Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Endang Wiyanti
"Penelitian ini menggunakan metode studi lapangan dengan mengambil data anak-anak penyandang mild autism di tempat mereka terapi, Avanti Treatment Centre, Jakarta. Informan yang terlibat sebanyak lima orang dengan usia 7-11 tahun. Mereka semua tergolong mild autism, menjalani terapi, dan bersekolah. Data diambil dengan menggunakan gambar Cookie Teft sebagai alat bantu. Para informan diminta menceritakan gambar yang mereka lihat. Pengambilan data dilakukan melalui tiga segmen, yaitu informan terapis, informan peneliti, dan monolog informan. Hasil yang diperoleh adalah anak-anak penyandang mild autism dapat bercerita meskipun dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Mereka dapat membuat kalimat, menciptakan tokoh, menggunakan alat-alat kohesi (kata ganti orang dan kata tunjuk), tetapi cerita yang mereka hasilkan bersifat fragmental. Hal ini terjadi karena anak-anak penyandang mild autism dalam penelitian ini tidak dapat merangkaikan urutan cerita."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S10833
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fhardian Putra
"Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah program Applied Behavior Analysis (ABA) dan Video Modelling dapat meningkatkan kemampuan reseptif dan ekspresif pada anak autisme ringan. Kemampuan reseptif yang ditingkatkan ialah kemampuan memasangkan, menunjuk, dan menyebutkan nama emosi dasar pada kartu ekspresi emosi. Kemampuan ekspresif yang ditingkatkan dalam penelitian ini ialah kemampuan mengungkapkan perasaan tidak menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain subjek tunggal. Selama penelitian, program intervensi diberikan selama dua minggu ditambah dengan satu minggu tahap generalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan reseptif dan ekspresif pada subjek setelah program diberikan. Setelah tujuh hari program dihentikan, subjek juga masih mampu mempertahankan kemampuan reseptif dan ekspresif sesuai dengan target keberhasilan. Hasil penelitian yang positif ini menunjukkan bahwa orang tua juga perlu menerapkan metode ABA untuk melatih kemampuan reseptif dan ekspresif subjek dalam kehidupan sehari-hari.

The objective of this research is to examine whether the Applied Behavior Analysis (ABA) and Video Modelling program can enhance receptive and expressive ablity in children with mild autism. Receptive ability defined as an ability to match, point, and mention the name of basic emotions from facial expression cards. Whereas Expressive ablity is an ability to express inconvenient feelings to others. This research use single subject design in children with mild autism. The program was administered for two weeks. After that, the generalization phase was introduced for a week.
The result from this research shows that receptive and expressive ability improved after the program was administered. Even though the program was stopped for a week, the participant still mastered well the receptive and expressive ability. According to this research, we recommend parents to teach receptive and expressive ability to their children by using ABA method in children natural setting."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41690
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library