Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 74 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Azzah Balqis Sabbah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian mengenai analisis pengaruh modulus elastisitas tanah terhadap kondisi non-linier hasil pengujian pembebanan statik dan hasil metode numerik di pondasi tiang bor. Enam pondasi dengan lokasi berdekatan dianalisis balik untuk mendapat modulus yang tepat dengan model hardening soil. Variasi modulus yang dilakukan adalah secant modulus, oedomoeter modulus, dan unloading modulus.

Penelitian ini menghasilkan pengaruh modulus variasi terhadap hasil load-displacement cylic terbesar pada secant modulus, kemudian unloading modulus, dan terakhir oedometer modulus berdasarkan perubahan displacement tiap variasi modulus. Kemudian hasil analisis balik seluruh pondasi meghasilkan statistik nilai modulus terhadap Nspt untuk menjadi salah satu referensi korelasi pemilihan nilai modulus terhadap Nspt.
ABSTRACT
This research is the analysis of the effects of the condition of the soil modulus of elasticity of the non-linear static loading test results and the results of numerical methods in foundation pile. Six foundation with adjacent locations were back analyzed to get the right model modulus hardening soil. Variations modulus are secant modulus, oedomoeter modulus, and unloading modulus.

This research resulted that the biggest influence of modulus variations on outcome cyclic load-displacement is secant modulus, then unloading modulus, and last oedometer modulus. Then the results of the back analysis produced the statistics of value of modulus with Nspt to become one of the reference correlation modulus value and Nspt.
2016
T46046
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Zainuri
Abstrak :
Bahan komposit merupakan bahan alternatif yang banyak dikembangkan dikalangan indutriawan untuk menggantikan bahan konvensional. Kelemahan sifat yang ada pada bahan konvensional seperti sifat mekanik, fisis dan kimiawi diharapkan dapat diatasi dengan cara merekayasa bahan komposit. Pada penelitian ini digunakan bahan komposit jenis serbuk Aluminium sebagai matrik dan penguatnya digunakan SiC. Tujuan dari penelitian ini untuk merekayasa modulus Young dari komposit SiC-Al dengan cara memvariasi besaran dimensi SiC dan fraksi volumenya. Prosedur percobaan yang dilakukan pertama-tama menentukan densitas dari SiC dan Al dengan menggunakan X-Ray diffraksi, selanjutnya dilakukan penimbangan dan penyampuran kedua bahan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan proses kompresi dan vakum sintering . Untuk menguji hasil sampel komposit SiC-Al agar dapat ditentukan modulus Youngnya digunakan pengujian kompresi. Hasil yang diperoleh menunjukkan kecenderungan SiC yang berdimensi paling kecil (320 Mesh) mempunyai modulus Young yang lebih baik dibandingkan dimensi 180 dan 220 Mesh, dan fraksi volume SiC yang paling besar (20%) mempunyai modulus Young yang tertinggi dibandingkan 10 dan 15%. Formulasi modulus Young model tabung dan kubus digunakan sebagai pembanding dari hasil eksperimen. Kompaktibilitas dari kedua bahan pembentuk komposit SiC-Al dapat dilihat dengan menggunakan metode grafis Upper dan Lower Bound . Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa dimensi SiC 320 Mesh mempunyai kompaktibilitas yang paling baik dibandingkan dimensi 220 dan 180 Mesh.
Depok: Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ruben Agustinus Chesin
Abstrak :
Beton merupakan salah satu material konstruksi yang paling sering digunakan. Properti material beton yang seringkali menjadi perhatian adalah kuat tekan atau mutunya. Namun, modulus elastisitas juga merupakan salah satu parameter yang penting, dimana modulus elastisitas menentukan kekakuan struktur beton. Oleh sebab itu, diperlukan adanya studi mengenai modulus elastisitas beton di Indonesia, yang kemudian akan dibandingkan dengan literatur mengenai modulus elastisitas. Hubungan kuat tekan dengan modulus elastisitas pada beton yang menggunakan semen non-OPC (yaitu PPC atau Portland Pozzolan Cement) yang diukur menggunakan 3 buah ekstensometer memiliki persamaan berupa E = 8297,8 ln(fc’) - 2740,4 (dalam MPa) untuk metode ASTM C469, dan E = 7834,9 ln(fc’) – 1107,7 (dalam MPa) untuk metode ISO 1920:10. Bila disesuaikan dengan bentuk ACI 318-14, yaitu dalam akar dari fc’, maka persamaan yang diperoleh untuk metode ASTM C469 adalah E = 3450,4 √fc’ + 6572,1 (dalam MPa) dan untuk metode ISO 1920:10 adalah E = 3251,7 √fc’ + 7716,3 (dalam MPa). Apabila konstanta tersebut dihilangkan atau intercept nol, maka persamaan yang diperoleh untuk metode ASTM C469 adalah E = 4753,8 √fc’ (dalam MPa) dan untuk metode ISO 1920:10 adalah E = 4753,8 √fc’ (dalam MPa). Hubungan tersebut juga memiliki perbedaan untuk sampel curing dan non-curing, yaitu sampel yang dirawat secara curing memiliki nilai modulus elastisitas yang lebih tinggi, terutama pada sampel dengan mutu rendah. Hubungan antara hasil yang didapat jika dibandingkan dengan literatur ACI 318-14 adalah nilai modulus elastisitas beton dengan semen PPC lebih tinggi daripada literatur ACI 318-14 untuk mutu dibawah 28,5 MPa, sementara untuk mutu diatas 28,5 MPa nilainya lebih rendah dibandingkan dengan literatur ACI 318-14. ......Concrete is one of the most frequently used construction materials. The material property of concrete that is often of concern is its compressive strength. However, the modulus of elasticity is also an important parameter, where the modulus of elasticity determines the stiffness of the concrete structure. Therefore, it is necessary to study the modulus of elasticity of concrete in Indonesia, which will then be compared with the literature on the modulus of elasticity. The relationship between compressive strength and elastic modulus in concrete using non-OPC cement (PPC or Portland Pozzolan Cement) as measured using 3 extensometers has the equation E = 8297.8 ln(fc') - 2740.4 (in MPa) for ASTM C469 method, and E = 7834.9 ln(fc') – 1107.7 (in MPa) for the ISO 1920:10 method. When adjusted to the ACI 318-14 trendline, namely in the roots of fc', the equation obtained for the ASTM C469 method is E = 3450,4 √fc’ + 6572,1 (in MPa) and for the ISO 1920:10 method is E = 3251,7 √fc’ + 7716,3 (in MPa). If these constants are omitted or the intercept is zero, then the equation obtained for the ASTM C469 method is E = 4753,8 √fc’ (in MPa) and for the ISO 1920:10 method is E = 4753,8 √fc’ (in MPa). This relationship also has differences for cured and non-cured samples, namely cured-treated samples have higher elastic modulus values, especially for samples with low compressive strength. The relationship between the results obtained when compared with the ACI 318-14 literature is that the elastic modulus value of concrete with PPC cement is higher than the ACI 318-14 literature for compressive strength below 28.5 MPa, while for compressive strength above 28.5 MPa the value is lower than ACI literature 318-14.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Aulia
Abstrak :
Bahan karton minuman aseptik ini sulit didaur ulang. Namun proses recyling untuk jenis bahan ini masih dapat dilakukan dengan menerapkan hydra proses pembuatan pulp (lapisan pemisahan), tetapi akan memakan biaya yang cukup mahal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan alternatif untuk mendaur ulang bahan-bahan dengan membuat papan dari cacahan karton aseptik yang akan dilaminasi menggunakan perekat polypropylene, dan untuk mengetahui perilaku lentur nya. Dalam membuat papan panel, pertama 32 mm x 4 mm karton aseptik diparut dicampur dengan 0%, 2,5%, 5% dan 7,5% fenol formaldehida dan, kemudian dikompresi dengan tekanan 25 kg/cm2 dan dipanaskan pada 170oC. Hal ini ditemukan bahwa panel dengan fenol formaldehida 0% memberikan kuat lentur terbaik. Panel-panel tersebut kemudian direkatkan dengan polypropylene (bijih plastik) dianggap sebagai perekat termal, untuk membuat papan dua lapisan dengan masing-masing ketebalan 10 mm dan tiga papan lapisan masing-masing dengan ketebalan 8,3 mm. Papan berlapis tersebut kemudian dibandingkan dengan yang dilem dengan epoxy sebagai perekat dingin dalam hal sifat mekanik yaitu modulus elastisitas (MOE) dan modulus pecah (MOR). Pengujian prosedur sifat fisik dan mekanik dilakukan dengan menggunakan standar JIS A 5908: 2003 dan ASTM C 580-02. Hasil dari penelitian nilai MOE dan MOR papan laminasi aseptik menggunakan bijih plastik lebih tinggi dari papan laminasi yang memiliki perekat dingin atau epoxy.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1867
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jonbi Eddhie
Abstrak :
The mechanical properties and durability of high-performance concrete can be improved with the use of nanosilica. Still, the relationship between the content of nanosilica and the mechanical properties of concrete needs to be verified in order to develop of compressive strength that can be applied to any concrete mixture. The aim of this study was to develop mathematical equations that account for the relationship among concrete’s compressive strength, the modulus of elasticity with its compressive strength, and the modulus of rupture with its compressive strength. The specimens of ƒ’c80-NS10-SF5 and ƒ’c100-NS10-SF5 were fabricated by mixing natural nanosilica and silica fume, and those of ƒ’c80-NSHD5-SF5 and ƒ’c100-NSHD5-SF5 were fabricated by mixing commercial nanosilica and silica fume as the main composition materials, with the addition of other materials. The compressive strength and indirect tensile strength of the concrete were tested at 1, 3, 7, and 28 days. New mathematical models of generalized compressive strength against concrete age were empirically developed and then validated in order to derive new insights into the substitution of natural nanosilica for commercial nanosilica in the civil-engineering industry.
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:4 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Taufiq Ramadhan
Abstrak :
Penelitian ini menitikberatkan kepada perancangan dan realisasi bentukan 3D scaffold menggunakan biomaterial (PLA) dengan variasi ukuran dan geometri tertentu. Variasi parameter tersebut akan menghasilkan scaffold dengan porositas tertentu yang memiliki korelasi terhadap nilai modulus elastisitas (E) yang diuji melalui uji tekan (compressive test). Sistem fabrikasi fuse deposition modelling (FDM) digunakan untuk fabrikasi scaffold dibantu dengan CAD software dalam proses perancangannya. Melalui pengolahan data eksperimen, dihasilkan bahwa persentase porositas berbanding terbalik dengan nilai E yang dihasilkan pada masing-masing ukuran dan geometri scaffold. Dari penelitian yang dilakukan, scaffold yang dihasilkan memiliki porositas berkisar 24%-77% dengan modulus elastisitas berkisar 1,6-4,5 Mpa. ...... This research focuses on the design and realization of 3D scaffold using biomaterial (PLA) with certain variations in size and geometry. Variations of these parameters will result in a certain scaffold with a porosity that have a correlation to the value of the modulus of elasticity (E) were tested via compressive test. Fabrication system fuse deposition modeling (FDM) used for scaffold fabrication assisted by CAD software in the design process. Through processing of the experimental data, resulting that the percentage of porosity is inversely proportional to the value of E is generated for each size and geometry of the scaffold. From the research, the resulting scaffold has a porosity ranging from 24% -77% with a modulus of elasticity ranging from 1.6 to 4.5 MPa.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S46228
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Azhra Latifa
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh temperatur dan pembebanan terhadap sifat mekanis beton aspal campuran panas gradasi agregat menerus AC-WC dan senjang HRS. Dilakukan pengujian menggunakan Umatta serta Wheel Tracking Device. Data diolah dengan faktorial desain analisis. Kesimpulan: Kedua macam gradasi, variasi temperatur serta pembebanan berpengaruh signifikan terhadap regangan tarik, tegangan tarik, modulus resilien, stabilitas dinamis, nilai serta laju deformasi permanen dalam merespon variasi pembebanan dan temperatur, namun HRS lebih kuat dari AC-WC. ......This thesis discusses the temperature and loading's influence on the hot mix asphaltic concrete's mechanical properties AC-WC dense graded and the HRS aggregate's gap. The test is done using UMATTA and Wheel Tracking Device. The data is analyzed using factorial design analysis. Conclusions: Both kinds of gradation, temperature and loading variation have significant effect on strain tensile, tensile strength, modulus resilient, dynamic stability, the rate of permanent deformation and deformation value. Both types of aggregate gradation show the same pattern and tendency to respond the loading and temperature variation, but HRS is stronger.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30802
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zikrina
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang realisasi hasil multimaterial scaffold yang menggunakan bahan dua buah Polimer PLA (Polylactic acid) yang belum diketahui mekanikal propertinya, dengan variasi volume tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan sifat dan struktur mekanikal yang sesuai sebagai scaffold yang akan di aplikasikan dalam bone block. Variasi pengujian dilakukan dengan memberikan perbedaan volume PLA dan PLA ini bertujuan untuk membandingkan mechanical properties multimaterial scaffold yang akan dibentuk. Variasi parameter tersebut akan menghasilkan scaffold dengan porositas dan nilai elastic modulus (Em) yang di dapat melalui uji tekan (compressive test). Fabrikasi yang dilakukan menggunakan FDM (Fuse Deposition Modelling) tricolour dibantu dengan CAD software dalam proses perancangannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, single material scaffold dan multi material scaffold memiliki porositas berkisar 25-75%. Dan modulus elastisitas yang didapat dari pengujian tekan pada single material scaffold menujukkan untuk scaffold PLA a sebesar 62,02 Mpa dan scaffold PLA b sebesar 31,01 Mpa. Dan untuk multimaterial scaffold didapat modulus elastisitas dari 48 – 59 Mpa. ...... This study discusses the realization of multi scaffold material using two polymer material PLA (Poly(lactic) acid) is not known mechanical properties, with a variation of a certain volume in order to obtain mechanical properties and structure suitable as a scaffold that will be applied in the bone block. Variations testing is done by giving the difference volume PLA α and β PLA aims to compare the mechanical properties multi material scaffold to be formed. Variations of these parameters will result in scaffold porosity and elastic modulus value (Em) in the can through the pressure test (compressive test). Fabrication is carried out using FDM (Fuse Deposition Modeling) tricolor aided by CAD software in the design process. Based on the research conducted, single and multi material scaffold material scaffold material has a porosity ranging from 25-75%. And modulus of elasticity are obtained from the test tap on single scaffold material for PLA scaffold shows amounted to 62.02 Mpa and a PLA scaffold b amounted to 31.01 Mpa. And for multi material obtained scaffold modulus of elasticity of 48-59 Mpa.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59241
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Afsari
Abstrak :
ABSTRAK
Polypropylene merupakan jenis plastik polimer yang banyak digunakan sebagai kemasan produk. Banyaknya limbah berbahan dasar polypropylene ini sulit terurai, menjadi salah satu alasan untuk menggunakannya sebagai pengganti agregat kasar pada beton. Untuk mencapi mutu beton yang struktural, diperlukan komposisi material penyusun beton yang tepat. Dalam penelitian ini volume perbandingan agregat kasar polypropylene terhadap volume semen yang digunakan adalah 2,6; 2; dan 1,8 dimana hasil kuat tekan kubus yang diperoleh adalah 243,762 kg/cm2; 268,744 kg/cm2; dan 285,623 kg/cm2, dengan nilai modulus elastisitas 7584,048 MPa; 2520,158 MPa; 3913,633 MPa dan poisson rsquo;s ratio sebesar 0,178; 0,164; 0,219. Selain itu, nilai kuat lentur yang dihasilkan sebesar 2,94 MPa; 2,43 MPa; dan 3,41 MPa. Beton ringan ini termasuk kedalam klasifikasi beton ringan mutu sedang berdasarkan ACI 213R-87.
ABSTRACT
Polypropylene is kind of polymer that is used as product warp. That many un degraded waste made by polypropylene is the main reason of using it as lightweight coarse aggregates concrete. To achive the structural concrete, required the right composition of concrete materials. In this reseacrh, ratio the volume of coarse aggregate to the volume of cement used are 2,6 2 and 1,8 where the resulting compressive cube strength are obtained 243,762 kg cm2 268,744 kg cm2 dan 285,623 kg cm2, with modulus of elasticity 7584,048 MPa 2520,158 MPa 3913,633 MPa and poisson rsquo s ratio are 0,178 0,164 0,219. Besides that, the resulting of flexural strength are obtained 2,94 MPa 2,43 MPa and 3,41 Mpa. This lightweight concrete is classified as moderate lightweight concrete based on ACI 213R 87.
2017
S68732
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Radi Poda
Abstrak :
Bagian Midship kapal adalah bagian yang mengalami pembebanan paling tinggi saat kapal berlayar di laut. Pada kapal tanker dibutuhkan kekuatan fatik yang lebih besar karena pembebanan siklik terjadi dengan skala besar saat operasinya. Penelitian ini berfokus pada ketahanan fatik pada bagian midship kapal tanker dengan penegar novel tipe Y yang memiliki nilai section modulus sama dengan penegar konvensional tipe T. Penegar Y akan divariasikan terhadap massa dan mengacu pada massa penegar T untuk mengetahui nilai section modulus serta ketahanan fatiknya. Simulasi pembebanan sendiri dilakukan dengan metode numerik dengan perangkat lunak ansys untuk memprediksi ketahanan fatiknya. Hasil menunjukkan bahwa bentuk geometri T memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan penegar Y dengan nilai section modulus yang sama. Variasi dengan penegar Y yang memiliki massa yang sama dengan penegar T memiliki nilai section modulus yang lebih besar serta ketahanan fatik yang lebih kecil dibandingan kedua penegar lainnya.
The midship section of the ship is the part that occurs the highest loading while the ship sails at sea. In tankers type, it requires higher fatigue strength because cyclic loading occurs on a large scale during its operation. This study focuses on fatigue strength in the midship section of tankers with Y novel stiffener, which have the same modulus section value as the conventional T type stiffener. The Y stiffener will be varied by referring the mass of the T to determine the value of the modulus section and the fatigue strength. The loading simulation process is done by finit element method with ansys software to predict fatigue life and damage. The results show that the T type has better life than Y type stiffener which has the same modulus section value. The variation with the Y Stiffener, which have the same mass as the T stiffener, has a higher modulus section value but lower fatigue strength than the two other stiffeners.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67178
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>