and use behaviour related to mobile banking
services can be influenced by factors related to social influences, internal conditions and
user needs, and are strongly supported by performance expectations and conditions that
facilitate mobile banking services.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Anisa Putri Wibowo
"Pada saat pandemi Covid-19, hampir seluruh layanan terutama layanan perbankan mulai beralih ke layanan secara digital seperti layanan QRIS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh behavioral intention yang terkait dengan penerimaan dan penggunaan teknologi terhadap behavioural intention dan use behaviour QRIS layanan mobile banking. Pada penelitian ini digunakan modifikasi dari Theory of Acceptance and Use of Technology (meta-UTAUT) dengan variabel utama berupa Hedonic Motivation, Performance Expectancy, Social Influence, Trust, Attitude, Facilitating Condition, Habit, dan Behavioral Intention. Metode sampling yang digunakan adalah convenience sampling dari pendekatan non-probability sampling dengan survei yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada nasabah bank generasi milenial. Pengolahan data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan melakukan tahapan pengukuran dan pengujian hipotesis yang diajukan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa performance expectancy, social influence dan attitude terbukti memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap niat berperilaku. Facilitating condition dan habit memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku penggunaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa use behavior dan perilaku penggunaan terkait QRIS pada layanan mobile banking dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berkaitan dengan social influence, dan kebutuhan pengguna, serta sangat didukung oleh performance expectancy dan kondisi yang memfasilitasi QRIS dalam layanan mobile banking. Studi ini berkontribusi pada literatur dengan mengidentifikasi niat perilaku untuk berkontribusi dalam pengembangan QRIS di mobile banking di Indonesia.

During the COVID-19 pandemic, banking services began to switch to digital services such as Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) services. This study analyzes the impact of behavioral intentions related to technology acceptance and use on QRIS mobile banking service usage behavior. This study employed a modified version of the Technology Acceptance and Use Theory (meta-UTAUT), where the main variables were hedonic motivation, achievement expectations, social influence, trust, attitudes, support status, habits, and behavioral intentions. This study applied convenience sampling from the non-probability sampling approach with data collected online from bank customers in Indonesia. Data processing uses Structural Equation Modelling (SEM) by carrying out the stages of measuring and testing the proposed hypotheses. Based on the analysis, it was found that performance expectancy, social influence, and attitude proved to have a significant positive influence on behavioral intention. Facilitating conditions have a significant positive effect on use behavior. From the results of the study, it can be concluded that behavioral intentions and usage behavior related to QRIS in mobile banking services can be influenced by factors related to social influence, and user needs, and are strongly supported by performance expectations and conditions that facilitate QRIS in mobile banking services. This study contributes to the literature by identifying the behavioral intention to contribute to the development of QRIS in mobile banking in Indonesia."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cici Olivia
"Aplikasi Employee Connect merupakan aplikasi internal yang digunakan untuk tracking dan monitoring status kesehatan karyawan. Aplikasi Employee Connect merupakan aplikasi penting namun mendapatkan respon yang kecil dari penggunanya, hal ini terlihat dari tingkat partispasi karyawan menggunakan aplikasi ini sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intention to use aplikasi Employee Connect, agar dapat meningkatkan kemauan karyawan menggunakan aplikasi tersebut. Model yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada teori TAM dan UTAUT. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk membentuk model penelitian yang dilakukan menggunakan teknik deskriptif dari hasil wawancara dan studi literatur. Hasil dari kualitatif didapatkan delapan variabel yang berpengaruh yaitu Perceived Convenience, User Training, Management Support, Regulatory Support, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Organization Culture, dan Variabel Moderator Age. Selanjutnya untuk menguji variabel tersebut dilakukan dengan metode kuantatif dengan menyebarkan kuesioner atau survei melalui WhatsApp dan email perusahaan dengan jumlah responden 360 responden. Data kuesioner yang telah terkumpul diolah menggunakan tools statistik PLS-SEM dengan perangkat lunak Smart-PLS versi 3.0. Hasil pengujian data kuesioner menunjukkan bahwa variabel yang memengaruhi langsung intention to Use aplikasi Employee Connect adalah, Regulatory Support, Perceived Usefulness, dan Organization Culture. Sedangkan variabel Perceived Convenience berpengaruh signifikan terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use.

The Employee Connect application is an internal application that is used for tracking and monitoring the health status of employees. Employee Connect application is an important application but gets a small response from their users, this can be seen from the fact that the total of employee participation using this application is very low. The purpose of this study is to determine the factors that influence the Intention to Use the Employee Connect application, in order to increase the willingness of employees to use the application. The model used in this study refers to the theory of TAM and UTAUT. This research is a case study research with qualitative and quantitative methods. Qualitative methods are used to form a research model that is carried out using descriptive techniques from interviews and literature studies. The results of the qualitative results obtained eight variables that influence, namely Perceived Convenience, User Training, Management Support, Regulatory Support, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Organization Culture, and Moderator Age Variables. Furthermore, to test these variables, a quantitative method was used by distributing questionnaires or company surveys via WhatsApp and email with a total of 360 respondents. The data questionnaire that has been collected was processed using the PLS-SEM statistical tool with Smart-PLS version 3.0 software. The results of the questionnaire data test show that the variables that directly affect the intention to use the Employee Connect application are Regulatory Support, Perceived Usefulness, and Organizational Culture. While the Perceived Convenience variable has a significant effect on Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library