Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Fahmi Hidayat
Abstrak :
Penelitian mengenai karakteristik aliran fluida pada Micro Bubble generator tipe Spherical Ball in Flowing Water Tube telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami variabel-variabel penurunan tekanan (pressure drop), debit aliran fluida cair, debit aliran fuida gas yang terhisap serta hubungannya dengan ukuran bubble yang terbentuk. Set up alat penelitian berupa water loop dengan bubble generator berbentuk pipa berdiameter 28 mm yang telah dipasangi bola berdiameter 26 mm ditengah saluran pipa tersebut. Setelah percobaan dilakukan, hasil yang didapatkan adalah kenaikan debit air sebanding dengan besarnya jatuh tekanan antara daerah up stream dengan daerah down stream, dan sebanding pula dengan kenaikan debit udara (gas) yang terhisap.
Research about characteristic of fluid flow at Micro Bubble generator type of Spherical Ball in Flowing Water Tube have been done. Intention of this research is to comprehend the variable of pressure degradation (pressure drop), charge the liquid fluid flow, charge the gas fluid sipped and also its relation with the size of bubble formed. Set the up of research appliance in the form of water loop by turbular bubble generator have diameter 28 mm which have been attached by the ball have diameter 26 mm in the middle of the channel. After attempt is already done, the result is increase charge of water is proportional with the level of pressure drop between up stream area and down stream area, and proportional also with the increase charge of the sipped gas.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38103
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ruth Gloria
Abstrak :
Pemanasan Global yang terjadi saat ini mendorong manusia untuk mengatasinya. Pengurangan konsumsi bahan bakar menjadi salah satu cara untuk mengurangi pemanasan global. Kapal adalah salah satu transportasi yang memerlukan bahan bakar ketika beroperasi. Pengurangan hambatan kapal sangat penting untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Metode pengurangan hambatan pada kapal salah satunya adalah penambahan mikro gelembung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efek peletakan injeksi microbubble terhadap karakteristik kapal model dewa ruci dengan berbagai posisi.Variasi letak injeksi mikro gelembung dengan cara menarik kapal model diukur menggunakan strain gauge serta perbandingan model kapal dengan dan tanpa injeksi mikro gelembung ditunjukkan pada grafik sebagai fungsi bilangan Froud, bilangan Reynold terhadap koefisien hambatan dan nilai pengurangan hambatan (drag reduction). Letak injeksi mikro gelembung dibelakang mid ship menghasilkan pengurangan hambatan kapal model yang terbaik yaitu sebesar 5%. ......Global warming is happening right now encourage people to overcome them. Reducing fuel consumption is one of so many solutions to reduce global warming. Ship is one of transportation vehicle that requires transport fuel when operates. is very important to reduce fuel resistance reduction on ship consumption. One of the best method to reduce the is addition resistance on ship of micro-bubbles. The purpose of this study was to determine the effects of micro bubble injection laying on the characteristics of the model ships with a variety of posisition. Variation of micro-bubble injection location by pulling the ship model was measured using a strain gauge and the comparison of ship models with and without micro-bubble injection is shown on the graph as a function of Froud number, Reynolds number on drag coefficient and the reduction of resistance (drag reduction). The location of micro bubble injection behind the mid-ship is the best location to get effective drag reduction for 5%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1012
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hendro Sulistyo Wibowo
Abstrak :
Venturi tube type bubble generator adalah metode micro-bubble generator dengan menggunakan test section venturi tube. Prinsip kerja dari micro-bubble generator ini adalah dengan mengalirkan fluida air ke test section venturi tube kemudian melalui lubang injeksi udara akan diinjeksikan masuk oleh kompressor udara ke dalam venturi dan akan membentuk bubble yang kemudian akan didispersikan menjadi micro-bubble. Pada penelitian ini divariasikan debit aliran dan perubahan tekanan pada venturi. Dari variasi tersebut Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa Micro-bubble generator dengan metode venturi tube dapat digunakan untuk pencapaian ukuran bubble maksimal sampai 50 mikron. Pencapaian ukuran micro-bubble dipengaruhi oleh kecepatan aliran, perubahan tekanan dan rasio perbandingan debit udara dan debit air. Perubahan tekanan aliran dan kecepatan aliran berbanding terbalik dengan pencapaian ukuran micro-bubble. ......Venturi tube bubble generator is a generator micro-bubble method by using tube venturi section test. The principal mechanism of micro- bubble generator is that by flowing water fluid to tube venturi section test then through air injection hole will be injected into venturi by air compressor and bubble will be formed. It will be dispersed in the venturi into micro-bubble. In this experiment we make variations of flowing debit and pressure changes in the venturi. From the variations above the results are : Micro-bubble generator by using tube venturi method is applicable for maximum size of 50 micron. The size of micro-bubble is affected by the velocity of flowing, the pressure changes and the ratio of air debit to water debit. The pressure changes of air and the velocity of flowing in reverse with the size of micro-bubble.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S37927
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library